Beauty & Health, Ladies' Health, Tips

Agar Puasa Tetap Segar Meski #DiRumahAja

Selama bulan suci Ramadhan, semua umat muslim di dunia diwajibkan berpuasa dengan tidak makan dan minum setiap harinya sejak fajar terbit sampai fajar tenggelam. Selain sebagai salah satu bentuk ibadah umat Islam, puasa ternyata juga dapat membawa banyak manfaat kesehatan bagi orang yang menjalankannya, loh, Ladies.

Namun, terdapat hal yang berbeda dari bulan puasa tahun ini apabila dibandingkan dengan bulan puasa di tahun-tahun sebelumnya. Ya, di seluruh belahan dunia saat ini sedang berjuang untuk menghadapi pandemik COVID-19. Nyatanya, pandemik ini sudah mulai muncul di Indonesia sejak akhir bulan Februari 2020. Pemerintah pun telah mengeluarkan berbagai himbauan dan peraturan untuk menghentikan penyebaran virus yang dapat menular dari cairan tubuh ini, salah satunya dengan menghimbau masyarakat Indonesia untuk #DiRumahAja.

Lalu, bagaimana, ya, menjaga semangat puasa kita ketika kita diharuskan untuk #DiRumahAja?  Yuk, diikuti kebiasaan-kebiasaan berikut!

 

Kebiasaan Pada Saat Sahur

Harus Sahur!

Pertama-tama, Ladies harus tetap sahur, ya! Sahur itu penting sekali sebagai momen kita mempersiapkan tubuh untuk menjalani puasa beberapa waktu setelahnya. Untuk memastikan kamu dapat bangun pagi, jangan tidur terlalu larut, dan jangan lupa menyalakan alarm pada jam yang tidak terlalu mepet dengan jam Imsak agar kamu dapat menikmati menu sahurmu dengan nyaman.

Pilih Makanan Yang Bergizi.

Untuk menjalani hari yang panjang dengan berpuasa, kamu tentunya butuh asupan yang bergizi ketika sahur. Pastikan menu sahurmu lengkap karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dengan seperti itu, kamu akan dapat menjalani hari dengan lebih bersemangat, produktif, dan tidak lemas.

Makan Makanan Yang Berserat.

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi akan membuat kamu kenyang semakin lama, karena akan dicerna perlahan oleh tubuh. Makanan berserat tinggi dapat kamu temukan pada berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran. Jadi, perbanyak konsumsi  buah dan sayur, ya, Ladies!

Baca juga  Ladies, Mau Tampil Beda Di Instagram? Yuk Cek Aplikasi Edit Foto Ini

 

 

Kebiasaan Ketika Berpuasa

Tetap Gunakan Waktu Istirahat Pada Jam Kerja Anda.

Ketika kamu menjalani Work From Home, jangan lupa untuk tetap gunakan waktu istirahat siang kamu ya, Ladies. Alih-alih makan siang, kamu dapat melakukan kegiatan-kegiatan lain yang dapat membuat dirimu tetap senang dan bersemangat, seperti bercengkrama dengan keluarga, menonton satu episode series kesukaanmu, atau sekedar melakukan me-time sesuai kesukaanmu. Dengan ini, kamu dapat kembali kerja dengan pikiran yang jernih.

Olahraga Menjelang Berbuka.

Olahraga 5 – 10 menit menjelang jam berbuka puasa sangat recommended, loh! Selain sebagai salah satu bentuk self-care yang dapat kita lakukan di rumah, olahraga juga dapat dijadikan salah satu bentuk distraksi dari pekerjaan yang yang telah seharian penuh kamu lakukan. Olahraganya pun tidak perlu berat-berat, kok. Yang terpenting adalah untuk membuat tubuh kita bergerak dan lebih rileks setelah seharian menatap layar laptop.

Belajar Resep Baru.

Kamu juga bisa belajar resep-resep baru untuk buka puasa nantinya, nih, Ladies! Kini, sudah banyak sekali resep-resep yang tersedia di internet, seperti di Pinterest, YouTube, Blog, atau pun sosial media lainnya. Selain berbuka dengan ide menu baru, kamu juga dapat meningkatkan skill masak kamu selama #DirumahAja.

 

Kebiasaan Pada Saat Berbuka

Jangan Makan Berlebihan Dan Terburu-Buru Ketika Buka Puasa.

Ketika berbuka, jangan makan berlebihan dan terburu-buru, ya, Ladies. Biarkan tubuh dan pencernaanmu beradaptasi dengan adanya makanan yang masuk setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Makan dan minumlah secukupnya dan sewajarnya.

Perbanyak Minum Air Putih.

Ini merupakan poin yang penting. Jangan lupa untuk minum air putih, ya! Ingat, bahwa kebutuhan air di dalam tubuh kita setidaknya 8 gelas per hari agar kamu tetap sehat dan terhidrasi. Minum air putih ini tidak harus sekaligus juga, kok. Yang terpenting, sampai pada saat kamu ingin tidur, pastikan kebutuhan air putih di tubuhmu tercukupi.

Baca juga  Tanda-Tanda Kamu Sudah Tidak Sehat, Karena Sosial Media

Bukber Virtual Dengan Keluarga Dan Teman-Teman Terdekat.

Karena sedang #DirumahAja, kamu bisa nih memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman terdekat untuk bukber virtual melalui beragam aplikasi video conferencing yang kini berjamur. Dengan begitu, kamu akan tetap merasa dekat dengan mereka walaupun #DirumahAja.

 

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply