Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi Udang

Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi Udang

Cara Mengatasi Alergi Udang

Ladies kuliner seafood memang beragam dan tidak ada habisnya untuk dijajal. Namun bagaimana cara menikmatinya apabila kita mengidap suatu alergi terhadap salah satu jenis olahan seafood. Yang paling menjadi momok dan sangat umum terjadi adalah mereka yang tidak bisa makan udang alias alergi udang, padahal untuk beberapa sajian yang menggunakan udang rasanya pasti lezat ya. Nah, penderita alergi udang harus menjauhi olahan laut yang satu ini kalau tidak ingin terjadi sesuatu pada diri mereka, tapi kasihan juga khan kalau penasaran sama rasanya.

Sebelum kita lanjut membahas mengenai bagaimana cara mengatasi alergi udang, mari kita simak terlebih dahulu kenapa pada satu kondisi, seseorang harus pantang makan udang karena dia mengidap alergi udang. Yuk simak!

Seorang praktisi kesehatan yang juga menjabat sebagai direktur medis Mayo Clinic Organization, Sandhya Pruthi, MD, menjelaskan saat terjadi alergi sistem kekebalan tubuh sebenarnya mengeluarkan reaksi yang berlebihan.

Dari yang mulanya makanan tersebut secara alamiah tidak berbahaya, lalu berbalik menjadi asupan yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan karena reaksi tubuh. Dr. Sandhya mengungkapkan inti dari permasalahan yang menyebabkan terjadinya alergi udang maupun makanan laut lainnya terletak pada protein. Tubuh mengira protein yang ada dalam udang adalah zat yang berbahaya sehingga langsung memproduksi antibodi sebagai reaksi penolakan.  Reaksi penolakan tubuh ini disertai dengan pelepasan histamin dan bahan kimia organik alami dalam hormon lain yang menyebabkan munculnya gejala alergi. Lebih lanjut dirinya mengungkapkan bahwa, kondisi imunitas dan antibodi masing-masing orang berbeda sehingga diagnosis alergi udang pada masing-masing orang pun berbeda dan tidak bisa dispesifikasi. Setiap orang akan menunjukan reaksi alergi yang berbeda-beda, beberapa baru menunjukkan reaksi alergi setelah beberapa saat memakan udang, namun ada pula  sebagian yang lain langsung menunjukkan reaksi alergi hanya dengan melihat maupun mencium baunya. Peredaran antibodi dan histamin tentunya ditransportasikan oleh darah yang mendominasi tubuh manusia, maka orang dengan sistem kekebalan tubuh tertentu bisa saja mengalami alergi sangat cepat atau bertahap.

Cara Mengatasi Alergi Udang

Nah, jika kamu salah satu pengidap alergi udang, sampai bikin kamu harus sangat berpantang dengan udang karena alergi tersebut, sebenarnya kamu bisa melakukan pencegahan sebelum mengkonsumsi udang atau melakukan pengobatan sebagai cara mengatasi alergi udang.

  1. Cara mengatasi alergi udang – minum antihistamin

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangCara mengatasi alergi udang sampai penasaran banget gimana rasanya makan udang salah satunya adalah mengkonsumsi antihistamin. Ini merupakan cara paling mudah untuk mengatasi alergi yang timbul setelah atau bahkan sebelum makan udang sebagai pencegahan. Antihistamin yang banyak beredar di apotek memang beragam dan harganyapun cukup terjangkau, namun ada baiknya gunakan antihistamin yang biasa dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

  2. Cara mengatasi alergi udang – mengenali jenis udang

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangNah mungkin kamu termasuk orang yang mengalami alergi udang jenis tertentu atau tidak seluruh jenis udang memberikan efek alergi pada tubuh. Maka ada baiknya kamu mengenali jenis udang yang paling sering atau yang paling mudah memunculkan efek alergi pada tubuh. Beberapa orang di Asia banyak yang mengkonsumsi udang berwarna sedikit oranye, jika mungkin udang jenis itu membuatmu lebih mudah terserang alergi, mungkin kamu bisa saja lebih cocok dengan udang jenis lain atau udang putih.

  3. Cara mengatasi alergi udang – kombinasi

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangCara mengatasi alergi udang selanjutnya adalah dengan melakukan kombinasi. Jika kamu ingin makan udang cobalah untuk mengkonsumsi panganan atau jenis kudapan yang menggabungkan daging udang dengan daging olahan lain yang lebih dominan. Misalkan, siomay udang yang lebih didominasi dengan ayam sebagai bahan bakunya dan usahakan memiliki perbandingan yang jauh. Misalkan udang : ayam dengan perbandingan 1:6.

  4. Cara mengatasi alergi udang – diolah dengan lemon

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangVitamin C memang merupakan vitamin yang multifungsi. Cara mengatasi alergi udang berikutnya adalah dengan merendam atau menggabungkan air lemon dengan udang. Vitamin C pada lemon dapat membantu mengurangi kadar protein dominan pada udang yang akan menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Kamu hanya perlu merendam udang dalam larutan air lemon, atau mengolahnya bersamaan.

  5. Cara mengatasi alergi udang – laser darah

    Ini merupakan cara mengatasi alergi udang terakhir yang dipercaya benar-benar mampu mengatasi alergi udang secara total. Laser darah memang merupakan metode kesehatan satu-satunya bagi seseorang yang benar-benar ingin bersih dari alergi udang. Metode ini memang sudah cukup lama disadari oleh masyarakat, namun karena biayanya yang masih terbilang cukup tinggi serta beberapa orang meragukan efek yang akan terjadi dari metode laser maka tidak semua orang memilih untuk cara mengatasi alergi udang dengan metode laser darah ini.

 

Rangkaian penjelasan di atas merupakan cara mengatasi alergi udang yang cukup mudah dilakukan, biar bagaimanapun dalam mengolah kudapan dengan segala bahan makanan wajib dicuci sampai bersih agar aman dikonsumsi.

 

Pernah Dengar Diet ‘Whole 30’ ?

Mungkin Ladies cukup skeptic ketika mendengar kata ‘diet’.

 

Ya, yang biasanya terbayangkan dari diet adalah pembatasan makan dalam sehari yang tadinya sebanyak tiga kali menjadi satu kali saja, menghitung kalori setiap ingin menyantap makanan, dan bahkan terkadang diet dapat ‘menyiksa’ karena memaksamu untuk menahan rasa lapar. Selain itu, kebanyakan orang beranggapan kalau diet hanya dilakukan untuk mencapai bentuk atau berat tubuh tertentu.

 

Namun tidak selamanya, kok, diet itu menyiksa. Dan tidak selamanya juga diet itu  hanya ditujukan bagi mereka yang ingin mencapai berat tubuh tertentu. Disini kami ingin memperkenalkan Ladies dengan salah satu jenis diet yang tujuan utamanya adalah  untuk menginvestigasi bagaimana tubuhmu merespon berbagai jenis makanan dan membuat Ladies mengenali tubuh sendiri lebih baik lagi. Penasaran?

 

Diet ini dinamakan Whole 30.

Pada prinsipnya, diet Whole 30 akan secara temporer mengeliminasi “trigger foods”; makanan yang (mungkin) membuatmu merasa tidak enak/ sehat. Jadi, dengan melakukannya, Ladies dapat mengetahui jenis makanan apa saja sih yang ternyata merupakan ‘trigger’ masalah-masalah kesehatanmu. Contohnya, ternyata selama ini penyebab masalah di perutmu adalah keju, dan sebagainya.

 

Sesuai dengan namanya, diet ini dilakukan selama 30 hari, dan setelah itu, Ladies dapat mencoba mengkonsumsi lagi jenis makanan yang selama ini tidak dikonsumsi. Apabila Ladies merasakan perubahan ketika mengkonsumsi jenis makanan tertentu, maka kemungkinan besar itulah “trigger food” yang Ladies miliki. Pada intinya, diet ini memungkinkan Ladies untuk meng-install asupan makanan ke tubuh.

 

Apa saja dan Don’ts dan Do pada diet Whole 30?

Inilah beberapa Don’ts yang harus Ladies hindari selama 30 hari:

1. Biji-bijian

Kategori ini termasuk nasi, jagung, gandum, quinoa dan biji-bijian bertunas.

 

2. Kacang-kacangan

Kamu juga harus menghindari kacang-kacangan seperti kacang tanah, lentils, dan juga tahu, edamame dan kecap.

 

3. Dairy

Keju, susu sapi, yoghurt, krim, dan mentega juga wajib dihindari ya, Ladies.

4. Alkohol

Termasuk segala jenis alcohol untuk di minum dan masak. Dan juga ekstrak vanilla.

 

5. Gula tambahan

Kamu harus menghindari segala jenis gula tambahan, seperti madu, maple syrup dan sebagainya. Penting banget nih bagi kamu untuk membaca ingredients ketika berbelanja.

 

6. “Junk” Food

Nah, ini nggak kalah penting nih buat dihindari. Makanan fast food seperti ayam goreng dan pizza wajib dihidari ya. Termasuk makanan dengan kandungan MSG didalamnya.

 

 

Lalu, apa yang boleh dikonsumsi selama diet Whole 30?

Tenang, Ladies! Ada banyak pilihan jenis makanan enak dan sehat yang bisa kamu konsumsi kok! Diantaranya:

1. Sayur-sayuran

Makanlah sayuran! Kamu juga boleh kok makan kentang!

 

2. Buah-buahan

Apel, pisang, mangga dan teman-temannya bisa jadi pilihan. Namun, kamu juga harus tetap bijak dalam asupan jumlah gula dari buah-buahan ini, ya.

 

3. Daging

Termasuk daging ayam, sapi dan protein hewani lainnya. Tapi hindari dulu segala bentuk sajian daging yang sudah diproses ya!

4. Seafood

Termasuk udang, kepiting, ikan dan lainnya bisa kamu konsumsi kok.

 

5. Telur

Bisa jadi pilihanmu untuk sarapan, nih.

 

6. Minyak

Minyak kelapa dan minyak zaitun untuk memasak.

7. Kopi

Yes, kamu boleh kok mengkonsumsi kopi asalkan tidak diberi pemanis tambahan.

 

 

Kunci diet Whole 30

Salah satu kunci penting untuk menjalankan diet ini adalah dengan selalu mengecek label kandungan dari setiap makanan yang dikonsumsi. Hal ini membuat kita juga semakin peduli dengan apa yang kita konsumsi karena semua itu akan mempengaruhi kesehatan jasmani dan mental kita, loh!

 

Bagaimana? sudah siap mencoba diet Whole 30 ini, Ladies?

 

Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati, Kenali Bahayanya Berikut Ini.

Bahaya Minum Es Teh Manis

Bahaya minum es teh manis

Kamu mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang memilih es teh manis sebagai solusi menyegarkan rasa dahaga. Wajar saja, karena mudah dibuat dan juga didapat, es teh manis juga terbilang memiliki harga yang terjangkau apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya. Banyak yang beranggapan bahwa es teh manis lebih aman dan lebih ringan dikonsumsi dibanding dengan minuman bersoda. Mungkin, bisa jadi banyak yang sependapat dengan hal itu, namun ternyata di balik kesegaran dan harganya yang lebih murah serta mudah diperoleh ternyata es teh manis ini memiliki dampak yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apa saja kah itu? Mari simak ulasan berikut ini.

 

Bahaya Minum Es Teh Manis

Bahaya minum es teh manis

Kadar Gula Berlebih

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa teh memiliki kandungan senyawa antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Namun ketika teh dikonsumsi dengan penambahan es, biasanya kadar gula yang digunakan cukup banyak agar tidak kehilangan rasa atau menciptakan cita rasa yang tanggung. Namun sadarkah kamu bahwa salah satu bahaya minum es teh manis salah satunya berasal dari kandungan gula ini. Penambahan kadar gula yang cukup banyak, justru mampu menyamarkan kasiat antioksidan dari teh dan hal ini tentu akan mendatangkan efek yang terbalik.

Terlalu banyak memasukan asupan gula dapat membuat kamu rentan terhadap penyakit diabetes, jantung, dan mudah terserang depresi. Hal ini terjadi karena ketika mengkonsumsi gula, tubuh akan melepaskan hormone insulin untuk mengubahnya menjadi sumber energi. Sayangnya, bila asupan gula ini lebih dari yang dibutuhkan, zat ini tidak akan hilang atau tebuang melainkan tersimpan dalam bentuk lemak. Ini yang akan memicu pelonjakan massa tubuh atau lebih buruknya terjadi obesitas.

 

Bahaya Minum Es Teh Manis

Bahaya minum es teh manis

Fungsi Ginjal Menurun dan Kurang Optimal

Ada satu risiko kesehatan lain sebagai akibat dari bahaya minum es teh manis dan r isiko ini bisa terbilang cukup berat. Terbentuknya baju ginjal sebagai akibat dari mengkonsumsi es teh manis secara berlebihan memang menjadi salah satu risiko kesehatan yang cukup berat. Meskipun penyebab terbentuknya batu ginjal lebih umum berkaitan dengan kurangnya konsumsi air mineral, namun kandungan oksalat dalam teh juga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Meski terdengar berat namun ada kabar baiknya, karena mereka yang mungkin terkena bahaya minum es teh manis yang satu ini tergolong pada mereka yang benar-benar memiliki risiko mengalaminya. Ciri-cirinya biasanya berjenis kelamin pria, dan berusia diatas 40 tahun, atau mereka yang sebelumnya memiliki riwayat pada kesehatan ginjal.

Walaupun ada terdapat kategori usia bagi mereka yang berpotensi pada bahaya minum es teh manis, ada baiknya kamu tetap menjaga asupan oksalat yang kamu konsumsi. Batasi konsumsi panganan seperti cokelat, kopi, bayam, dan kacang tanah serta atur kadar konsumsi garam yang masuk ke dalam tubuh. Mulai perbanyak konsumsi air yang cukup serta panganan yang mengandung kalsium untuk mencegah penumpukan oksalat yang berpotensi menimbulkan batu ginjal.

bahaya minum es teh manis

Walaupun mengkonsumsi menimbulkan bahaya minum es teh manis, sebenarnya bila tidak terlalu berlebihan ternyata bisa memberikan manfaat yang jelas baik untuk tubuh kita. Mengkonsumsi minuman manis yang diproduksi dari beragam bahan alami dapat membantu mengurangi kecenderungan seseorang mengalami suasana hari yang buruk. Karena asupan glukosa yang cukup dapat membantu seseorang mengalami mood yang baik, karena glukosa dapat membantu menjadi endorphine booster. Karena pada dasarnya, otak manusia memerlukan glukosa sebagai sumber energi dan perubahan kadar gula yang terjadi membantu mempengaruhi fungsi eksekutif otak.

Main Roller Coaster untuk Kesehatan Ginjal, Kok Bisa?

Roller Coaster selama ini dikenal sebagai wahana permainan yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Menegangkan sekaligus mengasyikan adalah dua kata yang tepat untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran permainan ini. Tapi ada fakta kesehatan lain yang cukup mencengangkan bahwa permainan ini cukup memberikan efek kesehatan bagi organ tubuh kita yang cukup penting yaitu ginjal. Penasaran? simak ulasannya berikut.

Pemainan yang memacu adrenalin ini memang menegangkan. Ketika ada di atas wahana permainan ini, kita akan diajak merasakan sensasi pelan dan cepat dan sensasi tubuh yang diputar balikan, wah rasanya naik roller coaster ini memang tidak terasa akan cepat berakhir. Terkait dengan fakta kesehatan yang dikemukakan oleh peneliti bernama David Wartinger, wahana permainan roller coaster ini nyatanya dapat membantu mengeluarkan gumpalan mineral atau yang akrab dengan sebutan batu ginjal yang seringkali menyebabkan rasa sakit.

Sebagai informasi, batu ginjal merupakan garam dan endapan mineral yang menumpuk di ginjal. Biasanya batu ginjal dalam ukuran kecil bisa dikeluarkan melalui saluran kemih, namun untuk kondisi batu ginjal yang berukuran besar perlu tindakan pembedahan ataupun cara lain menurut teknologi medis untuk mengeluarkannya. Walaupun tidak menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh manusia lainnya, namun kondisi ini cukup membuat seseorang mengalami hal-hal yang tidak membuat nyaman sampai mengganggu fungsi sekresi tubuh manusia dan menyebabkan seseorang merasakan rasa sakit yang cukup parah dan mengganggu ketika bergerak.

doc.youtube

Untuk mengetahui manfaat dari bermain roller coaster untuk kesehatan ginjal, David Wartinger memvisualisasikannya menggunakan sebuah model yang menyerupai sistem ginjal manusia yang terbuat dari bahan silikon. Dengan menggunakan alat ini, ia menambahkan cairan sebagai urin dan batu ginjal yang dia letakan di roller coaster.

Dari caranya ini, ia menemukan hasil bahwa ketika roller coaster bergerak dengan ritme nya, prototipe ginjal buatannya memberikan hasil bahwa batu ginjal bisa keluar melalui saluran kemih. Walaupun demikian sesungguhnya tak semua bentuk dan ukuran batu ginjal bisa diatasi dengan bermain wahana yang cukup menantang ini. Sang peneliti mengungkapkan bahwa cara ini cukup dinyatakan efektif pada mereka yang memiliki batu ginjal berdiameter sekitar 0.2 inchi. Penellitian yang dipubikasikan dalam The Journal of American Osteopathic Association ini mendapat penghargaan Ig Nobel Prize.

doc.youtube

Nah, dari informasi tersebut kamu jadi mendapatkan sedikit pengetahuan bahwa ternyata wahana permainan roller coaster memiliki manfaat juga untuk kesehatan. Jadi, siapa di antara kamu yang masih ragu mencoba wahana ini?

Ladies, Hal Ini Perlu Jadi Perhatian Ketika Kamu akan Melakukan Eyelash Extention

Seiring dengan kemajuan zaman, maka ada tren-tren yang juga akan ikut berkembang sejalan. Tidak hanya teknologi ataupun mode yang bergerak secara dinamis, namun kini tren kecantikan pun ikut berkembang seirama dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan inovasi untuk kecantikan. Di akhir tahun 2016 silam muncul tren yang semakin kesini semakin membooming, tak lain dan tak bukan adalah tren sambung bulu mata atau eyelash extention. Bagi sebagian besar wanita melakukan treatment ini memang cukup membantu menghemat waktu dan membuat nyaman karena bisa menerapkan riasan atau make-up yang effortless. Namun pernahkah kamu mendengar beberapa berita mengenai akibat buruk dari melakukan eyelash extention? Mulai dari alergi sampai hal-hal terburuk lainnya? Nah, untuk itu kini kamu perlu menaruh perhatian terhadap hal-hal berikut ini sebelum melakukan treatment sambung bulu mata.

Jangan tergiur harga murah

doc.google

Karena sedang menjadi tren kecantikan yang sangat digandrungi oleh sebagian besar wanita, treatment pemasangan bulu mata ini menjadi hal yang paling diincar. Mengetahui harga untuk satu kali treatment pemasangan bulu mata memang cukup mahal dengan pertimbangan kualitas bulu mata, kebersihan tempat, dan stylist yang terdidik biasanya dipatok dengan harga yang cukup mahal. Ya, bisa dibilang untuk satu kali treatment, cukuplah untuk makan seminggu bagi mahasiswa, hehehe. Karena harganya yang cukup mahal itulah, mulai bermunculan pelayanan pemasangan sambung bulu mata dengan harga murah di salon-salon biasa atau malah bukan dengan stylist yang terlatih. Wah, hati-hati ya Ladies, kamu boleh pilih harga murah namun kamu juga perlu pertimbangkan banyak hal lainnya ya.

Cari studio kecantikan atau salon yang cukup ternama

doc.google

Layanan pemasangan bulu mata palsu memang cukup banyak disediakan di tempat-tempat perawatan kecantikan. Namun, kamu jangan sampai salah pilih juga. Kamu perlu betimbangkan salon atau studio kecantikan mana yang kira-kira sudah terekomendasi. Mengapa? karena hal ini erat kaitannya dengan keamanan dan kualitas dari pelayanannya. Jangan berpikir bahwa harganya pasti selangit, karena saat ini mulai banyak studio kecantikan yang terekomendasi yang tak segan memberikan diskon untuk jenis layanan pemasangan bulu mata tertentu. Jadi, mulai dengan cari informasi dulu ya, Ladies.

Tes alergi lem sebelum mulai treatment

doc.google

Ketika kamu akan melakukan treatment pemasangan bulu mata palsu hal ini boleh sekali kamu coba terlebih dahulu. Saat kamu sedang dalam tahap konsultasi atau mengantri kamu bisa meminta stylist untuk membubuhkan sedikit lem perekat bulu mata tersebut pada kulit di bagian belakang telinga. Bila dalam waktu 2-3 menit tidak terjadi reaksi apapun, berati lem tersebut aman untuk digunakan.

Pahami kondisi diri

doc.google

Hal ini salah satu yang paling penting untuk dilakukan. Sebelum melakukan pemasangan sambung bulu mata, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu situasi diri kamu. Kamu perlu menyadari bagaimana kondisi bulu mata alami kamu sebenarnya, apakah sudah lebat atau hanya kurang panjang dan lentik. Mengapa hal ini dirasa penting? Karena untuk mengetahui jenis treatment eyelash extention seperti apa yang cocok dan pas untuk kondisi kamu. Jangan sampai kamu merasa bahwa bulu mata sambungan yang terlalu banyak dipasang membuat mata kamu terasa berat atau malah tidak seimbang.

Pilih jenis bulu mata yang sesuai

doc.google

Bulu mata sambung memiliki berbagai ukuran yang tunujkan melalui angka. Baiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan sang stylist mengenai kondisi bulu mata alami mu dan bulu mata ukuran berapa yang sesuai. Karena bila kamu menggunakan bulu mata yang terlampau atau malah kurang pas dengan bulu mata alami, yang ada kamu hanya akan mendapatkan kondisi bulu mata cantik yang sementara saja. Mengapa demikian? Prinsip atau dasar penyambungan bulu mata palsu adalah helai bulu mata palsu akan di tempelkan dan direkatkan diatas atau dengan pangkal bulu mata asli. Bila bulu mata sambungan terlampau lebih berat atau lebih panjang dari bulu mata asli, akan menyebabkannya lem penyambungnya mudah lepas sehingga bulu mata sambungan kamu mudah rontok. Rugi bukan?

Oke, Ladies, itu tadi beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum melakukan penyambungan bulu mata. Disarankan untuk cari informasi dan pastikan kamu memilih pelayanan yang worth it untuk pemasangan sambung bulu mata. Jangan sampai kamu salah pilih layanan karena bisa jadi bukan cantik yang kamu dapat, tapi malah penderitaan. Hati-hati yaa, Ladies.

Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesehatan Ginjal, Ladies

Jamu memang dipercaya sebagai salah satu alternatif pengobatan yang memanfaatkan kebaikan dari tumbuh-tumbuhan serta rempah-rempah. Jamu memang merupakan produk yang diolah dari berbagai tanaman dan buah-buah atau biji yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati suatu penyakit. Cara mengolahnya pun lebih sering melalui proses penyeduhan dan jadilah sebuah larutan jamu. Walaupun umum dengan cara demikian, jamu yang dikemas dalam produk berupa pil juga dan jamu yang dikemas dalam bentul pil atau kapsul ini biasanya lebih memudahkan dan praktis untuk di konsumsi karena tidak perlu dilakukan perebusan ataupun penyeduhan.

doc.special

Namun, tahukah kamu kalau mengkonsumsi produk jamu cukup berbahaya bagi kesehatan ginjal? Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai alat filtrasi atau penyaringan. Peran ginjal pada tubuh manusia sejatinya mengeluarkan kelebihan garam, air,  asam,  membuang atau mengatur elektrolit seperti K, Ca, Mg, PO4, dan  sisa metabolisme tubuh. Selain itu, ginjal juga memiliki tugas untuk melakukan sekresi yang menghasilkan EPO sebagai fungsi mengatur Haemoglobin darah (HB). Ginjal juga mengaktivasi vitamin D untuk kesehatan tulang, serta mensekresi renin untuk mengatur tekanan darah. Peran ginjal untuk tubuh manusia ini jelas sangat berpengaruh besar. Kerusakan pada ginjal, biasanya terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya masuknya zat-zat asing atau terlalu banyaknya mineral berat lain yang masuk melalui mulut. Untuk itu menghindari atau membatasi terlalu banyak racun atau mineral berat yang masuk bisa membantu merawat kesehatan ginjal.

Selain asupan dari luar, faktor lain yang berpotensi menjadi penyebab resiko munculnya penyakit Ginjal adalah  tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, penyakit jantung pembuluh darah, dan satu lagi adalah faktor keturunan. Faktor usia dan pengidap autoimun atau lupus, faktor obesitas, infeksi saluran kandung kemih, bahkan sampai kondisi berat badan rendah waktu lahir bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan ginjal.

doc.special

Seperti yang sudah dijelaskan, komposisi dan komponen jamu merupakan gabungan dari beberapa mineral dari berbagai tumbuhan ataupun rempah. Jamu sebagai obat herbal alternatif memang tidak dinyatakan salah, justru cukup baik membantu kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun karena mengandung lebih dari satu komponen mineral yang bahkan pada beberapa jenis olahan jamu tergolong mengandung mineral berat, hal ini yang bisa membahayakan ginjal apalagi bila dikonsumsi berlebihan atau melampaui dosis.

Jadi untuk kamu yang biasa mengkonsumsi jamu kamu bisa meneruskan kebiasaan tersebut. Namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi air mineral yang cukup banyak atau bahkan dalam porsi yang melebihi konsumsi minuman lain. Tujuannya jelas satu yaitu, membantu kinerja ginjal menjalankan fungsinya yaitu melakukan pembersihan untuk sistem sekresi tubuh.

Obat Penyembuh Maag yang Satu Ini Dijamin Nikmat dan Enak.

Halo Ladies, kamu pasti tahu dong kudapan nikmat yang gurih dan yummyyy banget ini? Iya, kerupuk kulit sapi yang terkenal nikmat sebagai pendamping makan nasi ataupun sebagai camilan. Perlu kamu ketahui bahwa si gurih nikmat ini punya khasiat mengobati penyakit bagi kamu yang mengidap maag. Gimana ya? Kok bisa? Nah berikut ini penjelasannya, yuk simak.

Kebetulan ciri khas orang Indonesia kalau makan kayaknya dirasa ada yang kurang kalau belum ada pelengkapnya, yakni kerupuk. Entah memang menjadi menu wajib ataupun tambahan kerupuk selalu bisa meningkatkan selera makan dan membuat menu makanan menjadi lengkap. Salah satu kerupuk ciri khas yang hanya ada di Negara Indonesia adalah kerupuk kulit sapi, dan kerupuk ini juga bisa diolah sebagai lauk pelengkap kudapan khas Yogyakarta yaitu gudeg. Tapi ternyata kerupuk yang diolah dari kulit sapi ataupun kerbau ini, memiliki maanfaat lain yaitu bisa mengobati nyeri maag.

doc.special

Maag adalah penyakit yang sering menyerang bagian lambung. Dan biasanya penyakit ini menjangkit setiap orang yang memiliki riwayat maag ataupun seringkali memiliki jadwal makan yang berantakan. Tapi ketika maag kambuh apa yang akan orang-orang lakukan adalah sesegera mungkin mengkonsumsi obat maag atau tablet antasida yang cara makannya adalah dikunyah-kunyah. Nah, gimana kalau obat antasida itu adalah kerupuk kulit sapi? Wah, obat yang so delicious nih..

doc.special

Memang mungkin terdengar aneh, karena ketika maag kambuh langsung mengkonsumi kerupuk nikmat yang satu ini dan beberapa saat kemudian perih dari maag akan hilang perlahan. Kerupuk kulit seringkali menjadi jajanan kecil yang dijual dengan harga yang sangat murah di warung-warung, selain murah rasanya yang nikmat juga dirasa lebih mampu membuat penderita yang mengalami maag juga merasa nyaman dibanding mengecap rasa getir dan kesat pada obat maag yang dikunyah.

Nah buat kamu yang menderita sakit maag, tidak ada salahnya nih untuk siap sedia dengan si kerupuk gurih nikmat ini.

 

 

Fakta Kesehatan dan Keunikan si Golongan Darah AB

Manusia hidup dengan memiliki banyak penyusun kimiawi alami dalam tubuh. Tak terkecuali darah, beragam jenis golongan darah dimiliki oleh manusia. Perbedaan keunikan dan perbedaan golongan darah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah DNA yang menyebabkan pewarisan golongan darah dan juga antigen. Dalam tubuh manusia sendiri, antigen ini lebih banyak mendominasi karena satu jenis antigen menentukan satu jenis golongan darah. Namun mungkinkah seseorang memiliki dua jenis antigen? Tentu saja bisa.

Pernahkah kamu mendengar atau mengetahui adanya jenis golongan darah AB? Nah, ini si jenis golongan darah yang unik karena memiliki dua jenis antigen sekaligus yaitu antigen A dan antigen B yang berdampingan. Jenis golongan darah ini juga terbilang unik karena tidak secara umum dimiliki atau bisa dibilang cukup langka. Nah bicara mengenai sesuatu yang langka, kayaknya kurang yaa kalau belum membahas mengenai hal apa saja yang membuatnya unik. Yuk, kita bahas mengenai fakta dan keunikan si golongan darah AB.

Antigen A dan B

Penanda berukuran mikroskopik ini disebut dengan antigen. Antigen dikelompokkan ke dalam beberapa tipe golongan yaitu  A, B, AB, dan O, yang masing-masingnya bisa memiliki rhesus “positif”, atau “negatif”. Untuk golongan darah A berati memiliki lebih dominan kelompok antigen A dan sama halnya seperti golongan darah B yang memiliki antigen dominan B. Sementara golongan dara O memiliki antigen A dan B hanya pada permukaan sel darah merahnya saja. Dan tipe golongan darah AB memiliki antigen yang seimbang antara antigen A dan B.

AB yang sulit dicari

skema pewarisan golongan darah

Fakta mengenai tipe golongan darah AB yang katanya sulit dicari ini sudah menjadi pemahaman umum. Karena secara ilmiah walaupun manusia mewarisi satu gen untuk tipe darah dari masing-masing orangtua, tetapi cukup sulit menghasilkan tipe AB. Misalnya pada orang dengan golongan darah A yang  diwariskan gen A dari kedua orangtuanya atau gen A dominan dari salah satu orangtua dan sisanya gen O. Sama halnya dengan golongan darah B, manusia bisa diwariskan gen B dari kedua orang tuanya atau gen B dominan dari salah satu orang tua dan gen O sisanya. Hal ini memiliki kemungkinan besar seseorang memiliki satu jenis golongan darah tertentu. Sementara untuk orang bergolongan darah O, biasanya diwarisi dua gen O.

Lain hal dengan orang yang begolongan darah AB. Karena orang dengan golongan darah AB mewarisi gen A dari satu pihak orangtua dan gen B dari pihak lainnya. Dan berdasarkan jumlah, orang yang bergolongan darah dominan A dan dominan B termasuk kecil, maka kemungkinannya juga rendah kombinasi ini terjadi. Ini yang menyebabkan golongan darah AB sulit ditemukan atau tergolong langka.

Pengertian AB sebagai receiver

Banyak yang paham mengenai teori bahwa golongan dari O adalah golongan darah “giver” dan golongan darah AB adalah “receiver”. Secara ilmiah pemahaman ini masuk dalam kategori fakta. Karena memiliki golongan darah yang langka ternyata juga memiliki keuntungan. Orang yangcbergolongan darah AB positif bisa menerima semua tipe darah, sehingga disebut juga dengan penerima universal.

Namun walaupun bisa menerima dari pihak manapun, bila melakukan transfusi ataupun mendonorkan darah perlu ada rangkai test medis yang menyatakan bahwa kondisi memang sudah baik dan prima. Karena walaupun AB bisa menerima dari jenis golongan darah apapun, nyatanya untuk beberapa kondisi bisa terjadi kontra indikasi.

 

 

Cara Aman Terhindar Dari Asam Lambung Karena Minuman Bersoda

Minuman ringan memang bisa jadi pilihan yang tepat di kala membutuhkan kesegaran. Apalagi, bila minuman tersebut di konsumsi ketika cuaca sedang sangat panas dan gerah. Wah kebayang dong yaa, panas-panas minum minumanringan bersoda yang dingin. Pasti menyegarkan dan memulihkan semangat serta energi. Namun ada beberapa kondisi yang sebenarnya harus dicegah agar pada saat mengkonsumsi minuman bersoda ini, tidak menaikkan asam lambung berlebihan.

Minuman bersoda ini, banyak dianggap sebagai minuman yang merupakan musuh bagi pencernaan karena mengandung zat karbondioksida dalam proses saturasinya. Minuman berkarbonasi ini memang bisa jadi pemicu naiknya asam dan bertambahnya kuantitas gas dalam lambung sehingga memunculkan sehingga memunculkan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) bagi yang menderita ataupun juga bagi mereka yang memiliki kondisi maag akut atau pun kronis.

Minuman bersoda sebenarnya dinyatakan aman bagi mereka yang tidak memiliki kelainan perncernaan. Kelainan GERD sebenarnya adalah kelainan pencernaan yang terdapat pada kerusakan klep lambung. Bila terpicu dengan adanya minuman bersoda yang masuk, tentu saja akan bereaksi dengan asam lambung dan mengakibatkan terjadinya rasa panas di dada da rasa pahit di lidah, hal ini hanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya namun berpotensi menyebabkan timbulnya pemicu kanker kerongkongan.

Namun bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi minuman bersoda, pada dasarnya jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong bila ingin mengkonsumsi minuman ini. Beberapa orang memilih mengkonsumsi minuman bersoda sebagai desserts atau kudapan penutup setelah makan. Hal ini bisa dilakukan sebagai upaya perlindungan terhadap lambung dan naiknya zat asam lambung (HCL). Ketika perut sudah dalam kondisi terisi makanan, maka asam lambung akan memproses makanan tersebut sebagai pelumas yang memproteksi dinding-dinding lambung.

Sebaliknya bila mengkonsumsi minuman bersoda pada kondisi perut yang benar-benar kosong, maka asam lambung juga akan bereaksi dengan asam bikarbonat yang ada dalam kandungan minuman bersoda dan akhirnya akan menghasilkan kuantitas gas yang sangat banyak. Bereaksinya kedua asam yang akan menghasilkan gas yang sangat banyak ini juga sangat berdampak tidak baik pada kondisi lambung yang akan semakin terluka. Dan akan menimbulkan kondisi maag yang semakin parah.

Tetap Cantik, Ini Cara Agar Bibir Tetap Lembab Selama Berpuasa.

Sudah menjadi rutinitas menjelas Bulan Suci bagi para muslim dan muslimah untuk menjalankan kewajiban puasa sebulan penuh sebelum menyambut Hari Raya. Nah, menurut kamu apasih yang identik selama bulan puasa selain kegiatan sahur dan berbuka serta shalat tarawih? Hmm.. jangan bilang jajanan takjil dan kegiatan buka puasa bersama dengan kawan-kawan lama, wah ini nih yang bikin puasa makin seru ya, kan?

Namun, untuk sebagian muslimah yang menjalankan ibadah puasa biasanya merasa ada yang kurang pas ketika mendapati kondisi bibir kering. Duh, penampilan jadi enggak banget ya, kan? Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir Ladies, karena ada beberapa cara mencegah bibir tampak kering dan pucat selama menjalankan ibadah puasa. Mau tahu? simak ulasan berikut yaa..

Hindari cita rasa asam

Pada saat berbuka ataupun bersantap sahur, ada baiknya kamu menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman dengan cita rasa asam. Selain tidak baik bagi lambung, makan atau minuman yang memiliki cita rasa asam akan berpengaruh pada kekeringan di bibir karena asam akan menyerap air. Tak hanya menyebabkan bibir kering, cita rasa asam ini juga bisa menimbulkan aroma tidak sedap pada mulut karena bereaksi di dalam lambung.

Pada saat kamu bangun untuk bersantap sahur, baiknya kamu mengkonsumsi lebih banyak air mineral atau air teh yang hangat. Selain melegakan dan merelaksasi kondisi perut yang akan kosong selama satu hari penuh, air putih yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan suhu tubuh.

Pakai Lip Balm alami

Lip balm memang cukup membantu menjaga agar kesehatan dan kelembaban bibir tetap terjaga sehingga kecantikanmu selama menjalankan ibadah puasa terus terpancar. Namun, ada baiknya kamu memilih lip balm yang mengandung lebih banyak bahan alami dan juga memiliki SPF plus Vitamin E sehingga puasa tidak menghalangi kamu untuk tetap beraktifitas di luar ruang dan terpapar matahari.

Kalau ada waktu luang pada saat setelah berbuka, kamu bisa melakukan scrub bibir menggunakan madu dan gula palm. Madu dipercaya memiliki kemampuan melembabkan dengan bahan yang alami dan menyehatkan.

Tahan diri untuk membasahi bibir 

Bibir yang kering tentu membuat kamu tidak nyaman pastinya yaa. Belum lagi penampilan juga jadi enggak maksimal ketika ada gurat-guratan bibir yang pecah-pecah. Beberapa dari kamu kadang punya kebiasaan untuk membasahi bibir dengan cara menjilatnya, mungkin hal ini sedikit mengobati kondisi bibit keringmu. Namun, air liur sebenarnya tidaklah cukup baik untuk mengobati kondisi bibir kering karena, menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir karena air liur mengandung enzim yang membuat bibir menjadi semakin kering.

 

Nah Ladies, menyambut datangnya bulan yang penuh berkah jangan sampai masalah bibir kering menghalangi ibadah puasa kamu. Selama menjalankan ibadah puasa, kamu juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetap semangat dan lancar terus sampai Hari Raya tiba ya, Ladies.