Jobs, Ladies Career

Mulai Tentang Keahlian sampai Menyalahkan Komputer, Berikut Ini Hal Fatal yang Sering Terjadi di Tempat Kerja.

Ketika berinteraksi dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja, kamu pasti akan bertemu segelintir orang yang dengan terpaksa atau tidak, sengaja atau tidak, akan melakukan kebohongan-kebohongan kecil. Mulai dari suka membesar-besarkan suatu pencapaian kerja, berpura-pura ada meeting, dan lain-lainnya.

Terkadang melontarkan “White Lie” yang tidak merugikan memang tidak ada salahnya, mungkin karena terpaksa melakukannya, untuk membereskan pekerjaan lain atau keperluan lain dan sebagai usaha untuk menjaga situasi hubungan kerja agar tetap baik dan damai. Namun ada beberapa kebohongan yang bisa dikatakan bukan “White Lie” karena bisa berakibat fatal. Bukan hanya bisa dilacak, tetapi juga akan berakibat pada reputasi pekerja.  Nah, hal ini perlu menjadi perhatian penting ya Ladies.

1.Berbohong soal skill

Keahlian memang menjadi sangat penting, terutama dalam dunia kerja. Bagi yang memiliki keahlian spesifik, tentu saja akan memiliki nilai lebih dan tempat kerja akan membutuhkannya. Namun, tahukah kamu bahwa kebohongan jenis ini seringkali terjadi, pada sesi wawancara kerja dan pengisian CV. Mungkin kamu ingin mendongkrak CV dan ‘menjual diri’ dengan menunjukan bahwa diri kamu kompeten dan layak untuk diterima bekerja. Namun, hal ini harus dihindari ya ladies, karena ini akan fatal ketika atasan kamu meminta kamu mengerjakan tugas dengan “fake skill” yang sebelumya pernah kamu utarakan.

2.Menyalahkan komputer atau perangkat lain ketika pekerjaan terbengkalai

Kebohongan mengenai perangkat sistem ini juga bisa saja terjadi. Mungkin ada alasan baik di baliknya, mungkin kamu ingin membereskan pekerjaan lain terlebih dahulu dan agar tidak ditugaskan pekerjaan lain jadinya kamu berbohong soal sistem dan komputer yang bermasalah. Hati-hati ya Ladies, karena kebohongan seperti ini mudah dilacak. Ketika kamu mengatakan bahwa komputer dikantor bermasalah, pihak kantor akan segera memeriksanya. Lain hal bila yang kamu gunakan adalah sistem dan perangkat pribadi. Jangan sampai reputasimu turun karena menyalahkan komputer, baiknya kamu jujur bahwa sedang banyak pekerjaan yang kamu kerjakan, dan kamu sedang belum bisa menerima tugas baru lagi.

3.Izin sakit atau harus ke pemakaman

Kebohongan jenis ini, jelas merupakan kebohongan yang “aman”, namun berhati-hatilah jika sering melakukan izin karena sakit tanpa surat dokter. Terlalu sering berkata bahwa kamu sedang sakit, atau mengalami gejala-gelaja sakit ringan lainnya akan membuat atasan ataupun rekan kerjamu curiga. Sama hal nya dengan kebohongan mengenai kematian, bisa membuat kamu “terjebak” terutama bila kamu memalsukan kematian kerabat atau orang terdekat lainnya. Hmm, hindari mengada ngada ya Ladies.

4.Berbohong untuk bergosip

Nampaknya gossip memang sudah menjadi bumbu yang seru dalam setiap keadaan. Terutama di tempat kerja, ketika pekerjaan sendiri sedang hectic. Gosip bisa menjadi perbincangan seru dalam mewarnai dunia pekerjaan. Namun, mengarang cerita atau kebohongan dalam upaya menciptakan gosip jelas sangat tidak baik. Dan akan membuat status sosialmu runtuh seketika, dan tidak akan dipercaya lagi oleh siapapun saat sang korban gossip apapun dan siapapun itu bisa membuktikan kebenarannya. Nah, biasanya wanita suka nih dengan gosip dan rumor, namun jangan sampai mengarang-ngarang cerita yang merugikan orang lain ya.

Previous ArticleNext Article