Hangout Places, Inspiration, Lifestyle

Minat Sama yang Cantik? Pulau Gili Ketapang Siap Suguhkan yang Cantik dan Anti Bosan

Banyak orang atau traveler yang beranggapan dan pastinya paham bahwa Pulau Gili adanya di Lombok. Bener sih dan memang banyak destinasi wisata di sana. Tapi, apakah kamu pernah dengar mengenai Pulau Gili Ketapang? Pulau yang secara administratif masih masuk ke Kabupaten Probolinggo ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara pulau Jawa dan Madura. Dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, jaraknya 5 mil di tengah laut. Mitos masyarakat yang mengatakan bahwa pulau tersebut bergerak sendiri ke tengah laut menjadi sebuah cerita yang melatar belakangi menariknya pulau ini untuk dikunjungi, karena pada mulanya, tentu saja pulau ini berlokasi di satu wilayah yang sama dengan daratan yang ada di Desa Ketapang. Setelah peristiwa meletusnya Gunung Semeru, daratan yang ada di Desa Ketapang terbelah dan terpisah, salah satu daratan yang terpisah membentuk pulau kecil, salah satunya Pulau Gili Ketapang. Setelah terpisah dari daratan yang sama, pada mulanya pulau itu memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari daratan Desa Ketapang. Namun semakin lama pulau tersebut bergerak sejauh 5 mil. Di pulau seluas 68 hektar tersebut dihuni sekitar 7.900 jiwa yang kebanyakan merupakan suku Madura. Jadi bahasa Madura menjadi bahasa sehari-hari di sana.

doc.special

Pulau yang tepat berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur ini memiliki rute penyebrangan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga. Durasi yang dibutuhkan untuk penyebrangan ini kurang lebih satu jam. Lokasinya yang cukup terpencil dan sedikit butuh perjuangan untuk sampai di sana membuat belum banyak sekali wisatawan atau orang luar daerah mengunjungi pulai kecil nan cantik ini. Pulau dengan ombak yang tenang dan dilengkapi hamparan pasir putih yang membentang luas ini juga dihias dengan luasnya bentangan air laut yang nampak biru dan jernih. Di tambah lagi, warga setempat yang sangat ramah membuat pulau ini terasa nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi.

doc.special

Walaupun kondisi keasriannya masih terjaga, namun masalah klasik akan suatu tempat wisata agaknya masih perlu perhatian. Karenanya jangan kaget apabila menemukan beberapa titik pinggir pantai yang di penuhi oleh sampah dan banyaknya kambing peliharaan warga yang berkeliaran secara bebas. Kemungkinan besar menurut warga setempat, kondisi ini memang terjadi karena merupakan kebiasaan dan kurangnya kesadaran masyarakat setempat di wilayang Desa Ketapang.

google image

 

Nah, walaupun dengan kondisi yang seperti itu. Kamu tetap bisa melakukan perjalanan kesana karena untuk wilayah air dan laut cukup boleh diacungi jempol mengenai kebersihannya. Air laut masih sangat biru dan tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling dan berenang. Lebih spesialnya lagi, di sini juga kamu bisa bertamu ke rumah ikan Nemo karena banyak sekali terdapat anemon laut. Tuh kan, menarik banget ya.

Tetap menjadi wisatawan yang tertib dan cerdas untuk menjaga kebersihan lingkungan yaa, kamu bisa lho jadi contoh buat warga sekitar bahwa lingkungan yang bersih itu nyaman untuk ditempati. Enggak kalah dong dari gili-gili lainnya.

 

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply