Beauty & Wellness, Lifestyle

Cara Aman Terhindar Dari Asam Lambung Karena Minuman Bersoda

Minuman ringan memang bisa jadi pilihan yang tepat di kala membutuhkan kesegaran. Apalagi, bila minuman tersebut di konsumsi ketika cuaca sedang sangat panas dan gerah. Wah kebayang dong yaa, panas-panas minum minumanringan bersoda yang dingin. Pasti menyegarkan dan memulihkan semangat serta energi. Namun ada beberapa kondisi yang sebenarnya harus dicegah agar pada saat mengkonsumsi minuman bersoda ini, tidak menaikkan asam lambung berlebihan.

Minuman bersoda ini, banyak dianggap sebagai minuman yang merupakan musuh bagi pencernaan karena mengandung zat karbondioksida dalam proses saturasinya. Minuman berkarbonasi ini memang bisa jadi pemicu naiknya asam dan bertambahnya kuantitas gas dalam lambung sehingga memunculkan sehingga memunculkan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) bagi yang menderita ataupun juga bagi mereka yang memiliki kondisi maag akut atau pun kronis.

Minuman bersoda sebenarnya dinyatakan aman bagi mereka yang tidak memiliki kelainan perncernaan. Kelainan GERD sebenarnya adalah kelainan pencernaan yang terdapat pada kerusakan klep lambung. Bila terpicu dengan adanya minuman bersoda yang masuk, tentu saja akan bereaksi dengan asam lambung dan mengakibatkan terjadinya rasa panas di dada da rasa pahit di lidah, hal ini hanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya namun berpotensi menyebabkan timbulnya pemicu kanker kerongkongan.

Namun bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi minuman bersoda, pada dasarnya jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong bila ingin mengkonsumsi minuman ini. Beberapa orang memilih mengkonsumsi minuman bersoda sebagai desserts atau kudapan penutup setelah makan. Hal ini bisa dilakukan sebagai upaya perlindungan terhadap lambung dan naiknya zat asam lambung (HCL). Ketika perut sudah dalam kondisi terisi makanan, maka asam lambung akan memproses makanan tersebut sebagai pelumas yang memproteksi dinding-dinding lambung.

Sebaliknya bila mengkonsumsi minuman bersoda pada kondisi perut yang benar-benar kosong, maka asam lambung juga akan bereaksi dengan asam bikarbonat yang ada dalam kandungan minuman bersoda dan akhirnya akan menghasilkan kuantitas gas yang sangat banyak. Bereaksinya kedua asam yang akan menghasilkan gas yang sangat banyak ini juga sangat berdampak tidak baik pada kondisi lambung yang akan semakin terluka. Dan akan menimbulkan kondisi maag yang semakin parah.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply