Career Woman, Jobs, Tips

Lakukan Hal Ini Ketika Jam Istirahat Kerja, Agar Fokus Sampai Jam Kerja Berakhir

Pernahkah kamu mengalami rasa kurang bergairah dan tidak fokus saat melanjutkan pekerjaan setelah melalui jam istirahat siang? Bila iya, mungkin ada beberapa hal yang perlu kamu ganti dari kebiasaan memanfaatkan waktu istirahat siang harimu saat ketika di tempat kerja. Hal-hal yang biasa dilakukan orang-orang saat sedang istirahat bekerja biasanya beragam, mulai dari pergi makan siang sampai menghabiskan waktu dengan bermain game atau bercengkrama. Namun, tahukah kamu Ladies, bahwa beberapa hal itu juga bisa saja membuat kamu jadi lelah duluan dan mengurangi fokus kerja sampai jam kerja berakhir. Untuk itu, pada artikel kali ini akan membahas hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika waktu istirahat tiba saat bekerja, agar kamu tetap bisa fokus bekerja sampai jam kerja berakhir.

Jangan terlalu banyak karbohidrat

Saat waktu istirahat tiba di sela-sela jam kerja, kamu memang sangat diperkenankan untuk makan siang. Makan siang akan membuat kamu semakin bertambah energi serta membuatmu terhindar dari beberapa ancaman kesehatan akibat melewatkan waktu makan siang. Namun, ada baiknya kamu mengkonsumsi lebih banyak kudapan berprotein daripada terlalu banyak karbohidrat. Karbohidrat yang terlalu tinggi akan membuat kinerja lambung jadi lebih besar dan hal ini juga biasanya memicu rasa kenyang yang berlebihan. Biasanya akibatnya adalah kamu akan merasakan rasa kantuk yang sulit untuk dihindari.

Minum kopi

Meminum kopi dikala sedang istirahat siang tidaklah salah. Karena kopi bisa membantu meningkatkan adrenalin sehingga kamu bisa merasa segar setelah mengkonsumsinya. Kamu disarankan untuk boleh minum kopi setelah mengkonsumsi sedikit panganan seperti roti atau buah, agar lambung tidak dalam keadaan yang benar-benar kosong.

Tidur siang

Nah, buat kamu yang pada saat istirahat lebih ingin saving energy, hal ini bisa banget kamu lakukan. Tidur siang jelas akan membuat kondisi tubuh kamu menjadi lebih enakan dan nyaman untuk menjalankan aktivitas selanjutnya. Kamu juga sebenarnya bisa menjalankan hal ini setelah makan siang, kuncinya hanya perlu disiplin waktu. Jadi jangan habiskan seluruh waktu istirahat siangmu untuk makan siang saja, namun juga kamu perlu mengatur pembagian waktu setelah makan siang untuk tidur siang. Tidur siang tidak harus memakan waktu yang lama, karena walaupun sebentar tapi berkualitas manfaat dari tidur siangmu akan terasa untuk kinerjamu berikutnya. Untuk informasi beberapa negara maju telah menerapkan izin pada perusahaan-perusahaan untuk memberi izin tidur siang bagi para pekerjanya.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik untuk mengisi waktu istirahat siangmu adalah hal yang sangat dianjurkan. Pernah mendengar salah satu lirik lagu yang berkata “Let the music heal your soul, let the music take control” karena memang sekuat itu kemampuan sebuah alunan lagu untuk memberikan terapi atau penyembuhan terutama bagi kamu yang sedang dalam bulan-bulan penuh kesibukan. Sembari kamu mendengarkan musik, kamu juga bisa tetap menikmati makan siangmu untuk mengisi waktu.

Berdiskusi

Di sela-sela waktu istirahat, kamu bisa memanfaatkannya untuk berdiskusi dengan rekan kerja lain. Kalian bisa membicarakan banyak hal untuk berbagai topik sebagai upaya untuk menyegarkan kembali pikiran kamu. Sadar atau tidak, berdiskusi dengan rekan kerja dapat memberikan kamu energi positif dan semangat baru untuk melanjutkan kinerjamu berikutnya. Karena berbincang-bincang disinyalir mampu memberikan efek terapi untuk kamu yang membutuhkan masukan atau ide baru.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply