Tips

Berbagai Cara untuk Menghilangkan Aroma Tak Sedap Pada Sepatu

Sepatu yang bagus akan membawamu ke tempat yang bagus. Siapa di antara Ladies yang pernah mendengar kalimat mutiara ini?

Memang, sepatu mempunyai fungsi yang sangat penting, tak hanya sebagai pelindung kaki dan alas kaki, sepatu juga merupakan atribut yang menunjang penampilan. Namun, berbagai keadaan memang bisa menyebabkan kondisi sepatu jadi tidak menyenangkan terutama untuk sepatu-sepatu berbahan kain dan tersusun dari material busa. Apalagi kalau sepatu tersebut merupakan jenis sepatu tertutup, wah memang sering banget timbul aroma tidak sedap yang diakibatkan oleh lembaban.

Untuk itu, selain penggunaan kaus kaki yang dianjurkan, berikut ini berbagai cara yang dapat diupayakan untuk merawat kesegaran sepatu dan menghindari ataupun menghilangkan aroma tidak sedap yang timbul.

1. Simpan sepatu pada suhu ruang dan penyegar lemari

Menyimpan sepatu pada suhu ruang, memang sangat dianjurkan. Biarkan sepatu pada suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab. Dengan cara ini, sepatu juga bisa rehat dan bernapas ketika sedang tidak digunakan. Pada area penyimpanan sepatu, bisa juga sertakan bubuk kopi atau penyegar lemari yang disimpan dalam satu wadah lalu diletakan dengan area rak sepatu.

Jangan campur sepatu yang basah dengan sepatu kering di area yang sama, sebisa mungkin bila sepatu dalam keadaan basah, keringkan dahulu di tempat terpisah.

2. Jemur sepatu seminggu dua kali

Walaupun tidak dalam kondisi basah, sepatu-sepatu terutama jenis sepatu running atau kets lebih baik dijemur di bawah panas atau hangatnya sinar matahari. Selain semakin nyaman karena sepatu menjadi kering dan terhindar dari kelembaban, menjemur sepatu ini juga membantu memusnahkan bakteri-bakteri yang menyebabkan sepatu jadi lembab dan bau.

3. Berikan kapur barus atau kamper

Setelah sepatu dalam kondisi kering, kamu bisa menggunakan kamper pakaian yang umum dan mudah ditemukan. Caranya hanya dengan membungkus sebutir atau dua butir kamper pada sehelai tisu ataupun plastik yang sudah di lubangi dengan jarum dan masukan kedalam sepatu lalu biarkan. Namun baru-baru ini ada banyak alat penyimpan kapur barus yang berupa pembungkus kecil dan memang bertujuan untuk digunakan pada sepatu.

4. Baking soda

Selain dengan kamper, kamu juga bisa menggunakan baking soda. Caranya, bungkus 1 sendok teh baking soda pada sebuah kain lalu ikatkan dengan karet dan letakan buntalan baking soda tersebut ke dalam sepatu.

5. Gunakan kantung teh celup

Selain menggunakan kamper dan baking soda, kamu juga bisa nih menggunakan teh celup. Karena teh celup sudah dikemas dalam sebuah kantung saring, kamu hanya dengan mudahnya meletakan si kantung teh tersebut pada sepatu.

6. Bedak Bayi

Banyak juga yang beranggapan bahwa menggunakan bedak bayi, mampu membantu menghilangkan aroma tak sedap pada sepatu. Bisa jadi benar, namun bila kamu menaburkan secara langsung bedak bayi ke sepatu dan mendiamkannya lalu mengenakan keesokan harinya kondisi kaki yang berkeringat dan lembab akan semakin berakumulasi dengan bedak yang kamu taburkan pada sepatu. Baiknya, jika kamu ingin menggunakan bedak bayi, jemur dulu sepatu di bawah terik matahari, lalu taburkan bedak bayi atau bungkus bedak bayi dalam sebuah kertas tisu sama seperti menggunakan baking soda untuk sepatu.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply