Beauty & Wellness, Inspiration

Jangan Buang Kosmetik Kadaluwarsa, Ini Dia Manfaatnya!

Kosmetika tentu merupakan hal yang tidak pernah bisa dijauhkan dari wanita. Hal sesederhana seperti sabun muka dan conditioner pun termasuk kebutuhan bagi seorang wanita. Hal ini tentu membuat wanita memiliki rangkaian kebutuhan kosmetik sesuai dengan penggunaan dan kecocokannya. Sebagian besar produk kosmetik yang diproduksi dan dijual secara umum biasanya memiliki batas waktu penggunaan. Mengapa demikian? Karena hal ini berkaitan dengan kondisi bahan dan zat yang terkandung dalam satu produk tersebut. Apabila batas waktu penggunaannya sudah melewati batas, bisa dibilang bahan aktif yang terkandung di dalamnya pun sudah tidak baik untuk digunakan dan akan menimbulkan reaksi yang sebenarnya tidak diharapkan.

Jadi kosmetika yang sudah melewati batas waktu baik digunakan atau sudah kadaluwarsa tidak ada manfaatnya lagi dan tinggal dibuang saja ke tempat sampah? Jawabannya belum tentu, karena beberapa kosmetika berikut ini justru memiliki manfaat lain ketika sudah melampaui batas waktu penggunaan.

Toner dan facial spray

Bagi kamu, Ladies yang memiliki produk toner atau facial spray dengan kadar alkohol tertentu dan sudah melampaui batas kadaluwarsa, jangan langsung dibuang ya. Karena kamu bisa memanfaatkan keduanya sebagai pembersih cermin atau jendela. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan kacamata ataupun layar telepon genggam. Sedangkan untuk toner atau facial spray dengan non-alkohol bisa digunakan untuk membersihkan tas atau sepatu yang berbahan kulit. Wah, jadi banyak manfaatnya ya.

Krim wajah

Sebagai wanita kamu pasti sering mencoba berbagai merk krim wajah apalagi bila ada produk baru yang digadang-gadang dapat membantu mengatasi permasalahan kulir wajahmu. Nah, saking banyaknya mencoba produk krim wajah akhirnya yang kamu pakai pastinya yang cocok untuk kamu. Dan jika kamu punya krim wjah yang batas pemakaiannya sudah terlewat, kamu bisa menjadikannta sebagai pemebersih sepatu berbahan sintetis ataupun berbahan kulit. Tak hanya untuk membersihkan saja, krim wajah yang sudah tidak terpakai bisa berperan sebagai semir sepatu yang membantu mengkilapkan sepatu sehingga tampak seperti baru. Tapi ingat, bukan untuk sepatu berbahan kain ataupun kanvas ya.

Shampoo atau sabun muka

Jika kamu banyak mencoba produk shampoo dan sabun pencuci wajah dan akhirnya ada yang tidak kamu gunakan dan mendiami penyimpanan kamu cukup lama sehingga menjadi kadaluwarsa, sesungguhnya kamu bisa tetap memanfaatkannya untuk mencuci. Baik mencuci pakaian, mencuci peralatan dapur, ataupun juga mencuci kendaraan. Shampoo sendiri  sesungguhnya memiliki kandungan yang lebih ringan daripada detergen, maka shampoo sangat cocok untuk mencuci pakaian yang berbahan wol atau pakaian yang diproduksi dengan cara dirajut.

Maskara

Wanita pasti ada yang suka mencoba segala jenis maskara, hal ini wajar karena maskara memang memiliki beragam jenis. Namun, bila maskara akhirnya menumpuk dan beberapa masih terisi namun sudah melampaui batas aman penggunaan, kamu bisa menggunakan spooly atau sikat maskara untuk merapikan alis. Tapi harus kamu pastikan bahwa kondisinya benar-benar bersih dari gumpalan maskara sebelum menggunakannya untuk merapikan alis.

Itu dia semua manfaat di balik beragam produk kosmetikmu yang sudah kadaluwarsa, jadi jangan langsung dibuang ya, Ladies. Kamu sudah cukup merogoh kocek yang lumayan lho untuk membelinya.

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply