Tips

AC Mobil Kamu Tidak Dingin Ladies? Mungkin Ini Penyebabnya

Hai Ladies, zaman sekarang sebagai perempuan yang mandiri pastinya kamu terbiasa juga untuk mengakomodasi diri kamu sendiri kemanapun kamu pergi. Beberapa dari kamu pasti memiliki keahlian untuk menyetir, salah satunya menyetir mobil sebagai upaya untuk mobilitasmu terutama bagi Ladies yang harus bekerja dengan sistem berpindah-pindah lokasi.

Nah, saat kamu memiliki kendaraan sendiri, pernahkah kamu merasa bahwa AC mobil kamu terasa tidak cukup sejuk? Solusi satu-satunya bila kamu tidak bisa memperbaiki sendiri pastinya membawa mobil kamu ke bengkel AC mobil. Tapi sebelum itu kamu perlu mengenal terlebih dahulu beberapa penyebab AC mobil kamu rasanya tidak cukup dingin. Besar kemungkinan persoalan terjadi pada bagian kompresor AC kendaraan, berikut ini beberapa ciri bahwa AC kendaraan kamu bermasalah.

1. Kompresor AC berbunyi

doc.googleimage

Ciri-ciri bahwa kompresor AC mengalami masalah ialah saat terjadi keanehan pada AC mobil ketika AC dalam posisi ON atau menyala pada skala suhu berkisar 1,2 atau 3. Keanehannya adalah terdengar suara aneh atau berdercit atau menggaung dari mesin kendaraan. Tapi pada saat kondisi AC OFF atau dipadamkan, suara dari mesin hilang atau kembali normal. Munculnya suara aneh tersebut bisa disebabkan oleh oli kompresor yang kurang, piston aus, atau  trush bearing hingga AS yang tak berada dalam posisi yang presisi.

2. Kompresor AC mengalami kebocoran

doc.googleimage

AC pada kendaraan akan mengalami penurunan temperature dingin secara bertahap tergantung dari tingkat kebocoran lompresornya. Rata-rata memerlukan waktu sekitar satu sampai tiga bulan sampai freon yang ada dalam tabung habis. Kondisi seperti ini membuat siapapun yang memiliki kendaraan dengan kondisi kompresor AC bocor, menjadi akan lebih sering mengisi freon.

3. Kompresi performas kendaraan berkurang

doc.googleimage

Kualitas pendingin ruang kendaraan akan terasa kurang dingin pada kondisi RPM kendaraan rendah. Hal ini akan menjadi berbeda jika pedal gas dipijak pada RPM tertentu, maka AC berubah dengan suhu yang menjadi lebih dingin lalu sebaliknya.

4. Terjadi persoalan pada bagian magnetic clutch

doc.googleimage

Selain ketiga penjelasan sebelumnya mengenai kerusakan pada komponen AC, sebagai pemilik kendaraan, kamu juga harus mengantisipasi adanya kerusakan pada magnetic clutch yang merupakan komponen sangat penting di dalam AC mobil, ya Ladies. Karena selain kompresor AC dan kondensor AC, gejala lain rusaknya komponen itu adalah AC yang pada mulanya dingin, tiba-tiba tidak dingin sama sekali.

Itu tadi segelintir penjelasan mengenai tanda-tanda atau ciri pada kondisi AC mobil kamu yang terasa tidak dingin. Apabila kamu ingin membawa mobil kamu dengan kondisi AC yang tidak dingin, setidaknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya atau tanda-tandanya. Tetap menjadi pengguna kendaraan yang bijaksana dan taati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas ya, Ladies.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply