Beauty & Wellness

Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati, Kenali Bahayanya Berikut Ini.

Bahaya Minum Es Teh Manis

Bahaya minum es teh manis

Kamu mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang memilih es teh manis sebagai solusi menyegarkan rasa dahaga. Wajar saja, karena mudah dibuat dan juga didapat, es teh manis juga terbilang memiliki harga yang terjangkau apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya. Banyak yang beranggapan bahwa es teh manis lebih aman dan lebih ringan dikonsumsi dibanding dengan minuman bersoda. Mungkin, bisa jadi banyak yang sependapat dengan hal itu, namun ternyata di balik kesegaran dan harganya yang lebih murah serta mudah diperoleh ternyata es teh manis ini memiliki dampak yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apa saja kah itu? Mari simak ulasan berikut ini.

 

Bahaya Minum Es Teh Manis

Bahaya minum es teh manis

Kadar Gula Berlebih

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa teh memiliki kandungan senyawa antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Namun ketika teh dikonsumsi dengan penambahan es, biasanya kadar gula yang digunakan cukup banyak agar tidak kehilangan rasa atau menciptakan cita rasa yang tanggung. Namun sadarkah kamu bahwa salah satu bahaya minum es teh manis salah satunya berasal dari kandungan gula ini. Penambahan kadar gula yang cukup banyak, justru mampu menyamarkan kasiat antioksidan dari teh dan hal ini tentu akan mendatangkan efek yang terbalik.

Terlalu banyak memasukan asupan gula dapat membuat kamu rentan terhadap penyakit diabetes, jantung, dan mudah terserang depresi. Hal ini terjadi karena ketika mengkonsumsi gula, tubuh akan melepaskan hormone insulin untuk mengubahnya menjadi sumber energi. Sayangnya, bila asupan gula ini lebih dari yang dibutuhkan, zat ini tidak akan hilang atau tebuang melainkan tersimpan dalam bentuk lemak. Ini yang akan memicu pelonjakan massa tubuh atau lebih buruknya terjadi obesitas.

 

Bahaya Minum Es Teh Manis

Bahaya minum es teh manis

Fungsi Ginjal Menurun dan Kurang Optimal

Ada satu risiko kesehatan lain sebagai akibat dari bahaya minum es teh manis dan r isiko ini bisa terbilang cukup berat. Terbentuknya baju ginjal sebagai akibat dari mengkonsumsi es teh manis secara berlebihan memang menjadi salah satu risiko kesehatan yang cukup berat. Meskipun penyebab terbentuknya batu ginjal lebih umum berkaitan dengan kurangnya konsumsi air mineral, namun kandungan oksalat dalam teh juga bisa menjadi salah satu pemicunya.

Meski terdengar berat namun ada kabar baiknya, karena mereka yang mungkin terkena bahaya minum es teh manis yang satu ini tergolong pada mereka yang benar-benar memiliki risiko mengalaminya. Ciri-cirinya biasanya berjenis kelamin pria, dan berusia diatas 40 tahun, atau mereka yang sebelumnya memiliki riwayat pada kesehatan ginjal.

Walaupun ada terdapat kategori usia bagi mereka yang berpotensi pada bahaya minum es teh manis, ada baiknya kamu tetap menjaga asupan oksalat yang kamu konsumsi. Batasi konsumsi panganan seperti cokelat, kopi, bayam, dan kacang tanah serta atur kadar konsumsi garam yang masuk ke dalam tubuh. Mulai perbanyak konsumsi air yang cukup serta panganan yang mengandung kalsium untuk mencegah penumpukan oksalat yang berpotensi menimbulkan batu ginjal.

bahaya minum es teh manis

Walaupun mengkonsumsi menimbulkan bahaya minum es teh manis, sebenarnya bila tidak terlalu berlebihan ternyata bisa memberikan manfaat yang jelas baik untuk tubuh kita. Mengkonsumsi minuman manis yang diproduksi dari beragam bahan alami dapat membantu mengurangi kecenderungan seseorang mengalami suasana hari yang buruk. Karena asupan glukosa yang cukup dapat membantu seseorang mengalami mood yang baik, karena glukosa dapat membantu menjadi endorphine booster. Karena pada dasarnya, otak manusia memerlukan glukosa sebagai sumber energi dan perubahan kadar gula yang terjadi membantu mempengaruhi fungsi eksekutif otak.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply