Inspiration, Today's Activity

Sadar atau Tidak Beberapa Hal Berikut Ini Punya Makna dalam Peringatan Hari Kemerdekaan

“Tujuh belas agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita.” Penggalan lirik lagu berikut ini tentunya sudah tidak asing lagi buatmu ya, Ladies. Terutama kamu yang adalah warga Negara Indonesia. Hari ini tepat tanggal 17 Agustus, merupakan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia, tidak sedikit hal-hal yang sering kita lihat atau temui sebagai salah satu cara memeriahkan peringatan kemerdekaan ini. Namun sadar atau tidak, bila dipikir lagi beberapa hal yang sering kita temui saat memperingati perayaan kemerdekaan Indonesia sebenarnya ada maknanya. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Upacara bendera

    doc.google

Diantara kamu semua pastinya pernah melaksanakan upacara bendera. Lebih spesialnya lagi dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya upacara dibuat lebih sacral dan lebih lengkap lagi. Misalkan dengan adanya marching band atau petugas pengibar bendera membawa Sang Saka Merah Putih dalam bentuk formasi.

Upacara bendera ini maknanya jelas untuk menghormati  jasa-jasa para pejuang yang telah gugur dalam upaya melepaskan dan membebaskan Negara Indonesia dari penjajahan dan penindasan.

 

  1. Ornamen merah putih
doc.google

Segala rupa ornamen berwarna merah putih dan hiasan yang ikut memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia merupakan gambaran dari sukacita dan kebahagiaan bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang didapatkan. Tanggal tujuh belas agustus juga dinyatakan sebagai hari ulang tahun Negara Republik Indonesia jadi hiasan-hiasan dalam rupa ornamen dengan warna merah putih yang mewakili warna bendera pusaka juga menggambarkan kemeriahan dan dekorasi perayaan pertambahan usia Negara Republik Indonesia.

 

  1. Perlombaan
doc.google

Peringatan kemerdekaan Negara Republik Indonesia setiap tanggal 17 agustus belum terasa lengkap apabila tidak dimeriahkan dengan rangkaian perlombaan yang seringkali diadakan. Perlombaan-perlombaan yang paling terkenal tak lain dan tak bukan tentu saja lomba makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, dan masih banyak lagi. Seiring berkembangnya zaman, perlombaan dalam peringatan perayaan kemerdekaan mulai beragam. Sebenarnya mengapa selalu ada dan selalu dimeriahkan dengan perlombaan? Esesnsinya adalah perjuangan. Dalam lomba tujuh belas agustusan, orang-orang yang menjadi pesertanya pasti akan berjuang untuk memenangkan. Entah berjuang sendiri ataupun berkelompok seperti pada perlombaan panjat pinang atau tarik tambang.

Dimeriahkan dengan perlombaan ini memberikan gambaran perjuangan yang dilakukan para pejuang untuk memenangkan kemerdekaan.

 

  1. Pawai baju daerah
doc.google

Baik para remaja, dewasa, maupun anak-anak kamu mungkin sering melihat banyak pawai atau karnaval dengan menggunakan pakaian khas atau menggunakan pakaian-pakaian tradisional dari daerah masing-masing. Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulangtahun Negara Republik Indonesia, pawai ini sebenarnya bisa memiliki arti mengenai keberagaman di Negara Indonesia ini yang dipersatukan dan bersama-sama merasakan kemerdekaan. Kamu pasti paham bahwa para pahlawan yang berjuang memerdekakan Negara ini tidak hanya berasal dari satu daerah di Indonesia saja. Namun dari banyak daerah bahkan seluruh penjuru Nusantara.

Wah memang perayaan kemerdekaan Indonesia itu selalu meriah ya, sama seperti seseorang yang juga merayakan hari jadinya setiap tahun. Nah, perlombaan-pelombaan yang setiap kali diadakan selama peringatan dirgahayu Republik Indonesia ini juga sebenarnya tidak hanya memeriahkan atau turut meramaikan saja, namun ada makna tentang perjuangan dibaliknya. Sekali lagi Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 73 tahun, damai, maju, dan berkembang dengan positif. Merdeka.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply