Inspiration, Jobs, Ladies Career, Tips

Cara untuk Belanja Cerdas dan Hemat Uang

Ladies, sebagai wanita tentu saja tak sedikit dari kalian yang kalap ketika berbelanja. Tak jarang lebih sering terjadi adalah “laper mata” dan membeli sesuatu yang sesungguhnya tidak dibutuhkan. Berbelanja memanglah suatu kebutuhan, namun bukan berarti harus menjadi boros karena sesuatu yang sesungguhnya tak benar-benar akan dibutuhkan atau digunakan dalam jangka panjang.

Ladies, kamu perlu jadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja dan mengeluarkan uang. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

1. Sebisa mungkin pilih barang yang multifungsi
Ladies, bila kamu seseorang yang suka belanja (pastinya ada, nich) sebaiknya memilih barang yang memiliki fungsi ganda. Multi fungsi dalam hal ini adalah, Jika Anda termasuk penggila belanja, sebaiknya memilih barang yang multifungsi. Misalnya, membeli busana di salah satu butik ternama. Belilah busana yang kira-kira fleksibel untuk segala kondisi, misalnya busana yang bisa dipakai untuk secara casual ataupun semi-formal, dan busana yang bisa digunakan baik dalam kondisi musim hujan ataupun tidak. Hal ini berlaku juga ketika kamu akan berbelanja aksesories. Kamu bisa memilih aksesoris yang bisa digunakan dalam dua situasi yang berbeda namun tetap cocok. Feeling dan insting wanita tentu kuat sih, untuk hal seperti ini.

2. Evaluasi lagi
Ketika kamu sedang sibuk memilih dan sudah menemukan sebuah gaun yang menarik dan indah, kamu perlu mengevaluasinya lagi lebih lanjut. Kamu perlu menimbang-nimbang, apakah kamu memerlukannya dalam waktu dekat ini. Selain itu, pikirkan juga apakah gaun tersebut cocok untuk mu, dan membuat kamu nampak sederhana namun mengagumkan ketika mengenakannya. Walaupun gaun tersebut sedang promo setengah harga atau lebih, jangan sampai kamu hanya “laper mata” padahal kamu tidak cocok mengenakannya. Denga cara ini, akan membuat kamu benar-benar menjadi bijak dalam berbelanja.

3. Pilihlah barang yang timeless dan terus terpakai
Wanita kerap kali mudah terhipnotis dengan benda-benda yang menarik dan unyu-unyu. Tak terkecuali soal busana. Memutuskan untuk membeli dan memiliki busana dari seorang perancang ternama bisa jadi merupakan keuntungan yang lebih bagi seorang perempuan. Tak hanya soal prestige, namun juga penggunaan bahan yang berkualitas sehingga tahan lama. Ingat walaupun tren fashion berubah-ubah, namun tema klasik nan elegan tidak akan pernah lekang oleh waktu. Jadi, pilihlah busana dengan desain yang klasik agar kamu dapat terus memakainya tanpa perlu berbelanja busana baru lagi nantinya.

4. Buat daftar, batasi yang terlihat di dompet, dan cermat
Sebelum Anda pergi untuk berbelanja, biasakan untuk membuat daftar terlebih dulu. Hal ini perlu diterapkan agar kamu tidak boros dan belanja sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan. Selain itu, batasi jumlah uang cash yang kamu sediakan di dompet. Biasanya hal ini cukup membantu untuk mengurangi keinginan belanja di luar kebutuhan.

Cermat juga soal harga. Ini berarti cermat soal memilih tempat berbelanja, biasanya hal ini diperlukan kalau kamu sedang dalam periode belanja bulanan. Buat kamu yang memilih supermarket sebagai tempat berbelanja bulanan, tentu akan banyak sekali produk yang sama dijual di supermarket lain. Maka kamu perlu cermat memilih supermarket mana yang akan kamu jadikan tempat berbelanja kamu, produk yang sama sering kali memiliki harga yang berbeda.

5. Gunakan promo, voucher, atau diskon
Kegiatan belanja kamu bisa jadi lebih hemat jika kamu menggunakan voucher potongan harga, atau diskon yang kamu miliki. Bukan menjadi orang yang oportunis, tapi ini memang merupakan kesempatan kamu untuk memanfaatkannya dan mengfungsikannya sebagaimana mestinya.

Previous ArticleNext Article