Beauty & Wellness

Yuk Mengenal, Apa Saja Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Apa itu masker wajah?

Penampilan terutama yang terpancar dari wajah memang menjadi salah satu hal yang cukup krusial, maka bagi banyak orang terutama kaum hawa pasti sangat memperhatikan sekali mengenai kondisi dan tampilan wajah. Salah satu treatment perawatan wajah yang cukup sederhana dan mudah dilakukan adalah treatment masker wajah yang nyatanya sudah sangat lama dijadikan prosedur perawatan wajah pada jaman mesir kuno.

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Kenapa masker wajah?

Karena menjadi salah satu cara yang sederhana, masker wajah adalah home-treatment yang menjadi favorit kala para wanita untuk memperoleh wajah segar dan cerah seketika. Nah, sejalan dengan naik daunnya produk praktis ini, hasilnya jadi begitu banyak ragam jenis masker baru bermunculan dan menarik untuk dicoba. Sambil mengenal ragam jenis masker wajah, yuk kita mengenal juga beberapa masker unik yang mulai hits di pasaran.

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

WASH-OFF MASK

Seperti namanya yang terkesan sederhana, masker jenis satu ini tentu sudah banyak yang tahu. Masker jenis ini biasanya memiliki tekstur krim dan berbagai jenis kandungan seperti clay ataupun charcoal sebagai zat aktif untuk perawatan wajah. Jenis masker ini harus ditunggu beberapa menit hingga menyerap, lalu dibersihkan dengan air selayaknya sedang mencuci muka. Sebagai informasi, untuk yang memiliki jenis kulit kering dan normal, pilih tekstur masker krim namun untuk kamu dengan kulit berminyak, kombinasi dan berjerawat, cocok menggunakan clay mask atau charcoal mask. 

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

PEEL-OFF MASK

Peel-off mask juga menjadi salah satu jenis masker yang mudah ditemukan di pasaran seperti di drugstore atau di minimarket untuk brand-brand perawatan wajah yang sudah umum di Indonesia. Sesuatu yang bisa dibilang kurang dari jenis masker ini biasanya adalah mengandung paraffin wax dan tidak begitu menyerap dibandingkan wash-off mask. Namun, peel-off masks berfungsi untuk membantu mengencangkan kulit dan melancarkan peredaran darah di wajah. Masker jenis ini merupakan jenis masker yang sempurna untuk kulit kombinasi cenderung kering dan kulit yang sudah berusia matang. Banyak yang menyukai tipe masker ini karena rasanya menyenangkan untuk “mengelupasnya” dari kulit.

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

SHEET MASK

Sheet mask menjadi salah satu jenis masker paling favorit yang mudah ditemukan di toko-toko yang menjual beragam produk perawatan wajah. Penggunaannya yang mudah dan praktis memang menjadi salah satu kelebihan masker ini menjadi sangat digemari. Siapapun yang ingin menggunakannya hanya perlu membuka kemasannya dan pasang sheet mask di wajah yang bersih. Kelebihan dari masker ini ialah cairannya yang begitu banyak dan memberikan hidrasi tinggi pada kulit wajah. Nah, maka dari itu, apabila kamu butuh “penyelamat” darurat untuk wajah terlihat bersih dan bercahaya, maka sheet masklah solusinya. Sudah praktis manfaatnya juarakkk!!

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

EXFOLIATING MASK / SCRUB MASK

Kamu aktif menggunakan riasan dan seringkali butuh proses membersihkan sampai tuntas hingga ke bagian yang sulit dijangkau dari sekadar mencuci wajah. Maka kamu sangat disarankan melakukan perawatan dengan jenis masker exfoliating mask atau scrub mask yang dapat bekerja secara maksimal membersihkan wajah sampai tuntas.

Jika kamu butuh masker yang dapat mengangkat sisa kotoran, komedo, sebum sekaligus mencerahkan wajah, pilih exfoliating mask yang mengandung butiran scrub. Cukup diamkan wajah sejenak saat menggunakan masker ini, dan ketika kering, gosok secara lembut agar scrub dapat mengeksfoliasi kulit. Lalu bersihkan wajah dengan air hingga bersih, setelah melakukan proses pembersihan sampai dibilas dengan bersih, kamu benar-benar akan merasakan sensasi wajah yang bersih dan segar.

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

JELLY MASK

Dari namanya saja sudah sangat jelas bahwa, masker jenis ini memiliki tektur yang mirip jelly. Jenis masker ini menjadi salah satu jenis masker yang sedang banyak dilansir oleh label kecantikan ialah Jelly Mask. Tekstur nya yang ringan dan bouncy membuatnya mudah sekali diaplikasikan dan cukup menciptakan sensasi yang menyenangkan. Kandungan glycerin di dalamnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk memberikan hidrasi pada kulit wajah dan beberapa produk juga membantu mencerahkan kulit.

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

RUBBER MASK

Setelah beberapa masker tadi di atas yang sudah umum di kenal dan di temukan di pasaran, kini salah satu jenis masker baru yang perlu kamu coba keunikannya. Secara fisik, masker ini hadir dalam bentuk sheet ataupun powder yang perlu dicampurkan dengan air sampai memiliki tekstur tertentu, rubber mask berfungsi untuk menciptakan barrier di kulit dan membantu penyerapan nutrisi. Nah, karena tekstur rubber nya yang tebal, kandungan nutrisi baik dari masker dapat meresap hingga ke bagian dermis kulit. Masker ini boleh dicoba untuk pengalaman baru melakukan perawatan, karena ini sangat menyenangkan!!

 

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

SLEEPING MASK

Untuk produk yang satu ini, agak sesuai dengan namanya yang digunakan saat tidur. Sleeping mask biasanya digunakan malam hari sebelum tidur sebagai asupan nutrisi kulit di saat kamu tidur, berperan seperti pelembab kulit saat tidur. Sleeping mask dapat menjadi pengganti pelembap di malam hari, namun jauh berbeda dari krim malam karena sleeping mask biasanya tidak menganjurkan kamu untuk membilasnya lagi dengan sabun wajah. Teksturnya ringan, watery dan nyaman ketika diaplikasikan ke kulit dan mudah terserap dengan sempurna untuk kulit wajah. Wajah pun jadi lebih segar dan tidak kusam saat bangun keesokan harinya.

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

Mengenal Jenis-Jenis Masker Wajah

SPLASH MASK

Nah yang satu ini merupakan jenis masker terbaru yang cukup unik dan untuk di Indonesia sendiri masih belum terlalu banyak digunakan. Berbeda dengan jenis-jenis masker wajah lainnya, produk ini justru memiliki tekstur cairan dan bukan jenis masker wajah yang harus melekat dengan kulit wajah seperti peel-off mask atau sheet mask.

Tren kecantikan dengan jenis masker wajah ini lahir dari tren kecantikan Korean skincare yang terinspirasi dari ritual para wanita Korea dahulu. Mirip dengan cara mengaplikasikan toner wajah, untuk jenis masker wajah yang satu ini adalah dengan mencampurkan cairan produk terlebih dahulu ke air mineral murni dengan ratio 1:100 lalu tepuk-tepukkan ke wajah campuran air dan splash mask tersebut, kurang lebih selama 20 detik saja. Cukup singkat ya.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply