Jobs, Ladies Career

Hal-hal yang Dirasa Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Mulai Magang

Banyak dari beberapa orang akan menghadapi aktivitas magang sebagai tugas akhir atau sebagai kewajiban yang ditetapkan oleh sebuah institusi pendidikan. Nah, karena karyawan magang biasanya belum punya cukup pengalaman ataupun persiapan, biasanya rasa canggung dan ragu-ragu pasti ada dan menyelimuti perasaan.

Artikel ini akan mengajak kamu untuk tidak lagi ragu dan siap menjalani aktivitas magang dalam sebuah tempat kerja, yuk simak beberapa hal yang kamu perlu persiapkan sebelum memulai magang.

 

  1. Mencari tempat yang sesuai

Magang bisa dibilang merupakan simulasi kegiatan bekerja sesungguhnya. Nah kalau kamu bekerja pastinya harus yang sesuai dengan keahlian kamu kan, maka jangan sampai salah mencari tempat magang. Bila kamu mencari lowongan magang dengan cara memanfaatkan ranah digital seperti situs-situs pencari kerja online, kamu bisa menentukan sendiri kriteria calon tempat magangmu nanti biasanya melalui fitur filter. Selain tempat yang sesuai dengan keahlian, kamu juga perlu memperhatikan lokasi tempat kerja, jangan yang terlalu jauh sampai kamu tidak bisa mencapainya atau kamu perlu modal besar untuk menjalankan magang tersebut.

 

  1. Cari tahu profil perusahaan

Cari profil perusahaan atau tempat kerja kamu dengan cara memasukan nama perusahaan dalam mesin pencari. Mencari profile dan membaca ulasan perusahaan menjadi hal yang cukup membantu mendongkrak keyakinan kamu dan mengurangi keraguan kamu. Sejauh ini, banyak perusahaan yang memilih untuk merekrut anak-anak muda yang potensial untuk diberikan kesempatan magang, nah ini merupakan kesempatan emas bagi kalian untuk benar-benar menjalankan magang dan memperoleh banyak pengetahuan dari kegiatan tersebut. Kamu juga perlu meraba-raba kira-kira kultur kerja yang seperti apa yang diaplikasikan di sana melalui profile perusahaan yang kamu cari sebelum kamu magang.

 

  1. Pelajari kultur perusahaannya
Baca juga  Peraturan Hak Cuti Bagi Karyawan Wanita yang Sedang Haid, Perlu Dianggap Penting!

Setelah kamu berhasil mencari profile dari perusahaan tersebut, kamu tentu sangat diwajibkan untuk mempelajari kulturnya. Bila perusahaan memiliki sedikitnya 10-30 orang karyawan bisa dibilang perusahaan tersebut akan memiliki budaya kerja yang cukup dekat satu sama lain, bisa juga dibilang cukup kekeluargaan. Lalu kamu juga bisa melihat budaya kerja dari pakaian yang dikenakan sebagai pakaian kerja sehari hari, apakah itu gaya kasual atau formal. Dan bila saat kamu berkomunikasi dengan PIC tempat magangmu dan ia masih tergolong berusia muda, kamu harus tetap mempertahankan rispek terhadap mereka.

 

  1. Banyak bertanya saat sesi wawancara

Pada saat masuk tahap wawancara kerja, jangan lupa untuk mencari banyak informasi. Jangan ragu untuk bertanya mengenai berbagai informasi mengenai operasional kerja dan beragam hal yang terkait dengan sistematika kerja. Kamu juga memiliki hak untuk bertanya kepada siapa kamu boleh mengajukan bimbingan dan beberapa hal terkait keperluan institusi pendidikan dan pekerjaan.

Sejatinya menjalankan magang menjadi akan sangat menyenangkan apabila kamu mempersiapkan diri dan menemukan tempat yang tepat. Bagi kamu Ladies yang lebih tertarik untuk mencoba berkarir di lahan pekerjaan sejenis startup, bisa jadi hal tersebut akan menjadi pengalaman yang menyenangkan mengingat startup biasanya memiliki lebih banyak pekerja yang masih berusia muda dengan semangat muda dan beragam inovasi. Yang pasti jangan pernah lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu profile perusahaan sebelum bergabung bersama. Siap untuk magang, Ladies?

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply