Tips & Tricks, Travel

Apa Itu Bagasi Kabin dan Bagasi Tercatat?

Sering naik pesawat untuk jalan-jalan? Atau naik pesawat untuk pulang ke kampung halaman? Nah, udah tahu belum kalau bawa barang-barang bawaan di pesawat jelas ada regulasinya? Supaya makin tahu dan bisa bedain apa itu bagasi kabin dan bagasi tercatat, yuk simak artikel sederhana berikut ini supaya jalan-jalan kamu makin seru, aman, dan nyaman.
https://www.ladies.id/apa-itu-bagasi-k…-bagasi-tercatat/

Sering menaiki moda transportasi udara yaitu pesawat terbang? Nah, bawa barang bawaan di pesawat ternyata jelas ada regulasinya, nih. Regulasinya ini karena pesawat memiliki bagasi universal dan general yang digunakan oleh banyak penumpang dalam satu kali penerbangan. Untuk menjaga agar barang bawaan penumpangnya tetap aman sampai tujuan, setiap maskapai penerbagan pasti akan menetapkan peraturan tersendiri untuk merk maskapainya. Dalam hal ini artinya, tiap maskapai memiliki kewenangan untuk mengenakan biaya tambahan dan membatasi bobot bawaan penumpang yang dimasukan ke dalam bagasi tercatat. Untuk bagasi kabin, tidak dikenakan biaya tambahan, namun ada ketetapannya tersendiri untuk penumpang boleh membawa barang dalam bagasi kabin.

Nah, untuk mempermudah pemahaman mengenai perbagasian penerbangan, berikut ini penjelasan yang berhasil dirangkum dari laman media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Perbedaan bagai kabin dan bagasi tercatat

Bagasi kabin

https://www.ladies.id/apa-itu-bagasi-k…-bagasi-tercatat/
Image : own create

Bagasi kabin terletak dibagian atas seat atau kursi penumpang. Bawaan bagasi kabin dibawa oleh penumpang pesawat dan berada dalam pengawasan serta tangggung jawab penuh penumpang sendiri. Berat maksimalnya adalah 7 kg dengan dimensi maksimal 58 x 46 x 23 cm.

Bagasi tercatat

https://www.ladies.id/apa-itu-bagasi-k…-bagasi-tercatat/
image: own create

Bagasi tercatat merupakan bagian bagasi yang diserahkan penumpang untuk dimasukan dalam bagasi pesawat yang terletak dibagian bawah pesawat. Bagasi tercatat ini biasanya diserahkan dengan pencatatatan pada proses check-in sebelum boarding. Pada penyimpanan bagaso tercatat, disarankan penumpang tidak menyimpan barang berharga dan barang elektronik di dalamnya. Bila tidak bisa dibawa kedalam bagasi kabin dan dalam pengawasan penumpang langsung, barang-barang berharga ini wajib dilaporkan kepada petugas saat check-in. Untuk ketentuan berat maksimal dari bagasi tercatat, masing-masing maskapai biasanya memiliki regulasi dan standarisasi yang berbeda sesuai dengan ketetapan masing-masing maskapai. Jadi, untuk bagasi tercatat bisa saja dikenakan biaya tambahan apabila sudah melewati batas bobot maksimal regulasi perbagasian maskapai penerbangan.

 

Nah, saran untuk kamu yang sering kali menitipkan barang dengan bagasi tercatat adalah, usahakan barang bawaan kamu dalam kondisi packing yang sangat baik dan aman kalaupun perlu kamu bisa menggunakan plastic wrap yang ditawarkan di bandara.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply