Jobs, Ladies Career

Ladies, Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Yang Ampuh!

Pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan, karena dengan sebuah pekerjaan maka kebutuhan sehari-hari akan terpenuhi dengan penghasilan yang didapatkan. Pekerjaan yang bisa dilakukan tentunya sangat banyak, misalnya dalam perusahaan, toko, ataupun tempat lain.

Berbicara tentang pekerjaan, tentunya dalam melamar pekerjaan membutuhkan surat lamaran pekerjaan. Surat ini dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan agar lamaran yang dilakukan dapat diterima, karena dengan adanya surat ini suatu perusahaan atau tempat yang akan dilamar lainnya dapat memperoleh data diri anda. Sehingga perusahaan atau tempat lainnya dapat dengan mudah mengidentifikasi diri anda.

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena dari surat lamaran pekerjaan yang anda buat akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam menerima anda.

Dengan begitu sebelum anda membuat surat lamaran pekerjaan tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal, berikut ini struktur surat lamaran pekerjaan:

1.Kepala surat atau judul

Judul atau kepala surat ini salah satunya adalah berisi tentang tujuan atau maksud dari surat lamaran pekerjaan yang akan anda buat. Sehingga dengan adanya kepala surat ini maka sebuah perusahaan akan mudah mengidentifikai calon mitranya.

2. Nama perusahaan

Hal yang paling terpenting yang tak boleh dilupakan adalah nama perusahaan yang akan anda tuju. Penulisan perusahaan yang di tuju ini berfungsi untuk memperjelas kepada siapa lamaran pekerjaan yang anda buat.

3. Data diri

Hal yang tak kalah penting lainnya dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah data diri anda, karena keterangan tentang data diri anda sangat diperlukan agar perusahaan mudah untuk mengidentifikasi anda.

4. Lampiran

Lampiran biasanya berisi ijazah, foto copy ktp, atau lainnya yang akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima surat lamaran pekerjaan anda. Di bagian lampiran ini anda juga dapat melampirkan pengalaman kerja atau keahlian yang anda miliki, misalnya sertifikat komputer atau lainnya.

Baca juga  Iniloh Gambaran Perbedaan Sebelum dan Sesudah Nikah

5. Bahasa yang digunakan

Yang harus anda perhatikan lainnya adalah bahasa yang akan anda gunakan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Dari bahasa yang anda gunakan maka sebuah perusahaan akan menilai keterampilan atau kepribadian anda. Bahasa yang digunakan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yaitu dengan bahasa yang baik, benar dan baku, artinya tidak berbelit-belit dan ambigu.

6. Email altau Nomor Tlp.

Salah satu bagian terpenting yang tak boleh anda hilangkan adalah email atau nomor tlp., karena dengan adanya komponen ini akan memudahkan HRD untuk menghubungi anda jika surat lamaran yang anda buat diterima.

Setelah anda mengetahi struktur penulisan surat lamaran pekerjaan, berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Jakarta, 19 Januari 2017

 

Kepada Yth.

HRD PT Nusa Abadi

Di Jln. Adi Sucipto No. 19 Jakarta

Hal                          : Permohonan Kerja Sama

Lampiran             : 4 bendel

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini

Nama                                    : Andi Susanto

Tempat, tanggal lahir      : Jakarta, 15 Desmber 1986

Alamat                                  : Jln. Pangeran Diponegoro No. 7, Jakarta Selatan

Email                                     : Andi.sus@gmail.com

No tlp                                    : 082675432100

Dengan surat ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan PT Nusa Abadi yang bapak pimpin, untuk menjadi pertimbangan dengan ini saya lampirkan beberapa berkas

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Ijazah
  3. Fotocopy Sertifikat Komputer
  4. Fotocopy Sertifikat Bahasa Inggris

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benaranya. Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya

Ttd

Andi Santoso

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply