Beauty & Wellness

Masih Muda Ada Uban? Kenapa Bisa?

Di usia muda penampilan memang cukup menjadi perhatian. Mulai dari bentuk tubuh sampai tampilan kuku kayaknya menjadi hal yang penting untuk menunjang penampilan. Bagi sebagian besar orang baik perempuan maupun laki-laki pasti melakukan perawatan diri salah satunya yang paling umum adalah perawatan rambut dengan cara yang paling sederhana, yaitu keramas.

Keramas tidak hanya untuk membersihkan namun juga untuk memberikan kesegaran dan kesehatan rambut. Secara umum keramas adalah hal yang sangat wajar sebagian besar orang pasti melakukannya. Di usia muda, menjaga kesehatan dan kebersihan serta kesegaran rambut pasti menjadi perhatian yang khusus. Karena bagi para kaum muda, rambut juga bisa menjadi salah satu penunjang penampilan. Namun bagaimana perasaanmu ketika di usia kamu yang masih terbilang muda namun rambutmu sudah tumbuh uban? Pasti timbul pertanyaan, kenapa bisa ada uban di usiamu yang masih muda. Artikel kali ini akan memberikan kamu penjelasan mengapa di usia muda sudah muncul uban.

Yang pertama adalah…

Kebiasaan mengganti warna rambut cukup mempengaruhi kesehatan rambut. Faktor yang menyebabkan rambut jadi bisa beruban adalah kebiasaan kaum muda yang masih ingin bereksplorasi dengan warna rambut. Pewarna rambut  banyak mengandung bahan kimia apalagi yang cukup keras, bisa mengurangi nutrisi rambut dan membuat pigmen warna rambut perlahan-lahan berkurang sehingga rambut mudah kehilangan warna alami rambut.

Yang kedua ialah…

Kebiasaan bergonta-ganti sampo. Sampo adalah bahan yang digunakan sebagai pembersih kepala terutama rambut. Namun kini, berbagai jenis dan merek dagang sampo banyak beredar di pasar dan mudah sekali ditemukan. Ragam jenis sampo juga bisa di sesuaikan dengan kondisi kepala dan rambut. Mulai dari yang harganya murah sampai yang harganya terbilang mahal semua mudah ditemukan. Nah, kebiasaan bergonta-ganti merek sampo juga bisa mempengaruhi kesehatan kepala dan rambut. Banyak kejadian di mana anak muda menemukan beberapa helai uban karena tidak cocok menggunakan merek sampo tertentu.

Yang ketiganya itu…

Proses styling rambut. Sebagai wanita muda, pastinya ingin tampil maksimal dengan tatanan rambut yang rapi dan mempesona. Namun Ladies, terlalu sering melakukan styling rambut tanpa menggunakan pelindung panas dapat merusak nutrisi tiap helai rambut. Hal ini juga berpengaruh pada kualitas pigmen rambut yang semakin lama akan semakin berkurang, maka cukup memungkinkan terjadinya timbul uban di usia muda. Untuk hal ini dapat kamu cegah dengan menggunakan heat protecteor sebelum akan melakukan styling rambut. 

Yang terakhir yaitu…

Karena faktor dari dalam tubuh. Nah, untuk yang ini memang sudah kondisi yang bisa jadi datang dari faktor genetika. Ada yang memang terlahir dengan kondisi bawaan rambut tanpa zat pigmen yang sempurna atau karena kondisi kesehatan fisik dan psikis yang sedang tidak optimal. Untuk itu bila kamu melihat atau bertemu dengan seseorang yang yang nampak masih muda namun sudah nampak beruban, jangan dulu diberi penilaian yang tidak baik ya.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply