Beauty & Health, Ladies' Health

Yuk, Kurangi Merokok Agar Terhindar dari Penyakit-Penyakit Ini!

Berbicara tentang merokok, hampir semua orang pasti mengetahui bahwa kegiatan tersebut membawa banyak efek buruk bagi kesehatan. Namun, tetap saja banyak orang yang tetap merokok walaupun sudah paham bahaya yang mengintainya. Bahkan, dilansir dari DetikHealth.com, ketua badan khusus pengendalian tembakau Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKM) mengatakan bahwa jumlah perokok pemula dalam satu decade terakhir meningkat hingga 240%. Tentunya angka ini sangat mengkhawatirkan apabila terus meningkat. Yuk kenali penyakit-penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan dari merokok:

Penyakit Paru-Paru

Dengan menjadi perokok, seseorang akan dihadapkan dengan berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang salah satu organ vital manusia, yakni paru-paru. Terdapat banyak sekali gangguan paru-paru yang mengintai seperti bronkitis dan kanker paru-paru.

 

Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit akibat rokok yang sangat sering menyerang penggunanya. Bagaimana tidak, penyakit kanker ini dapat menyerang berbagai organ penting tubuh manusia, seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker serviks, kanker testis, dll

 

Penyakit Lambung

Kandungan nikotin pada rokok dapat membawa efek yang sangat buruk, tak terkecuali pada lambung. Selain itu, seseorang yang terlalu sering merokok dapat meningkatkan produksi asam lambung  yang lebih banyak.

 

Penyakit Jantung

Merokok membawa segudang penyakit yang dapat menyerang kesehatan jantung sang perokok. Penyakit yang dapat ditimbulkan yakni seperti stroke, penyakit jantung koroner, gagal jantung, dll. Dilansir dari Sehatq, seseorang yang merokok kurang dari 5 batang per hari pun dapat memiliki tanda-tanda awal penyakit pembuluh darah.

 

Diabetes

Ya, merokok dapat membuat perokok dihadapkan dengan bahaya penyakit diabetes, loh! Faktanya, seseorang akan berpotensi 30-40% lebih tinggi daripada mereka yang tidak merokok, karena rokok menyebabkan resistensi insulin meningkat dengan pesat dan menyebabkan penyakit diabetes sulit dihindari.

Baca juga  Jangan Sembarangan, Baca 5 Tips Merawat Kuku Bagi Para Wanita atau Kuku Bisa Rusak

 

Itulah beberapa penyakit yang dapat timbul dari kebiasaan merokok. Mulai sekarang, mari mulai stop kebiasaan merokok dan jalani hidup gaya hidup yang sehat, dan hubungi dokter terdekat apabila mengalami keluhan-keluhan penyakit akibat rokok.

Previous Article

Leave a Reply