Jobs

Begini Millenial Mengubah Persepsi Mengenai Tempat Kerja

Setelah generasi Babyboomers  dan generasi X menjajal secara dominan bagaimana budaya dan “bentuk” suatu tempat kerja, giliran saat ini generasi baru mulai masuk dan mendominasi perjalanan produktifitas dunia. Inilah Millenial, atau generasi yang lahir di awal 90-an generasi yang juga mengalami berbagai peralihan dalam perkembangannya ini dianggap sebagai generasi yang lebih matang dan mengerti bagaimana menyikapi segala struktur yang berkembang dalam perjalanan pertumbuhan generasi ini.

Tak hanya menghadapi perkembangan budaya dan teknologi, generasi ini juga ternyata berhasil menciptakan persepsi lain yang terbilang cukup penting dan cukup krusial bagi perkembangan dunia produktifitas. Mengapa?? karena generasi 90-an ini kini mulai masuk dalam usia produktif. Percaya atau tidak, Millenials kini telah menciptakan gambaran baru tentang tempat kerja. Nah sebagai Millenials, sadar enggak yah kita??

Pemanfaatan teknologi

Bukan lagi hal yang baru, Millenials memang merupakan generasi yang terbilang sangat berhasil mengoptimalkan teknologi sebagai hal yang sangat krusial dalam sebuah tempat kerja. Bertumbuh dalam era perkembangan teknologi, membuat Millenial menganggap bahwa cara kerja konvensional dengan penggunaan teknologi yang minim tidaklah cukup membantu. Bagi para Millenials teknologi memang sangat mempermudah pekerjaan, walaupun dalam beberapa generasi sebelumnya penggunaan teknologi seperti komputer dan fax mungkin sudah diaplikasikan. Namun, di awal era 2000an teknologi dalam tempat kerja semakin dominan digunakan dan berfungsi dengan sangat baik sampai sekarang. Hayoo, siapa yang enggak bisa kerja tanpa WIFI?

Tempat kerja yang menyenangkan

Bila dahulu gambaran sebuah kantor konvensional adalah ruangan dengan meja yang bersekat banyak, saat ini justru dekorasi ruang lah yang semakin optimal. Millenials paham betul bahwa bekerja di tempat dengan situasi dan dekorasi yang atraktif justru akan lebih membuat nyaman. Selain itu, seragam kerja yang lebih kasual dan tidak terlalu beart juga membuat mereka, para millenials tidak merasa kaku ataupun bosan dengan lingkungan kerja.

Baca juga  Sulit Dapat Kerja? Manfaatkan Ranah Digital.

Hilangnya hierarki organisasi tradisional

Pada generasi sebelumnya, antara atasan dan karyawan biasanya sangat nampak hirarkinya. Ruangan bagi atasan yang berlokasi di lantai yang berbeda, luas ruangan yang lebih besar, bahkan fasilitas lain yang nampaknya memberikan sekat yang jelas antara atasan dan bawahan sangat ketara. Namun, sejak generasi millenial ini memasuki dunia dan lingkungan kerja mereka memiliki pemikiran yang out of the box. Mereka juga merasa bahwa keberhasilan kerja adalah kesuksesan bersama, diantara mereka tidak ada yang namanya bos dan bawahan. Mereka akan membentuk tim kerja layaknya bekerja bersama teman dan lebih spesialnya lagi mereka yang menjadi atasan lebih suka membaur bersama dengan rekan-rekan yang bekerja untuknya dan menghadapi segala situasi bersama.

Pengembangan diri menjadi hal utama

Bagi generasi milenial pengembangan diri merupakan hal yang penting.  Banyak millenials yang menjalankan kerja sambil kuliah atau juga mengikuti berbagai pelatihan pengembangan diri lainnya. Di tempat kerjapun, sistem mentoring akan lebih diaplikasikan, selain itu tantangan merupakan sesuatu yang semakin diminati. Maka dalam dunia kerja bersama millenials mereka tidak memiliki kata “Bos” yang ada adalah Leader. Karena seorang leader adalah seorang pemimpin yang tidak hanya memimpin perusahaan, namun juga siap terjun langsung bersama anak buah dan berjuang bersama untuk membawa nasib perusahaan jadi lebih baik dan senantiasa memberikan banyak advice ataupun masukan untuk pengembangan diri rekan-rekan kerjanya.

 

Sebagai generasi Millenials yang saat ini sedang berkecimpung di dunia kerja, kita harus berbangga karena telah membuat budaya kerja menjadi lebih terbilang menyenangkan untuk dijalani tanpa mengikis profesionalitas. Generasi millenials juga terbilang cukup berhasil bersikap bijak dalam memanfaatkan teknologi untuk menunjang keberhasilan pekerjaan.

Baca juga  Lakukan Hal Ini Ketika Jam Istirahat Kerja, Agar Fokus Sampai Jam Kerja Berakhir

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply