Jobs, Ladies Career

Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Gelisah merupakan perasaan yang lazim dialami oleh setiap manusia terutama ketika harus menghadapi sesuatu. Gelisah merupakan kombinasi dari ragam perasaan lain salah satunya cemas, ketakutan, dan khawatir yang hasil secara kognitifnya adalah sikap ragu-ragu bahkan tak percaya diri. Psikolog Ratih Ibrahim pernah berkata bahwa sejatinya wanita muda dengan rentan usia 20-27 tahun biasanya mengalami kondisi ini 80% lebih dominan dibandingkan dengan pria, hal ini bisa terjadi karena situai perkembangan psikologis dan emosional wanita biasanya lebih cepat matang dibandingkan dengan pria. Tak hanya faktor usia dan kematangan emosional saja, namun faktor lain seperti pekerjaan, lingkungan hidup, pergaulan, dan faktor internal keluarga juga bisa menimbulkan rasa gelisah yang pada kondisi tidak baiknya akan menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah mengalami overthinking yang bisa bertahap serta masuk ke kondisi yang butuh penanganan serius yaitu Anxiety Disorder.

Apa itu Anxiety Disorder?

Dilansir dari Hallosehat Anxiety disorder atau gangguan kecemasan merupakan kecemasan yang intens dan berlebihan yang dialami seseorang, dengan frekuensi yang cukup sering, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada tahap wajar, rasa cemas sebenarnya merupakan dari perasaan manusiawi yang menjadi bagian daripada kehidupan ini. Namun jika kecemasan itu terjadi terlalu sering sampai menggangu beragam aktivitas atau sampai menggangu lingkungan sekitar, hal ini menjadi persoalan yang serius.

Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Bila tidak disadari dan ditangani segera, kegelisahan yang dialami oleh wanita di usia yang relatif muda justru akan menjadi penghalang kamu bisa semakin berkarya. Maka, berikut ini cara untuk kamu mengatasi kegelisahan yang dengan sadar kamu rasakan.

  1. Hibur diri sendiri

    Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Ketika gejala sulit tidur, deg-degan tanpa sebab, lemas dan tidak bersemangat mulai kamu rasakan cobalah untuk sesegera mungkin mencari hiburan untuk dirimu sendiri. Hal ini tidak perlu sesuatu yang mahal atau mewah karena dengan cara sederhana seperti melihat-lihat barang di online shop, memasak resep yang sederhana, menyaksikan video klip binatang yang menghibur, atau hal-hal sederhana lainnya sudah akan membuat kamu memperoleh energi positif. Karena kamu sudah beberapa kali mengalami insomnia, ada baiknya juga kamu memberikan dirimu waktu istirahat yang lebih lama di akhir pekan.

  1. Berusaha menjauhi keramaian

    Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Perasaan insecure atau penuh kecemasan akan semakin kamu rasakan ketika kamu berada di tengah keramaian. Sebisa mungkin kamu menjauhi keramaian dan mencoba untuk menikmati waktu dengan lebih tenang. Dengan suasana yang tenang atau minimal tidak penuh sesak dengan banyak orang serta suara yang terlalu berisik akan meminimalkan tekanan pada susunan syaraf pusat yang mengakibatkan kamu semakin merasa tidak nyaman dan justru bisa saja membuat kamu merasa kesepian walaupun sedang ditengah keramaian. Percayalah, kamu akan merasa lebih nyaman jika kamu berada di suasana yang tenang.

  1. Menulis

    Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Menulis menjadi terapi yang cukup membantu untuk meringankan kegelisahan dan kecemasan. Menulis membantu kamu menuangkan apa yang menjadi beban perasaan dan pikiran. Menulis memang menjadi sebuah cara menyampaikan suatu pesan dan menjadi cara untuk berkomunikasi secara tulisan. Melalui cara menulis pesan-pesan tersebut dapat terbaca dan tersampaikan dengan baik dan jelas, nah menulis ini nyatanya juga menjadi cara untuk menyembuhkan perasaan yang kalut dan menimbulkan kegelisahan. Karena dengan menulis penyampaian pesan dari perasaan menjadi terluangkan.

  1. Hindari toxic

    Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Toxic yang artinya racun dalam konotasi bisa dibilang merupakan hal-hal yang mengganggu atau cukup berbahaya sampai membuat seseorang merasa mulai dikelilingi perasaan-perasaan yang negatif dan tidak nyaman. Sesuatu yang dianggap toxic bisa datang dari mana saja, apalagi dengan kemudahan akses digital saat ini salah satunya penggunaan media sosial. Media sosial bisa menjadi salah satu sumber toxic yang menyebabkan perasaan kamu semakin semrawut melihat postingan-postingan dari beragam sumber.

  1. Kurangi waktu sibuk

    Cara Mengatasi Kegelisahan untuk Wanita Karir Usia Muda

Sebagai wanita yang juga menjalani karir, kamu sudah akan disibukan dengan pekerjaanmu yang tentunya menjadi pegangan untuk kamu bertahan hidup. Namun kamu juga mengambil waktu di luar waktu bekerjamu menjadi aktivitas yang dilakukan juga secara rutin, dan hal itu menambah kesibukan kamu secara rutin di luar waktu kewajiban kebekerja. Maka ketika kamu sudah merasa memiliki perasaan yang cukup mengganggu dan hampir mempengaruhi perasaan kamu, ada baiknya kamu mengambil waktu untuk rehat sejenak dan menghentikan diri sementara dari waktu sibuk di luar jam kerja. Perbanyak istirahat dan lakukan pekerjaan-pekerjaan ringan di rumah.

Usia 20-27 tahun pada wanita merupakan usia yang sebenarnya penuh dengan atraksi dalam kehidupan. Usia di mana banyak hal-hal yang rasanya sangat berkesan dan seru untuk dijadikan pengalaman. Di rentang usia tersebut juga, wanita mulai merasakan bagaimana membangun kemandirian sebagai wanita yang sedang meniti karir. Karir menjadi tonggak utama pada seorang wanita di mana mereka akan menjalani kehidupannya dengan penuh dinamika yang mengesankan; Bekerja sesuai minat, mendapatkan apresiasi, bergaul lebih luas lagi. Namun di samping itu semua, wanita karir di Indonesia rentan mengalami situasi gelisah yang cukup serius dan hal ini perlu mendapat pencegahan sesegera mungkin ketika kamu mulai menyadari dan merasakan bahwa kondisi gelisah apalagi usia kamu masih relative muda dan kamu merupakan wanita yang produktif.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply