Beauty & Wellness

Ini Bahanya Minum Jamu untuk Kesehatan Ginjal, Ladies

Jamu memang dipercaya sebagai salah satu alternatif pengobatan yang memanfaatkan kebaikan dari tumbuh-tumbuhan serta rempah-rempah. Jamu memang merupakan produk yang diolah dari berbagai tanaman dan buah-buah atau biji yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati suatu penyakit. Cara mengolahnya pun lebih sering melalui proses penyeduhan dan jadilah sebuah larutan jamu. Walaupun umum dengan cara demikian, jamu yang dikemas dalam produk berupa pil juga dan jamu yang dikemas dalam bentul pil atau kapsul ini biasanya lebih memudahkan dan praktis untuk di konsumsi karena tidak perlu dilakukan perebusan ataupun penyeduhan.

doc.special

Namun, tahukah kamu kalau mengkonsumsi produk jamu cukup berbahaya bagi kesehatan ginjal? Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai alat filtrasi atau penyaringan. Peran ginjal pada tubuh manusia sejatinya mengeluarkan kelebihan garam, air,  asam,  membuang atau mengatur elektrolit seperti K, Ca, Mg, PO4, dan  sisa metabolisme tubuh. Selain itu, ginjal juga memiliki tugas untuk melakukan sekresi yang menghasilkan EPO sebagai fungsi mengatur Haemoglobin darah (HB). Ginjal juga mengaktivasi vitamin D untuk kesehatan tulang, serta mensekresi renin untuk mengatur tekanan darah. Peran ginjal untuk tubuh manusia ini jelas sangat berpengaruh besar. Kerusakan pada ginjal, biasanya terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya masuknya zat-zat asing atau terlalu banyaknya mineral berat lain yang masuk melalui mulut. Untuk itu menghindari atau membatasi terlalu banyak racun atau mineral berat yang masuk bisa membantu merawat kesehatan ginjal.

Selain asupan dari luar, faktor lain yang berpotensi menjadi penyebab resiko munculnya penyakit Ginjal adalah  tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, penyakit jantung pembuluh darah, dan satu lagi adalah faktor keturunan. Faktor usia dan pengidap autoimun atau lupus, faktor obesitas, infeksi saluran kandung kemih, bahkan sampai kondisi berat badan rendah waktu lahir bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan ginjal.

doc.special

Seperti yang sudah dijelaskan, komposisi dan komponen jamu merupakan gabungan dari beberapa mineral dari berbagai tumbuhan ataupun rempah. Jamu sebagai obat herbal alternatif memang tidak dinyatakan salah, justru cukup baik membantu kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun karena mengandung lebih dari satu komponen mineral yang bahkan pada beberapa jenis olahan jamu tergolong mengandung mineral berat, hal ini yang bisa membahayakan ginjal apalagi bila dikonsumsi berlebihan atau melampaui dosis.

Jadi untuk kamu yang biasa mengkonsumsi jamu kamu bisa meneruskan kebiasaan tersebut. Namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi air mineral yang cukup banyak atau bahkan dalam porsi yang melebihi konsumsi minuman lain. Tujuannya jelas satu yaitu, membantu kinerja ginjal menjalankan fungsinya yaitu melakukan pembersihan untuk sistem sekresi tubuh.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply