Beauty & Health, Ladies' Health, Love, Relationship

Pentingnya Menjaga Mental Health Dan Cara Memperbaikinya – Lakukan Mulai Hari Ini!

Mental Health Merupakan Topik Yang Krusial Dan Penting Untuk Lebih Banyak Dibicarakan Saat Ini.

Kesehatan mental mencangkup kesehatan emosional, psikologis, dan social well-being seseorang. Ladies, hal ini penting sekali, loh, karena bagaimana keadaan kesehatan mental kita akan mempengaruhi bagaimana kita berfikir, menangani stress, bersosialisasi, dan menjalankan hidup.

Sebenarnya Apa, sih, Hal Yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental Seseorang?

Ada beberapa faktor, nih, Ladies. Pertama, karena faktor biologis. Yup, kesehatan mental seseorang dapat dipengaruhi oleh gen, atau keturunan. Dengan ini, seseorang yang berasal dari keluarga yang memiliki kesehatan mental tertentu, dapat berpotensi untuk mengalami kesehatan mental tertentu itu pula. Faktor lainnya adalah karena pengalaman hidup yang mungkin pernah dialami oleh seseorang. Hal ini dapat muncul dari trauma yang dimilikinya.

Seberapa Penting, Bagi Kita Untuk Menjaga Kesehatan Mental?

Jawabannya adalah penting dan krusial sekali. Kenapa? Karena kehidupan kita secara keseluruhan sangat amat dipengaruhi oleh kesehatan mental kita, Ladies. Dengan kita menjaga dan memiliki kesehatan mental agar selalu positif, maka kita bisa menjadi the best version of ourselves. Mulai dari menyadari potensi kita dan menyalurkannya ke beragam hal positif, dapat menghadapi stress yang dialami dengan lebih bijak, bekerja lebih positif, dan yang terpenting adalah kita bisa merasa dan hidup dengan lebih bahagia.

Berbagai Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Ada banyak cara seru yang dapat kamu lakukan untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan mental. Berikut dirangkum beberapa tips dari University Health Service, University of Michigan:

1. Mulai Untuk Menghargai Diri Sendiri

Hal ini berhubungan dengan praktik self-love. Kamu harus mulai untuk berbuat baik kepada diri, respect diri kamu, dan penting buat kamu untuk menghindari mengkritik diri sendiri dengan terlalu heavy. Mulai lakukan hal-hal yang dapat membuat jiwa kamu senang dan tenang; misalnya melakukan hobi kamu, memulai hal baru yang belum pernah kamu lakukan, dan melakukan self-reward.

2. Jaga Tubuh Kamu

Dengan menjaga kesehatan fisik, maka kesehatan mental kamu juga dapat improved. Penting bagi kamu untuk menjaga nutrisi makan, menghindari rokok dan alkohol, minum air putih yang cukup, melakukan exercise dan olahraga secara rutin, serta mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Baca juga  Tradisi Unik Pesta Pernikahan Di Berbagai Negara – Mana Yang Paling Kamu Suka?

3. Kelilingi Diri Dengan Orang Terdekat

Kamu harus menyadari peran dari orang-orang positif terdekat yang dapat membantu kamu menjaga dan meningkatkan kesehatan mentalmu, Ladies. Bersosialisasi dengan keluarga dan teman terdekat dapat memperbaiki mood kamu dan membuat kamu merasa lebih bahagia. Hal ini dapat dilakukan pula dengan mencoba ikut komunitas baru untuk bertemu dan menjalin koneksi dengan orang-orang baru yang dapat turut serta mewarnai hari-harimu.

4. Buat Goals Yang Realistis

Penting bagi semua orang untuk memiliki goals atau tujuan hidup yang tinggi. Namun, kamu harus tetap membuat goals yang realistis, ya, Ladies! Tidak ada salahnya membuat goals yang realistis, malah akan menjadi sebuah kepuasan sendiri ketika kamu bisa achieve lebih dari yang telah kamu tentukan. Tulis semua goals kamu, dan tempatkan di tempat yang mudah terjangkau olehmu agar kamu bisa selalu termotivasi ketika melihatnya.

5. Raih Bantuan Tenaga Profesional Ketika Kamu Membutuhkannya

Ingat, mencari bantuan adalah suatu tanda bahwa kamu kuat dan memiliki semangat yang gigih! Ketika kamu merasa kesehatan mentalmu mulai membuatmu terganggu, segera cari bantuan kepada tenaga profesional.

 

Good luck on your positive mental health journey, Ladies. We are all in this together!

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply