Food, Inspiration, Tips

Sahur Mudah Cuman Pakai Rice Cooker

https://www.ladies.id/sahur-mudah-cuma…akai-rice-cooker/

Sahur Mudah Cuman Pakai Rice Cooker

cocok untuk anak kos!

Mengiringi bulan Ramadan sudah menjadi kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Karena merupakan rutinitas wajiib dalam satu bulan penuh menyambut hari kemenangan, aktivitas berpuasa juga dijalankan sembari kamu menjalankan aktivitas rutin kamu sebperti bekerja ataupun kuliah. Nah, untuk kamu yang tinggal jauh dari keluarga dan dari rumah serta mengharuskan kamu untuk tinggal di kos, momen sahur biasanya akan terasa cukup berat atau cukup repot untuk dijalankan. Kamu yang tinggal jauh dari rumah, pasti akan cukup berat rasanya jika harus membeli makanan setiap harinya. Makanya buat kamu yang tinggal di kos, ada satu alat bantu masak yang bisa dibilang serba guna dan penyelamat banget terutama untuk situasi isi perut. Tak lain dan tak bukan adalah rice cooker. Enggak perlu besar-besar, karena rice cooker tersedia mulai dari ukuran yang sangat besar hingga ke ukuran praktis. Tapi untuk kamu yang tinggal di kos, kamu bisa memiliki rice cooker ukuran kecil atau ukuran sekitar 1.2 liter atau 0.63 liter. Ukurannya yang pas untuk kamu miliki akan memberikan kamu banyak kemudahan membuat makanan sendiri di kos, walaupun ya, agak sedikit pr juga sih, hehehe tapi yang penting kan bisa makan bermacam-macam makanan, dan enggak mi instan terus.

Jika kamu memiliki rice cooker ukuran sedang ini, bulan Ramadan mu akan terasa cukup terbantu karena kamu bisa menikmati santap sahur mudah cuman pakai rice cooker aja. Apa aja yang bisa kamu masak dengan rice cooker selain mi instan pakai telor? Berikut ini menu-menu nya.. (wajib baca pas udah bedug adzan maghrib yaa hehehe)

Goreng telur dadar

https://www.ladies.id/sahur-mudah-cuma…akai-rice-cooker/

Mungkin banyak yang mengira kalau rice cooker hanya bisa digunakan untuk memasak nasi saja yang jelas-jelas cara masaknya adalah dengan terminologi merebus beras sehingga menjadi nasi. Namun faktnanya kamu juga bisa menggunakan rice cooker untuk menggoreng, bahkan sebenarnya kamu bisa menggunakan rice cooker untuk melakukan metode deep frying jika memasaknya dengan jumlah minyak yang sangat banyak. Iya, kalau kamu enggak punya lemari es pribadi di kamar kos mu, kamu bisa membuat menu telur dadar karena dalam jumlah yang sedikit telur bisa disimpan tanpa membutuhkan lemari pendingin. Tapi kalau kamu punya kulkas, kamu bisa goreng makanan siap saji menggunakan rice cooker juga lho.

Bikin sup  ayam

https://www.ladies.id/sahur-mudah-cuma…akai-rice-cooker/

Membuat sup ayam tentu bisa jadi makin mudah menggunakan rice cooker. Selain mudah, memasak sup menggunakan rice cooker bisa membuat sup jadi lebih cepat matang sempurna. Membuat sup ini kamu mungkin akan membutuhkan beberapa bahan yang rata-rata harus memerlukan lemari es atau kulkas, tapi untuk proses memasaknya pun juga tidak terlalu sulit. Yang pertama perlu kamu miliki adalah ayam, kamu boleh memilih ayam yang boneless atau ayam yang masih dengan tulang. Setelah itu rangkaian bumbu dalam bentuk bubuk yang bisa kamu beli di supermarket, di antaranya adalah bubuk bawang putih, bubuk lada halus, dan juga garam, atau kalau kamu suka dan minat, kamu bisa tambahkan sedikit penyedap rasa ayam. Setelah itu beberapa sayuran pilihan tambahan seperti wortel, buncis, kentang dan bawang goreng bila kamu suka.

Bakso kuah
https://www.ladies.id/sahur-mudah-cuma…akai-rice-cooker/

Kamu yang punya rice cooker atau kulkas kecil di kosan juga bisa membuat bakso kuah dengan bahan-bahan yang sederhana biar ngerasain gimana bikin menu sahur mudah cuman pakai rice cooker. Bakso kuah kini ada yang berbentuk instan dan hanya perlu di rebus saja bersamaan dengan bumbu-bumbunya. Namun, ingat sekali lagi guys kalau kebanyakan mengkonsumsi makanan instan itu tidak baik. Jadi kalau kamu punya kulkas dan ingin menikmati santap sahur yang inovatif dan hangat, salah satu menu sahur mudah cuman pakai rice cooker yang satu ini bisa kamu buat. Kamu butuh beberapa buah bakso, bubuk bawang putih, bubuk lada, dan juga garam, serta sedikit mentega atau minyak goreng.

Tempe orek

Olahan tempe yang muhttps://www.ladies.id/sahur-mudah-cuma…akai-rice-cooker/dah satu ini bisa menjadi salah satu menu sahur mudah cuman pakai rice cooker. Kamu bisa menggunakan bahan utamanya yaitu tempe, bubuk bawang putih, sedikit garam, bubuk lada putih, dan sedikit bubuk cengkeh, serta irisan cabai rawit. Potong-potong tempe dalam bentuk dadu atau korek api, iris cabai dengan bentuk serong. Siapkan minyak yang dituangkan sebanyak kurang lebih 1 centong sendok sayur, lalu biarkan minyak memanas dalam kondisi rice cooker “cook”. Setelah minyak panas, masukan potongan tempe aduk-aduk agar setiap tempe tergoreng matang, lalu tutup rice cooker selama 1 menit. Tuangkan 1 sendok teh bubuk bawang putih, sedikit bubuk lada, aduk sebentar lalu taburkan garam secukupnya dan aduk kembali. Tutup rice cooker tapi jangan terlalu lama, dan terakhir ruangkan kecap manis satu sendok makan dan aduk rata.

Spaghetti Bolognesse

https://www.ladies.id/sahur-mudah-cuma…akai-rice-cooker/

Merasakan cita rasa berbeda untuk sahur mudah cuman pakai rice cooker? Kamu bisa membuat spagheti bolognesse sendiri, apalagi saat ini sudah ada saus bolognese yang mudah diolah jadi kamu bisa buat sendiri karena cukup instan. Kamu bisa menambahkan tambahan tambahan sosis atau tambahan kornet juga kamu mau. Walaupun saus bolognesenya instan, ada baiknya kamu tetap memprosesnya dengan cara di tumis singkat dengan mentega agar terasa lebigh fresh. Cara membuat sahur mudah cuman pakai rice cooker untuk menu spaghetti bolognesse adalah, rebus pasta spaghetti sampai al dente dengan menggunakan rice cooker, tiriskan dan sisihkan jangan lupa diberi 1 sendok teh minyak goreng atau minyak sayur agar tidak lengket.  Setelah selesai merebus pasta, lelehkan 1 sendok makan mentega dan tambahkan potongan sosis jika kamu suka lalu aduk-aduk sampai cukup matang. Setelah itu, tuangkan saus bolognesse instan dan aduk kurang lebih dua menit saja. Mudah, kan? hehehe

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply