Jobs, Tips

Beberapa Cara Untuk Menghindari Stress di Tempat Kerja

Bekerja merupakan aktivitas yang tentunya akan selalu dilakukan sebagai upaya untuk bertahan hidup. Orang melaksanakan produktifitasnya dengan bekerja dan hal ini menjadi rutinitas yang bersifat random. Mengapa? Karena banyak hal yang tidak terprediksi bisa terjadi di tempat kerja.

Banyak yang menganggap bahwa tempat kerja merupakan rumah kedua, karena seseorang hanya akan berpindah dari tempat tinggal ke tempat kerja. Namun, tak jarang tekanan pekerjaan tentunya membuat seseorang menjadi stress dan tak jarang beberapa dari mereka memilih untuk mengabaikan pekerjaan tersebut karena terlalu menekan. Hal ini salah ya, Ladies. Karena biar bagaimanapun pekerjaan harus diselesaikan. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa membantumu terhindar dari tekanan atau rasa stress di tempat kerja.

Melengkapi keperluan pribadi

Mengingat tempat kerjamu merupakan area yang akan kamu tempati selama bekerja, agar tidak terhindar dari stress baiknya kamu melengkapi keperluan yang biasanya akan sangat kamu perlukan selama menjalankan aktivitas. Melengkapi segala keperluanmu di area kerja dapat menghindarkan kamu dari stress karena kamu akan merasa tidak kekurangan pendukung kerja. Lengkapi kebutuhan alat tulismu sendiri, atau mungkin siapkan sendiri charger gadgetmu khusus di tempat kerja agar tidak perlu repot membawa-bawanya lagi atau malah bikin kamu pusing karena tertinggal.

Hias meja kerjamu

Mendekorasi meja kerja cukup membantu kamu untuk terhindar dari tekanan atau stress. Buat senyaman mungkin area kerja kamu agar kamu merasa bahwa kamu benar-benar ada di “tempat” mu. Namun, jangan menghias meja kerjamu terlalu berlebihan atau malah akan menimbulkan kesan berantakan. Makin bikin kamu enggak mood buat kerja. Dari sudut pandang psikologi ruang, meja kerja yang memiliki tanaman kecil nyatanya dapat membantu meringankan rasa stres. Apalagi jika lokasi kantormu berada di area kota besar, saat perjalanannya aja udah berjumpa dengan begitu banyak polusi. Kayaknya kamu memang perlu yang hijau-hijau untuk dipandang.

Baca juga  Ladies, Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Yang Ampuh!

Siapkan “atribut perang”

Kamu butuh musik agar bisa fokus? Siapkan earphone. Kamu butuh kudapan untuk bisa bekerja tanpa membiarkan perut kosong? Siapkan snack atau cemilan. Kamu butuh segelas kopi untuk membantumu agar tetap fokus? Siapkan persediaannya. Nah apalagi atribut perang yang kamu butuhkan? Nah, membuat diri kamu siap menghadapi segala pekerjaan yang “tiba-tiba” hadir memang dibutuhkan kesediaan diri yang ekstra. Jangan lupa siapkan atribut perang ini dan buat dirimu senyaman mungkin bekerja.

15 menit emas

Dalam hidup manusia memang membutuhkan waktu jeda, begitu pula dengan aktivitas kamu di tempat kerja. Perlu kamu ketahui bahwa bekerja penuh di depan layar memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu. Dan untuk menghindari hal tersebut terjadi, baiknya kamu mengambil waktu rehat sejenak selain waktu makan siang. Waktu rehat ini tidak membutuhkan hitungan jam, karena hanya dengan 15 menit saja kamu bisa menyelamatkan diri dari kepenatan dan menghindarkan diri dari stress. Dalam waktu 15 menit tersebut, kamu bisa sejenak meninggalkan tempat dudukmu dan berikan relaksasi pada punggung dan pundakmu yang kaku. Berjalan-jalanlah sejenak atau sembari membuat segelas minuman.

Kunci dalam menghindarkan diri dari stress karena pekerjaan adalah mempersiapkan dan membuat diri senyaman mungkin dalam bekerja. Selain itu, lingkungan dan atmosfer kerja juga nyatanya turut ambil bagian. Jadi jangan sampai kamu salah memilih pekerjaan dan sampai akhirnya kamu merasa bahwa pekerjaan itu tidak cocok denganmu. Beruntungnya di era kejayaan generasi milenials saat ini, banyak sekali tempat kerja yang mulai memperhatikan kesehatan psikis dan mental para pekerjanya. Biasanya di kantor-kantor yang dibentuk dan dibangun oleh para generasi penggebrak ini menyediakan fasilitas yang dapat membuat pekerjanya nyaman dan terhindar dari stress lengkap dengan dekorasi dan interior yang gress banget. Dijamin, kamu akan semakin nyaman bekerja nih, Ladies. Yuk Semangat terus para Ladies, mood dan semangat yang positif akan memberikanmu booster agar terhindar dari stress.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply