Beauty & Wellness, Lifestyle, Uncategorized

Main Roller Coaster untuk Kesehatan Ginjal, Kok Bisa?

Roller Coaster selama ini dikenal sebagai wahana permainan yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Menegangkan sekaligus mengasyikan adalah dua kata yang tepat untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran permainan ini. Tapi ada fakta kesehatan lain yang cukup mencengangkan bahwa permainan ini cukup memberikan efek kesehatan bagi organ tubuh kita yang cukup penting yaitu ginjal. Penasaran? simak ulasannya berikut.

Pemainan yang memacu adrenalin ini memang menegangkan. Ketika ada di atas wahana permainan ini, kita akan diajak merasakan sensasi pelan dan cepat dan sensasi tubuh yang diputar balikan, wah rasanya naik roller coaster ini memang tidak terasa akan cepat berakhir. Terkait dengan fakta kesehatan yang dikemukakan oleh peneliti bernama David Wartinger, wahana permainan roller coaster ini nyatanya dapat membantu mengeluarkan gumpalan mineral atau yang akrab dengan sebutan batu ginjal yang seringkali menyebabkan rasa sakit.

Sebagai informasi, batu ginjal merupakan garam dan endapan mineral yang menumpuk di ginjal. Biasanya batu ginjal dalam ukuran kecil bisa dikeluarkan melalui saluran kemih, namun untuk kondisi batu ginjal yang berukuran besar perlu tindakan pembedahan ataupun cara lain menurut teknologi medis untuk mengeluarkannya. Walaupun tidak menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh manusia lainnya, namun kondisi ini cukup membuat seseorang mengalami hal-hal yang tidak membuat nyaman sampai mengganggu fungsi sekresi tubuh manusia dan menyebabkan seseorang merasakan rasa sakit yang cukup parah dan mengganggu ketika bergerak.

doc.youtube

Untuk mengetahui manfaat dari bermain roller coaster untuk kesehatan ginjal, David Wartinger memvisualisasikannya menggunakan sebuah model yang menyerupai sistem ginjal manusia yang terbuat dari bahan silikon. Dengan menggunakan alat ini, ia menambahkan cairan sebagai urin dan batu ginjal yang dia letakan di roller coaster.

Dari caranya ini, ia menemukan hasil bahwa ketika roller coaster bergerak dengan ritme nya, prototipe ginjal buatannya memberikan hasil bahwa batu ginjal bisa keluar melalui saluran kemih. Walaupun demikian sesungguhnya tak semua bentuk dan ukuran batu ginjal bisa diatasi dengan bermain wahana yang cukup menantang ini. Sang peneliti mengungkapkan bahwa cara ini cukup dinyatakan efektif pada mereka yang memiliki batu ginjal berdiameter sekitar 0.2 inchi. Penellitian yang dipubikasikan dalam The Journal of American Osteopathic Association ini mendapat penghargaan Ig Nobel Prize.

doc.youtube

Nah, dari informasi tersebut kamu jadi mendapatkan sedikit pengetahuan bahwa ternyata wahana permainan roller coaster memiliki manfaat juga untuk kesehatan. Jadi, siapa di antara kamu yang masih ragu mencoba wahana ini?

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply