Food, Ladies' Health, Tips

Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi Udang

Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi Udang

Cara Mengatasi Alergi Udang

Ladies kuliner seafood memang beragam dan tidak ada habisnya untuk dijajal. Namun bagaimana cara menikmatinya apabila kita mengidap suatu alergi terhadap salah satu jenis olahan seafood. Yang paling menjadi momok dan sangat umum terjadi adalah mereka yang tidak bisa makan udang alias alergi udang, padahal untuk beberapa sajian yang menggunakan udang rasanya pasti lezat ya. Nah, penderita alergi udang harus menjauhi olahan laut yang satu ini kalau tidak ingin terjadi sesuatu pada diri mereka, tapi kasihan juga khan kalau penasaran sama rasanya.

Sebelum kita lanjut membahas mengenai bagaimana cara mengatasi alergi udang, mari kita simak terlebih dahulu kenapa pada satu kondisi, seseorang harus pantang makan udang karena dia mengidap alergi udang. Yuk simak!

Seorang praktisi kesehatan yang juga menjabat sebagai direktur medis Mayo Clinic Organization, Sandhya Pruthi, MD, menjelaskan saat terjadi alergi sistem kekebalan tubuh sebenarnya mengeluarkan reaksi yang berlebihan.

Dari yang mulanya makanan tersebut secara alamiah tidak berbahaya, lalu berbalik menjadi asupan yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan karena reaksi tubuh. Dr. Sandhya mengungkapkan inti dari permasalahan yang menyebabkan terjadinya alergi udang maupun makanan laut lainnya terletak pada protein. Tubuh mengira protein yang ada dalam udang adalah zat yang berbahaya sehingga langsung memproduksi antibodi sebagai reaksi penolakan.  Reaksi penolakan tubuh ini disertai dengan pelepasan histamin dan bahan kimia organik alami dalam hormon lain yang menyebabkan munculnya gejala alergi. Lebih lanjut dirinya mengungkapkan bahwa, kondisi imunitas dan antibodi masing-masing orang berbeda sehingga diagnosis alergi udang pada masing-masing orang pun berbeda dan tidak bisa dispesifikasi. Setiap orang akan menunjukan reaksi alergi yang berbeda-beda, beberapa baru menunjukkan reaksi alergi setelah beberapa saat memakan udang, namun ada pula  sebagian yang lain langsung menunjukkan reaksi alergi hanya dengan melihat maupun mencium baunya. Peredaran antibodi dan histamin tentunya ditransportasikan oleh darah yang mendominasi tubuh manusia, maka orang dengan sistem kekebalan tubuh tertentu bisa saja mengalami alergi sangat cepat atau bertahap.

Cara Mengatasi Alergi Udang

Nah, jika kamu salah satu pengidap alergi udang, sampai bikin kamu harus sangat berpantang dengan udang karena alergi tersebut, sebenarnya kamu bisa melakukan pencegahan sebelum mengkonsumsi udang atau melakukan pengobatan sebagai cara mengatasi alergi udang.

  1. Cara mengatasi alergi udang – minum antihistamin

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangCara mengatasi alergi udang sampai penasaran banget gimana rasanya makan udang salah satunya adalah mengkonsumsi antihistamin. Ini merupakan cara paling mudah untuk mengatasi alergi yang timbul setelah atau bahkan sebelum makan udang sebagai pencegahan. Antihistamin yang banyak beredar di apotek memang beragam dan harganyapun cukup terjangkau, namun ada baiknya gunakan antihistamin yang biasa dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

  2. Cara mengatasi alergi udang – mengenali jenis udang

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangNah mungkin kamu termasuk orang yang mengalami alergi udang jenis tertentu atau tidak seluruh jenis udang memberikan efek alergi pada tubuh. Maka ada baiknya kamu mengenali jenis udang yang paling sering atau yang paling mudah memunculkan efek alergi pada tubuh. Beberapa orang di Asia banyak yang mengkonsumsi udang berwarna sedikit oranye, jika mungkin udang jenis itu membuatmu lebih mudah terserang alergi, mungkin kamu bisa saja lebih cocok dengan udang jenis lain atau udang putih.

  3. Cara mengatasi alergi udang – kombinasi

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangCara mengatasi alergi udang selanjutnya adalah dengan melakukan kombinasi. Jika kamu ingin makan udang cobalah untuk mengkonsumsi panganan atau jenis kudapan yang menggabungkan daging udang dengan daging olahan lain yang lebih dominan. Misalkan, siomay udang yang lebih didominasi dengan ayam sebagai bahan bakunya dan usahakan memiliki perbandingan yang jauh. Misalkan udang : ayam dengan perbandingan 1:6.

  4. Cara mengatasi alergi udang – diolah dengan lemon

    Cara Mengatasi Alergi Udang Agar Tetap Ingin Mencicipi UdangVitamin C memang merupakan vitamin yang multifungsi. Cara mengatasi alergi udang berikutnya adalah dengan merendam atau menggabungkan air lemon dengan udang. Vitamin C pada lemon dapat membantu mengurangi kadar protein dominan pada udang yang akan menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Kamu hanya perlu merendam udang dalam larutan air lemon, atau mengolahnya bersamaan.

  5. Cara mengatasi alergi udang – laser darah

    Ini merupakan cara mengatasi alergi udang terakhir yang dipercaya benar-benar mampu mengatasi alergi udang secara total. Laser darah memang merupakan metode kesehatan satu-satunya bagi seseorang yang benar-benar ingin bersih dari alergi udang. Metode ini memang sudah cukup lama disadari oleh masyarakat, namun karena biayanya yang masih terbilang cukup tinggi serta beberapa orang meragukan efek yang akan terjadi dari metode laser maka tidak semua orang memilih untuk cara mengatasi alergi udang dengan metode laser darah ini.

 

Rangkaian penjelasan di atas merupakan cara mengatasi alergi udang yang cukup mudah dilakukan, biar bagaimanapun dalam mengolah kudapan dengan segala bahan makanan wajib dicuci sampai bersih agar aman dikonsumsi.

 

Previous Article

Leave a Reply