Hangout Places, Tips

Jalan-Jalan ke Singapura Seharian dengan Hemat? Yuk, Coba Naik Ferry dari Batam untuk Liburan Seharian Penuh

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rute perjalanan menuju Singapura melalui Batam memang dianggap paling worth. Pasalnya keduanya memang dihubungkan secara terjangkau oleh beberapa akomodasi pilihan. Terutama bagi kamu yang ingin menikmati liburan seharian penuh, lewat Batam, tentunya kamu bisa mendapatkan hal tersebut. Sebelum kamu sampai di Singapura, perlu kamu ketahui bahwa kedua negara ini dihubungkan dengan armada laut kapal yang mempunyai harga tiket yang cukup bervariasi tergantung kelas dan jadwal ferry sehingga kamu juga  bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang akan digunakan. Sebelum kamu mengambil pilihan untuk berwisata negara yang memiliki ikon maskot patung Merlion ini, mungkin kamu akan berfikir dan menimbang-nimbang sebenarnya, apa keuntungannya mengambil jalur alternatif melalui Batam? Nah, pertama kamu perlu simak ulasan berikut ini.

Batam menjadi kota yang sangat sibuk dan ramai terutama di musim liburan dan akhir pekan yang disebabkan oleh migrasi WNI dari Batam ke Singapura begitu pula dari Singapura ke Indonesia melalui kota Batam. Sirkulasi seperti ini menjadikan Batam dan Singapura layaknya Bandung dan Jakarta yang bisa ditempuh dengan bantuan satu akomodasi.

Sekarang ini banyak traveler dari  Indonesia berlibur ke Singapura melewati Batam dengan seharian penuh tanpa menginap Singapura menjadi salah satu cara yang masuk akal untuk menghemat pengeluaran liburan. Seperti yang diketahui, bahwa biaya hidup di Singapura sangat mahal jika dibandingkan dengan Indonesia, dimulai dari makan, minum, penginapan, sampai tansportasi tergolong lebih mahal. Jadi untuk mensiasatinya kamu bisa melakukan liburan disana namun menginap kembali di Batam. Bila kamu memang sedang ingin benar-benar berlibur dan menikmati kegiatan traveling kamu, cara ini layak untuk dicoba. Karena, kamu tak hanya diuntungkan dengan pesona Singapura sebagai salah satu tujuan berlibur tapi juga kamu akan disuguhkan dengan ucapan selamat datang dari kota Batam dengan berbagai suguhannya yang tak kalah menarik dan berkesan.

doc.google

Dengan adanya siklus jalur singkat yang menguntungkan antara Singapura-Batam dan sebaliknya, membuat akomodasi kapal ferry menjadi sangat digandrungi terutama bagi mereka yang memang benar-benar merencanakan waktu liburan. Transportasi ferry untuk sarana penyeberangan menjadi penting untuk mengangkut semua penumpan dari kedua negara ini agar seluruh keinginan pada tujuan mereka terpeuhi dengan mudah dan terjagkau.  Ada beberapa lokasi terminal ferry penyeberangan yang ada di Batam seperti Batam Center, Harbour Bay, Sekupang, serta Nongsa. Rekomendasi yang banyak digunakan oleh traveler adalah di Batam Center lebih banyak pilihan jenis ferry.

Sudah bicara tentang kemudahan akomodasi, sekarang saatnya bicara mengenai legalitas untuk masuk ke dalam sebuah negara. Biasanya kamu perlu paspor sebagai surat identitas resmi kewarganegaraan ketika akan pergi melancong ke negara lain menggunakan pesawat, hal ini juga berlaku bila kamu menyeberang dari Batam menuju Singapura menggunakan ferry. Paspr yang masih berlaku serta Kartu Tanda Penduduk atau KTP adalah dua hal yang harus kamu miliki dan kamu bawa ketika kamu menuju ke Singapura walaupun menggunakan ferry. Pada saat kamu sudah memasuki bagian imigrasi Singapura terkadang mereka akan menanyakan  KTP sebagai validasi  selain paspor. Menurut pengalaman beberapa traveler yang menggunakan ferry untuk “mampir” ke Singapura, biasanya petugas imigrasi akan menanyakan tujuan atau dalam rangka apa berkunjung ke Singapura, nah, kamu tak perlu sungkan untuk menjawab untuk berlibur atau sekadar mampir dan berwisata melihat betapa luar biasanya negeri seribu satu larangan yang terkenal sangat bersih.

doc.google

Perjalanan naik ferry dari Batam menuju Singapura membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan. Apabila cuaca mendukkung kamu bisa melihat dari jauh  berbagai gedung tinggi yang menjadi ikon negara tersebut. Kapal ferry yang menyeberangkan penumpang dari Batam akan merapat di Harbor Front Singapura. Di sini merupakan tempat mayoritas merapatnya kapal ferry meskipun demikian ada juga ferry yang merapat di dekat Bandara Changi Singapura tetapi memiliki rute keberangkatan lain. Setelah anda sampai di Harborfront harus mengambil peta Singapura sebagai guide tambahan anda selama melakukan wisata disana.

 

Sebenarnya liburan ke Singapura seperti ini bisa dikatakan lain yaitu “mampir”. Namun, menjadi masuk akal apabila kamu memilih liburan ke Singapura dengan cara ini. Karena kamu pastinya akan mendapatkan paket komplit untuk pengalaman kamu, mulai dari tak hanya bisa mampir ke Singapura dengan murah meriah, kamu juga bisa memperoleh pengalaman menaiki kapal ferry, dan tak lupa juga bisa menikmati berbelanja dan menghabiskan waktu di Batam. Bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, khan? 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply