Beauty & Wellness

Ladies, Ini Dia Keajaiban Mentimun untuk Kecantikan dan Kesehatan

Siapa yang menyangkal bahwa kesegaran mentimun seringkali digunakan sebagai pelengkap kenikmatan makan. Karena mentimun bisa dikonsumsi dengan sangat mudah bahkan tanpa perlu memasaknya. Selain untuk memanjakan perut, nyatanya mentimun juga sangat ajaib untuk kesehatan dan kecantikan. Sepertinya hal ini sudah tidak asing ya, karena banyak produk dan treatment perawatan khususnya untuk wanita yang memanfaatkan si segar ini. Secara umum pastinya kamu tahu bahwa buah ini cocok digunakan sebagai masker mata dan memberi kesegaran pada area mata terutama saat kondisi mata lelah. Sebelum membahas si mentimun, ada baiknya kenali dulu kandungan yang ada dalam satu buah mentimun. Mentimun sendiri terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, satu cangkir irisan mentimun lengkap dengan kulitnya atau sekitar 119 gram memiliki kandungan 115 gram air, 16 kalori, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

doc.pexels

Nah selain untuk mata, ternyata ketimun juga bermanfaat untuk rambut, kulit, dan juga menjaga kesehatan tubuh. Nah, bagaimana ya itu? Simak ulasan berikut ini.

Perlindungan otak 

doc.special

Di dalam satu buah mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol atau fisetin yang memiliki manfaat luar biasa dalam peningkatan penguatan memori dan melindungi sel-sel saraf. Hal ini memberikan manfaat dari pencegahan menurunnya fungsi otak karena faktor usia. Pada penelitian yang dilakukan kepada seekor tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer dan penurunan daya ingat.

Antioksidan

doc.special

Satu buah mentimun memiliki beberapa senyawa antioksidan, yaitu flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, termasuk juga vitamin C dan beta karoten. Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung. Selain itu antioksidan ini juga membantu meningkatkan daya imunitas pada tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

doc.special

Karena mengandung begitu banyak zat yang tergolong antioksidan, mentimun masuk dalam kategori buah yang bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan dalam satu olahan jus mentimun terdapat zat yang disebut juga kalium seperti pada pisang. Selain itu juga terdapat magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah. Karena sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif dalam rangka menjalankan fungsinya. Fungsinya tak lain dan tak bukan adalah meliputi interaksi zat terhadap sodium guna membantu perpindahan impuls kontrol syaraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

Memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan

doc.googleimage

Setelah mengenali manfaat mentimun sebagai antioksidan dan juga menjaga kesehatan jantung, dapat disimpulkan bahwa mentimun juga mampu memberikan efek perlambatan akan timbulnya tanda-tanda penuaan. Dengan kinerja jantung yang terjaga, maka terjaga pula sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Selain itu antioksidan juga mampu memberikan efek kulit cerah dan kencang seiring berjalannya usia. Maka masker mentimun memang tepat untuk memberikan ketenangan pada kondisi kulit wajah.

Mengkilapkan rambut

doc.special

Memanfaatkan mentimun sebagai bahan alami untuk masker rambut, ternyata akan memberikan efek yang luar biasa memuaskan untuk kesehatan dan tampilan rambut indah kamu, Ladies. Masker rambut menggunakan mentimun akan menutrisi dan melembabkan rambut, mengurangi kondisi scalping (kulit kepala mengelupas) ataupun juga menguatakan akar rambut. Ketika kamu menggunakan mentimun sebagai bahan untuk masker rambut, kamu akan memperoleh kondisi rambut sehat dan berkilau.

Jadi bukan hanya nikmat disantap nih, Ladies. Tapi mentimun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Luar biasa, bukan?

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply