Career Woman, Inspiration

Menjadi Buah Bibir, Abellia. Muda, Kuat, dan Menginspirasi

Setelah pada awal bulan Maret ini terselenggara sebuah gerakan Woman’s March di berbagai kota di Indonesia, di mana para wanita cerdas turun ke jalan dan menyuarakan aspirasi tentang keadilan dan hak kenyamanan serta keamanan hidup, juga penolakan pada tindakan blame victim yang seringkali menyalahkan wanita walaupun sudah jadi korban dari tindakan yang tidak menyenangkan. Kali ini muncul juga kepermukaan publik kabar yang membanggakan dari seorang wanita muda Indonesia.

Kembali, seorang wanita Indonesia yang juga tak kalah cerdas, Abellia Anggi Wardani. Sosok yang baru-baru ini santer dibicarakan karena menjadi wanita muda yang berprestasi dengan memperoleh sedikitnya 12 beasiswa untuk studi di luar negeri. Wanita muda berusia 29 tahun ini berhasil menorehkan prestasi yang gemilang sampai ke kancah dunia.

doc. special

Abel kini tengah menjalankan tahun ketiganya dalam program doktoral di Departemen Kajian Budaya, Tilburg University, Belanda. Ia mengaku bahwa saat ini yang memberikannya kesempatan untuk dapat menempuh studi S3 berasal dari dalam negri. Ia berujar bahwa saat ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah lembaga dalam negri yang sedang membiayai proses studinya untuk mendapatkan gelar doktor. Abel membagikan pengalamannya dalam upaya memperoleh beasiswa tersebut. menurutnya, menjadi pribadi yang kuat dan berani serta mau untuk terus belajar dan berkembang adalah kunci utamanya. Walaupun dirinya tak menampik bahwa dalam perjalannya memperoleh beasiswa tersebut tidaklah mudah, Abel yang sempat menjadi dosen muda ini juga berpesan bahwa keberanian untuk mendaftar menjadi tahap awal untuk membuka jalan.

doc.spesial

Namun memang ia juga tak menampik kenyataan bahwa mendaftar beasiswa memanglah tidak semudah mengatakannya. Sebelum siap dan berani untuk mendaftarkannya, Abel juga menuturkan bahwa persiapan yang matang menjadi hal yang sangat mendasar. “Harus berusaha memantaskan diri, mempersiapkan sejak dini, dan mengasah kemampuan-kemampuan mutlak yang harus dimiliki untuk mendaftar beasiswa.” ujarnya. Memang segalanya tidak mudah, sangatlah tidak mudah dan  sarjana Sastra Perancis Universitas Indonesia ini pun mengakui bahwa hal tersebut tentu saja butuh perjuangan.  Namun, dengan semangat dan keinginan untuk terus berkembang. Bukan hal mustahil untuk memperoleh apa yang dicita-citakan.

Dua belas beasiswa yang diperoleh Abellia antara lain adalah :

1. PhD visiting fellowship at Center of South East Asian Studies

2. Sydney University, NISIS (Netherlands School of Islamic Studies) Sarajevo Spring School grant

3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

4. Frans Sda Foundation Research Fellowship

5. Orange Tulip Scholarship From Tilburg University

6. Beasiswa Unggulan Bourse du Government Francais

7. Kementrian Pendidikan Perancis

8. Travel Grant Kementrian Pendidikan Indonesia

9. Mayapada Bank Scholarship

10. Outstanding Student Competition Winner Scholarship

11. Beasiswa Supersemar

12. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply