Travel, Travel Ideas, Travel News

Hidden Paradise in Sukabumi

Ladies tau ga, kalau ada tempat di Indonesia yang baru aja diresmikan oleh UNESCO sebagai Geopark dunia?

Pasti masih banyak yang belum tau. Tempat yang baru diresmikan oleh UNESCO ini ga jauh loh dari Jakarta, karena letaknya masih berada di Sukabumi, Jawa Barat yaitu di Ujung Genteng.

Alasan UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai Geopark dunia sendiri karena bebatuan yang ada dari Ujung Genteng hingga Pelabuhan Ratu merupakan bebatuan yang sangat unik dan langka. Dan hebatnya lagi Ujung Genteng merupakan satu-satunya geopark di Indonesia yang bukan merupakan gunung.

 

Bagi Ladies yang ingin tahu mengenai Ujung Genteng atau Geopark Ciletuh secara keseluruhan, berikut 5 tempat yang wajib banget dikunjungi kalo Ladies ke Ujung Genteng:

1. Pantai Pasir Putih yang terbentang di sepanjang Ujung Genteng hingga Ciletuh

(Sumber: https://www.westjavainc.org/tourism/pantai-ujung-genteng-sukabumi/)

Di kawasan Geopark Ciletuh ini terdapat 11 pantai yang terbentang dari Ujung Genteng hingga Pelabuhan Ratu dan hamper seluruhnya memiliki pasir yang berwarna putih. Beberapa Pantai yang terkenal adalah Pantai Cibuaya, Pantai Aquarium, Pantai Ombak Tujuh, Pantai Ciletuh, dan masih banyak lagi. Pantai Aquarium merupakan pantai yang terkenal untuk surfing karena ombaknya yang cukup tinggi.

 

2. Curug yang tersebar di Geopark Ciletuh

(Curug Cikaso, sumber: https://phinemo.com/5-aktivitas-seru-yang-bisa-dilakukan-di-geopark-ciletuh/)

Terdapat 9 Curug yang tersebar di kawasan Geopark, bagi Ladies yang suka banget sama air terjun dan berenang di air terjun di sini oke banget untuk Curug Hopping karena jarak yang tidak terlalu jauh antar Curug.

 

3. Bermain River Sport di Leuwin Kenit

(Credit to: Rudy Tuahunse)

Selain Curug kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah melakukan river tubing di Leuwi Kenit. Keunikan Leuwi Kenit sendiri berada pada dinding yang mengapit sungainya. Dinding-dinding ini tertata rapi secara alami dan memiliki pola seperti ukiran huruf-huruf, dan oleh warga setempat dipercayai membentuk huruf sansekerta.

 

4. Konservasi Penyu Hijau

(Sumber: https://indonesiatourismguide.wordpress.com/2013/01/20/paket-gathering-ujung-genteng/)

Ladies tau kan kalau penyu hijau merupakan salah satu hewan yang hamper di dunia ini, sehingga menjadi hewan yang sangat dilindungi. Nah di Ujung Genteng, terdapat Konservasi Penyu Hijau, dimana kita juga bisa berkontribusi dalam pelestarian penyu hijau dengan membantu melepaskan penyu hijau ke habitatnya pada sore hari. Selain itu, kalau Ladies beruntung pada malam hari juga bisa melihat penyu yang bertelur. Fyi, Ladies tau ga sih? Kalau penyu yang dilepaskan di suatu daerah setelah kurang lebih 25 tahun akan kembali ke daerah asalnya untuk bertelur.

 

5. Hotel Unik di Ujung Genteng

(Credit to: Rudy Tuahunse)

Di tengah budaya Sunda yang sangat kental terdapat hotel yang sangat unik dengan nuansa Jawa yang membuat hotel ini berbeda dengan hotel-hotel di sekitarnya. Ocean View Ujung Genteng merupakan cottage yang berbentuk rumah Jawa Limasan dan terdapat juga Restoran yang berbentuk Joglo. Hotel ini juga sering loh dijadikan penginapan bagi para pejabat negara seperti Menteri BUMN, Gubernur serta Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati, dan masih banyak lagi. Bagi Ladies yang ingin berkunjung ke Ujung Genteng maupun Geopark Ciletuh sangat disarankan banget nih oleh UNESCO dan juga pemerintah untuk menginap di daerah Ujung Genteng, karena sebenarnya penginapan yang berada di Geopark itu ilegal karena merusak bebatuan yang ada disana.

 

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply