Places To Go, Travel

Enggak Kalah! Nongkrong di RPTRA Kalijodo Juga Kece untuk Feeds Instagram!

Sulit dibayangkan bahkan mungkin mustahil ditemukan di kota besar seperti Jakarta bisa ditemukan wahana atau tempat bermain seluruh anggota keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap dan ringan biaya. Bila pun ada, semuanya pastilah baru bisa dinikmati setelah membayar dengan sejumlah uang.

Namun sepertinya anggapan seperti itu tidak lagi berlaku sejak lahirnya  Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di banyak tempat di Ibu Kota. Hadirnya RPTRA ini sekaligus membuktikan bahwa untuk berwisata sembari berkumpul dengan anggota keluarga tak harus selalu mengeluarkan uang. Lebihnya lagi, RPTRA ini merupakan tempat wisata gratis yang juga edukatif, sehingga pantas disebut ramah anak.

Mari mengenal salah satunya yaitu RPTRA Kalijodo, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Fasilitas publik yang termasuk cukup besar di wilayah Jakarta ini, menyediakan beragam arena bermain untuk anak. Mulai dari lapangan futsal, badminton, voli, hingga arena skateboard dan sepeda BMX. Untuk fasilitas edukasi, tempat wisata ini juga melengkapi diri dengan permainan anak untuk usia pertumbuhan dan juga perpustakaan. Semua fasilitas ini bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis.

 

Doc. Special

Sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama pada 22 Februari 2017 lalu, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama bila akhir pekan menjelang. Yang lebih unik lagi, mereka yang datang bukan hanya warga Jakarta yang memang berdomisili di Jakarta namun ada pula yang berasal dari luar kota dan kebanyakan dari wilayah Jawa. Hal ini terkonfirmasi dari sang pengelola, Dewi Mayasari.

 

Fasilitas Edukasi Anak

Kalijodo yang dahulu terkesan “seram” dan memiliki citra buruk, kini semua sirna sudah. Karena tak hanya arena bermain, RPTRA Kalijodo juga dilengkapi fasilitas edukasi yaitu perpustakaan.  Perpustakaan yang bisa terbilang baru diberdiri ini sudah memiliki beberapa koleksi buku anak. Buku-buku tersebut merupakan bentuk dari antusiasme masyarakat menyambut pemugaran dan peningkatan fasilitas di Kalijodo ini.

Doc. Special

Bagai mata air yang menghidupkan, setiap hari, pada pukul 09.00 hingga pukul 18.00 kehadiran perpustakaan ini mampu menghidupkan kembali minat baca anak-anak Jakarta. Terutama di akhir pekan, tempat ini pun acap kali menggelar acara menarik sebagai wadah edukasi untuk meningkatkan minat baca anak.

image source: news.liputan6.com

 

Bakat Kinestetik Anak Muda

RPTRA Kalijodo yang memiliki luas lahan 5.489 meter persegi dan luas bangunan 1.468 meter persegi. Memberikan suguhan yang luar biasa yang nampak tak akan lekang oleh zaman. Walaupun disebutkan sebagai fasilitas ramah anak, Di tempat ini tersedia pula banyak fasilitas yang akrab dengan kawula muda untuk menyalurkan bakat kinestetik mereka. Sarana olahraga tersedia, sarana untuk menyalurkan bakat fotografi pun ada. Yang jelas, Kalijodo menjadi tempat yang lebih positif dan sehat untuk para pemuda pemudi. Bisa menjadi pilihan sebagai tempat untuk nongkrong dan hangout bareng teman-teman.

Tidak kalah keren, RPTRA Kalijodo ini juga memiliki grafis dan mural serta fasilitas yang instagramable. Bisa menambah kegaulan feeds kamu, nih.

Doc. Special

Info penting lainnya adalah tempat ini juga dilengkapi Pos Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply