Love, Relationship

Tradisi Unik Pesta Pernikahan Di Berbagai Negara – Mana Yang Paling Kamu Suka?

Dimana pun itu, pesta pernikahan pasti menjadi momen paling ditunggu oleh pasangan yang telah menjalin hubungan serius.

Selain sebagai perayaan momen bahagia yang ingin dikenang bagi pasangan yang menikah, acara ini juga dijadikan sebagai ajang untuk mengakrabkan kedua belah pihak keluarga dan teman dari pasangan.

Karena berharganya momen ini, banyak negara-negara di dunia yang memiliki tradisinya sendiri untuk merayakan, dan tidak sedikit dari tradisi tersebut yang unik, loh! Menurut kepercayaan negara-negara ini, mereka yang menikah dengan mengikuti tradisi akan menemukan kebahagian sepanjang hidup dengan pasangannya.  Let’s check it out, Ladies!

1. Cina: Tradisi ‘Ganti Baju’ –nya Brides

Pada tradisi di Cina, pengantin perempuan setidaknya akan menggunakan tiga gaun yang berbeda pada pesta pernikahannya. Pertama, pengantin akan menggunakan gaun berwarna merah yang biasa disebut ‘qipao’, lengkap dengan penutup kepala. Warna merah digunakan dengan kepercayaan bahwa warna tersebut mampu membawa keberuntungan dan kemakmuran dalam tradisi Cina. Setelah itu, pengantin perempuan akan berganti ke gaun putih dan pada malamnya akan berganti untuk menggunakan ball gown sebagai penutup pesta pernikahan. Dari ketiganya, gaun mana yang paling ditunggu-tunggu ya, Ladies?

 

2. Jerman: Tradisi Polterabend

Lain hal nya dengan tradisi pernikahan di Jerman. Pada malam sebelum pesta, tamu pernikahan akan melempar porselen ke bawah untuk dipecahkan. Nantinya, pasangan yang baru menikah harus membersihkan pecahan porselen yang ada. Dipercayai dengan adanya tradisi ini dapat menjadi simbol bahwa pasangan yang baru menikah harus bekerja sama dalam menghadapi apapun yang mereka hadapi bersama nantinya, termaksud pada masa-masa kehidupan yang sulit.

 

3. Jepang: Shinto Ceremony

Ada yang unik dari upacara pernikahan ‘Shinto’ di Jepang, yaitu busana yang digunakan oleh pengantin perempuan. Pada upacara pernikahannya, mereka akan menggunakan kimono tradisional Jepang yang sering disebut dengan ‘shiromuku’. Busana kimono ini berwarna serba putih yang menyimbolkan kesakralan dan kemurnian. Anggun banget ya, Ladies!

 

Baca juga  Begini Cara Terbaik untuk Putus dengan Pasangan Menurut Penelitian

4. India: Joota Chupai

Ada yang seru nih dari pernikahan dengan tradisi India. Ternyata, pada tradisi pernikahan mereka yaitu ‘Joota Chupai’, terdapat satu kebiasaan untuk ‘mencuri’ sepatu milik pengantin laki-laki yang biasa disebut dengan ‘joota’. Merupakan tugas dari saudara ataupun teman dari pihak pengantin perempuan untuk mengambil dan menyimpan sepatu milik pengantin laki-laki tersebut di tempat yang tersembunyi. Tapi tidak semudah itu, Ladies! Karena merupakan tugas juga bagi saudara ataupun teman dari pihak pengantin laki-laki untuk ‘menggagalkan’ misi ini dengan membantu pengantin laki-laki mencari sepatunya sehingga pengantin laki-laki dapat pulang dengan menggunakan sepatu nantinya. Kalau berhasil, saudara atau teman dari pihak perempuan akan memperoleh imbalan dalam bentuk sejumlah uang, loh! Tapi, sejatinya ritual ini dilakukan untuk menggambarkan penerimaan dari dan kepada kedua belah keluarga pasangan, serta sebagai bentuk komitmen untuk senantiasa saling berbagi canda tawa bersama selamanya.

 

5. Venezuela: Missing In Action (MIA)

Kamu tau gak, sih, kalau di Venezuela ada tradisi bagi pasangan yang baru menikah untuk ‘sneak away’ tanpa ketahuan ketika resepsi pernikahan mereka? Tapi mereka akan balik sebelum pestanya selesai, kok! Nah bagi tamu yang berhasil menemui mereka ketika mereka pergi, dapat simbol keberuntungan, loh!

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply