Beauty & Health, Ladies' Health

Apa Sih Diet Mayo dan Keuntungannya Melakukan Diet Ini?

diet mayo

Mungkin kamu sudah pernah dengar tentang diet mayo. Atau kamu saat ini sedang menjalankannya? Banyak yang mengatakan bahwa diet yang mengandalkan makanan tanpa garam ini mampu menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam dua minggu. Kamu tertarik? Sebelum kamu menjalaninya, tentu kamu perlu tahu apa sih diet mayo dan keuntungannya melakukan diet ini?

Apa Sih Diet Mayo dan Keuntungannya Melakukan Diet Ini?

Diet mayo merupakan salah satu jenis diet yang sudah lama beredar. Dimana jenis diet ini membatasi para pelakunya untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Mereka yang sedang menjalani diet mayo ini harus disiplin untuk mematuhi aturan dan larangannya yang dilakukan selama 13 hari. Diet mayo efektif mampu menurunkan berat badan hingga 7 kg selama siklus dua minggu tersebut.

Banyak sekali katering-katering yang menyediakan menu 13 hari diet mayo. Bila kamu perhatikan jenis menu yang disajikan makanannya diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Tidak ada nasi, menunya didominasi oleh sayur dan protein. Dan tidak lupa makanan tersebut diolah tanpa menggunakan garam.

Diet mayo oleh para ahli disebut dengan fad diet. Fad diet itu berarti belum dapat dibuktikan manfaatnya bagi kesehatan dan juga belum diketahui pula efek sampingnya untuk jangka panjang. Diet ini juga tidak berkaitan dengan diet clinic. Klaim yang diungkapkan mengenai penurunan berat badan dengan cepat ini dikarenakan berkurangnya secara drastis asupan karbohidrat dalam tubuh.

Mengapa Berat Badan Bisa Turun Drastis dengan Menjalani Diet Mayo?

Karbohidrat sebagai sumber energi utama, di dalam tubuh akan disimpan dan bentuk glikogen yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar aktivitas kamu. Saat cadangan glikogen habis maka tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Baca juga  Tips Melentikan Bulu Mata Secara Alami

Namun, ketika tubuhmu belum mendapatkan karbohidrat maka lama kelamaan protein akan dipecah sebagai sumber energi. Karena di dalam tubuh tidak menyimpan protein seperti menyimpan karbohidrat, maka tubuh akan kekurangan protein. Dan asam amino tidak mampu digunakan lagi untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Tanda yang terlihat pada tubuh kamu saat kekurangan protein adalah menurunnya massa otot yang menyebabkan tubuhmu akan terlihat kurus.

Apa Akibatnya JIka Membatasi Asupan Garam?

Diet mayo yang membatasi konsumsi garam juga efektif menurunkan berat badan secara drastis. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena garam sifatnya mengikat air di dalam tubuh. Bila kamu mengenai istilah bloating atau tubuh membengkak, maka garam yang menjadi penyebab bloating tersebut. Atau saat kamu kehausan setelah mengonsumsi makanan asin, maka sifat mengikat air pada garam itulah yang sedang terjadi pada tubuhmu.

Kekurangan Diet Mayo tanpa Konsumsi Garam

Efek yang terjadi bila kamu menjalani diet mayo adalah efek yoyo. Ketika siklus 13 hari diet mayo yang kamu jalani usai, maka kamu akan kembali lagi pada pola makan  yang lama. Dan dengan begitu akan terjadi kembali kenaikan berat badan. Karena diet mayo ini tujuannya hanya membatasi kalorimu tanpa melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan. Maka, saat kamu selesai menjalani diet mayo maka kamu akan kembali pada pola makan seperti sebelum menjalani diet. Dan berat badanmu akan kembali lagi seperti semula secara perlahan-lahan.

Dengan menjalani diet mayo ini, untuk jangka waktu yang lama tidak disarankan. Karena hanya bersifat membatasi jenis zat gizi tertentu dan kalori yang sedikir maka akan menyebabkan kamu rentan mengalami kurang gizi.

Baca juga  Ingin Rambut Kamu Cantik? Konsumsi Yang Satu Ini!

 

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply