Ladies, Ini Dia Rekomendasi Film yang Menginspirasi dari Kisah Perjalanan

Di dunia ini siapa yang tidak suka melakukan perjalanan? Agaknya hampir semua orang melakukan perjalanan sebagai sebuah kewajiban bisnis, urusan keluarga, dalam sebuah misi, atau memang jug ada yang melakukan perjalanan untuk sekadar melepaskan diri dari kepenatan. Nah, sesungguhnya melakukan perjalanan untuk tujuan apapun sebenarnya memang baik, karena dari sanalah kita akan mendapatkan banyak pelajaran yang mungkin tidak akan pernah di dapatkan secara akademis.

Dari kisah-kisah yang bisa dimaknai melalui sebuah perjalanan, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi film dengan tema travelling yang cukup menginspirasi.

Wild

Perempuan tidak berarti payah bila melakukan perjalanan yang terbilang jauh dan cukup berat bahkan menantang. Melalui film ini mengisahkan tentang seorang perempuan muda bernama Cheryl Strayed, yang memutuskan untuk menjadi seorang backpacker solo. Ia memutuskan untuk menyusuri Pacific Crest Trail sepanjang 4.286 km setelah kematian ibunya dan kisah pernikahan yang kandas. Berawal dari masa lalu nya yang kelam ini, ia termotivasi untuk menantang dirinya dengan sebuah perjalanan yang tidak mudah. Keberanian dan keteguhannya dalam proses perjalanan ini bakal membuat kamu terkagum-kagum. Nah buat khususnya para perempuan nih, yang masih ragu buat mencoba traveling sendirian, perjuangan seorang Cheryl Strayed bisa lho  dijadikan inspirasi.

The Secret Life of Walter Mitty

Nah, ini film yang cukup filosofis yang penulis suka banget nih. Film yang dimotori oleh Ben Stiller ini rasanya sangat penuh kejutan. Walaupun ini merupakan ceritanya fiksi tapi kalau diikuti banyak sekali kolerasinya pada kebenaran juga, makanya penulis bilang film ini cukup filosofis tapi tidak terlalu berat.  Film petualangan seorang Walter Mitty ini menceritakan tentang bagaimana perjalanan bisa mengubah hidup seseorang secara drastis, namun tetap positif. Yang menjadi inti dari film ini adalah bagaimana sebuah petualangan yang nggak terencana dapat mengubah hidup seseorang. Esesnsi dari pentingnya kegiatan traveling untukng kehidupan juga diajarkan melalui film ini.

Into The Wild

Setelah tadi ada Wild, maka berikutnya adalah film Into The Wild. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang Christopher McCandless. Christopher McCandless yang memberikan kepada dirinya sendiri nama lain yaitu Alexander Supertramp, memutuskan untuk meninggalkan kehidupan lamanya dan hidup sebebas-bebasnya di alam liar. Film ini membuat sebuah quotes “Happiness is only real when shared” menjadi sangat terkemuka. Film yang digarap oleh Sean Penn ini menyuguhkan berbagai petualangan luar biasa yang dimulai dari ladang gandum South Dakota, mengarungi Colorado River hingga memasuki perbatasan Meksiko, menemui beraneka ragam tipe masyarakat di Slab City California, dan berakhir di kesunyian Alaska. Kalau kamu menyaksika film ini, kamu akan dibuat takjub dengan suguhan penggambaran yang sangat menakjubkan dan membuat kagum.

Eat, Pray, Love

Siapa yang enggak tau nih, tentang film yang cukup fenomenal di Indonesia yang dibintangi oleh Julia Robert. Kenapa cukup fenomenal? Karena di film ini ada setting yang diambil di Indonesia tepatnya di Pulau Dewata, Bali. Menceritakan tentang seorang cewek yang merasa kehidupannya telah gagal dan menderita akibat perceraian. Kemudian memutuskan untuk meninggalkan semua harta bendanya dan pergi jauh untuk menemukan kembali jati dirinya, Liz Gilbert yang dibintangi oleh Julia Roberts melakukan perjalanan ke tiga negara yang berbeda, yaitu Italia, India, dan Indonesia. Film ini memberikan suguhan yang akan memanjakan kamu dengan berbagai pemandangan yang menarik dari setiap tempat-tempat eksotis yang dikunjungi Liz.

5cm

Setelah membahas mengenai film dari produksi luar Negeri, nah kini saatnya kina beralih ke salah satu film produksi dalam Negeri yang bisa bikin kamu dicap enggak up to date kalau pada waktu itu kamu belum menyaksikannya atau setidaknya membaca novelnya. Iya benar banget,  kurang pas banget kalau waktu film ini rilis kamu enggak ajak nonton geng kamu atau keluarga kamu karena film ini tidak hanya memberikan pengalaman mengenai usaha untuk berkunjung dan mendaki ke wilayah wisata ke Gunung Mahameru, namun juga memberikan pesan-pesan moral yang suportif dalam hubungan keluarga dan persahabatan. Rintangan selama menempuh perjalanan, kebahagian, kesedihan, bahkan sebuah keajaiban semuanya tersaji dalam film ini.

3 Hari untuk Selamanya

Merupakan sebuah film yang di Sutradarai oleh seorang Riri Riza. Bercerita tentang perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta yang dilakukan oleh dua sepupu yaitu Ambar dan Yusuf. Dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti film ini memang tidak terlalu banyak dibicarakan orang karena rate usia penonton yang perlu disaring lagi, khususnya di Indonesia. Namun, film ini sudah ditayangkan di beberapa negara. Film yang memberikan kepada penontonnya cerita mengenai sebuah perjalanan yang seharusnya hanya memakan waktu satu hari tapi menjadi perjalanan tiga hari yang tak terlupakan. Dua sepupu yang sedang menempuh perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta dengan mobil dan selama perjalanan, ada banyak tempat menarik yang menjadi latar tempat wisata. Untuk yang belum pernah nonton film ini, pasti penasaran dong, gimana drama yang terjadi antar hubungan kekeluargaan antara Ambar dan Yusuf?

Nah, diantara film-film tersebut mana yang belum sempat kamu saksikan Ladies? Yuk, iseng iseng isi waktu luang kamu buat menyaksikan keseruan perjalanan mereka. Siapa tau kamu terinspirasi untuk melakukan perjalanan juga.

Mengapa Harus Baju Daerah atau Seragam Profesi?

Memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April tentu tak lengkap tanpa kehebohan pawai atau karnaval anak-anak sekolah menggunakan baju tradisional daerah ataupun seragam yang mewakilkan sebuah profesi pekerjaan. Nah, kegiatan tersebut akrab sekali disebut dengan istilah “Kartinian”.

Kegiatan “Kartinian” ini seperti sangat rutin dilaksanakan di sekolah tingkat taman kanak-kanak ataupun SD bahkan tak jarang, memperingati momen Hari Kartini beberapa sekolah mengadakan perlombaan selayaknya memperingati Hari Raya Kemerdekaan Indonesia. Berbagai cara memang bisa dilakukan untuk memperingati ataupun merayakan sesuatu. Namun ada enggak sih yang menjadi pertanyaan, mengapa setiap memperingati Hari Kartini selalu identik dengan perayaan apapun menggunakan baju daerah?

Nah beberapa penjelasan berikut mungkin bisa kamu sampaikan nih ke adik-adik yang bertanya kepadamu kenapa harus pakai baju daerah pada saat “Kartinian” di sekolah mereka.

 

Jaman dulu Kartini pakai kebaya

google images

Bicara soal perspektif terlebih dahulu, awali dengan menunjukan sebuah foto atau gambar seorang ibu Raden Ajeng Kartini. Di foto tersebut, pasti nampak bahwa seorang Raden Ajeng Kartini mengenakan pakaian tradisional Jawa yaitu kebaya. Selain itu Kebaya sendiri menunjukan bahwa dalam adat budaya Jawa, seorang wanita Jawa yang mengenakan kebaya akan memberikan nilai keangguan dan kehormatan serta simbol sopan santun. Maka kebaya dalam jenis apapun dan bentuk apapun seringkali merupakan pakaian resmi yang dikenakan oleh wanita dalam acara-acara tertentu yang sifatnya terbilang formal. Selain itu, kebaya juga memberikan penggambaran derajat wanita seutuhnya karena jelas berbeda dengan bagaimana laki-laki berpakaian. Jujur deh, kalau lihat perempuan dandan rapih pakai kebaya atau pakaian batik jadi tambah ayu, kan??

 

Nah lalu, bagaimana kalau yang di TK enggak semuanya perempuan? Masa laki-laki pakai kebaya? Ulasan berikutnya ini akan menjelaskan.

google images

Kartini adalah sosok pahlawan wanita dari Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan beragam suku. Dan keberagaman ini sangat indah bahkan tercermin dari adat istiadat masing-masing daerah, salah satunya melalui pakaian adat masing-masing. Nah, karena Raden Ajeng Kartini ini seorang pahlawan dari Indonesia maka dalam pawai atau festival yang dilaksanakan oleh anak-anak TK tidak semuanya menggunakan pakaian adat dari satu daerah. Hal ini mungkin bertujuan untuk memberikan penggambaran bagaimana sosok pahlawan itu sendiri memberikan esensi persatuan terhadap seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Nah untuk yang laki-laki tentu saja tidak harus menggunakan kebaya, mereka bisa menggunakan baju adat laki-laki yang mewakili daerahnya. Karena mereka juga merupakan bagian dari generasi bangsa Indonesia.

 

Lalu kenapa ada yang pakai baju seragam profesi juga?

google images

Kartini memperjuangkan hak kesetaraan

Bila ada yang bertanya mengapa ada pula yang mengenakan seragam perofesi pada saat merayakaan Kartinian, jawablah dengan karenan Raden Ajeng Kartini adalah seorang pahlawan yang memperjuangkan hak kesetaraan. Hak kesetaraan ini adalah hak yang terbilang relevan dengan hak asasi manusia di mana baik laki-laki maupun perempuan berhak memiliki kesempatan yang sama untuk bersekolah dan memperoleh pendidikan yang tinggi. Dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni maka baik laki-laki maupun perempuan juga bisa memiliki kesetaraan hak menggeluti profesi tertentu dan memiliki masa depan yang baik.

 

Penjelasan tadi bisa juga kamu pakai untuk menjawab pertanyaan adik-adik yang akan melaksanakan kegiatan memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April. Memang belum banyak anak kecil yang mudah mengerti bagaimana Kartini berjuang sebagai pahlawan bagi emansipasi wanita. Namun dengan diadakannya karnaval atau pawai-pawai yang seringkali diselenggarakan oleh sekolah-sekolah semoga bisa memberikan visualisasi bagaimana seorang pahlawan berjuang untuk persatuan dan kemajuan Indonesia. Dan untuk seluruh wanita Indonesia yang sampai saat ini masih gigih berjuang, terus semangat dan tetap berdoa. Karena perjuangan pahlawan adalah hal yang mulia begitu pula perjuangan seorang wanita Indonesia,

 

SELAMAT HARI KARTINI.

21 April 1879

 

Ayudia Bing Slamet, Defisini Wanita Keren yang Berkarya!

Nama Ayudia Bing Slamet tentu bukan nama baru di jagad raya hiburan Tanah Air. Wanita manis yang satu ini, telah memulai debut dalam dunia keartisannya pada usia yang terbilang cukup muda. Paras ayunya benar-benar mendefinisikan nama yang selama ini disandangya.

Bertumbuh dan berkembang sebagai salah satu wanita muda Indonesia yang menginspirasi, Ayu begitu ia sering disapa, telah memberikan gambaran dari definisi wanita Indonesia yang keren dan berhasil berkarya. Istri dari pemusik Ditto atau yang tenar dengan nama Ditto Percusion ini juga telah menjadi ibu muda yang memancarkan aura positif bagi seluruh lapisan masyarakat dan penggemarnya.

doc.special

Belum lama ini, film pertama yang menceritakan tentang perjalanan menarik kisah cintanya dengan sang suami meledak di pasaran. Cerita yang sederhana namun cukup membuat para penggemar dan seluruh wanita menjadi baper akut. Ayu yang nampaknya memang hidup dalam aliran darah seni dari keluarganya, berhasil menciptakan sebuah karya cerita dalam buku Teman Tapi Menikah yang berhasil diangkat ke layar lebar. Mengawali sebuah jalan cerita dari kisah cinta monyet masa sekolah hingga akhirnya pasangan ini benar-benar menjadi sepasang suami istri yang dikaruniai seorang putra yang lucu dan ceria, memang berhasil membuat nama Ayu dan Ditto cukup sukses mendapatkan posisi di hati masyarakat.

doc.special

Cerita cinta sederhana yang disusun oleh wanita yang memiliki hobi fotografi ini juga menjadi sebuah cerita yang sangat menginspirasi. Dari buku Teman Tapi Menikah yang belakangan laris dipasaran, Ayu dan Ditto merupakan gambaran dari pernyataan  “Kalau jodoh tak lari kemana”. Dari buku ini juga, Ayu seolah ingin memberikan gambaran yang mana bahwa para wanita tidak perlu terlalu sibuk dan memusingkan siapa jodoh mereka. Jalanilah kehidupan sebagaimana sepatutnya dijalani dan tingkatkanlah kualitas diri sebaik mungkin maka sang jodoh akan menjadi sebuah kejutan atau hadiah yang tidak pernah di duga-duga.

doc.special

Bisa dibilang, sosok Ayu ini meruapakan wanita keren yang menginspirasi. Ayu tidak memempatkan diri dalam sensasi namun, sensasi yang diperolehnya didapatkan melalui prestasi dan karya. Hal lain yang membuat Ayu semakin menjadi wanita yang cukup patut di jadikan contoh ialah pembawaan dirinya yang tidak neko-neko dan menyenangkan. Ia juga akhirnya memutuskan untuk berhijab setelah melahirkan Sekala, putranya.

 

Lembar Putih Trinycta Sebagai Sebuah Anugerah

Kabar yang luar biasa membahagiakan hadir dari pasangan Rizky Kinos dan Nycta Gina yang tepat pada tanggal 27 Maret 2018 lalu mendapatkan sebuah berkat atas kelahiran Baby Trinycta sebagai putri kedua pasangan ini. Presenter yang telah lama memutuskan untuk berhijab ini memiliki cerita yang inspiratif dan cukup membuat berdebar-debar pada saat proses melahirkan anak keduanya.

instagram : @missnyctagina

Nycta Gina yang sangat bertekad untuk bisa melahirkan secara normal setelah sebelumnya anak pertama dilahirkan secara operasi caesar. Gina telah menjalani beberapa latihan selama kehamilannya agar dapat melahirkan secara normal, namun jalan Tuhan berkata lain. Dengan perjuangannya melalui kontraksi dan menahan rasa sakit lebih dari 18 jam dan menunggu bukaan, akhirnya kesepakatan terbentuk dan dirinya memutuskan untuk kembali menjalani proses persalinan dengan operasi caesar.

Hal yang menakjubkan juga  adalah sang suami, Kinos yang pada saat itu sedang dalam pekerjaan di luar kota, segera kembali dan mendampingi Gina melalui semua proses menuju persalinan. Momen mengharukan dan penuh perjuangan sekaligus menginspirasi dari pasangan  ini telah dibagikan di akun instagram masing-masing dan tentunya mengundang begitu banyak rasa kagum dan simpati serta rasa bangga dari warganet yang juga turut larut dalam kebahagiaan kehadiran putri cantik Gina dan Kinos.

Lembar Putih Trinycta yang lahir pada tanggal 27 Maret 2018 sebagai sebuah berkat dan hadiah terindah perjuangan Ibun Nycta.

Semoga dengan kelahiran sang malaikat kecil, menambah kehangatan dan kebahagiaan keluarga kecil Gina dan Kinos serta sang putri bertumbuh sehat dan cerdas.

 

Menjadi Buah Bibir, Abellia. Muda, Kuat, dan Menginspirasi

Setelah pada awal bulan Maret ini terselenggara sebuah gerakan Woman’s March di berbagai kota di Indonesia, di mana para wanita cerdas turun ke jalan dan menyuarakan aspirasi tentang keadilan dan hak kenyamanan serta keamanan hidup, juga penolakan pada tindakan blame victim yang seringkali menyalahkan wanita walaupun sudah jadi korban dari tindakan yang tidak menyenangkan. Kali ini muncul juga kepermukaan publik kabar yang membanggakan dari seorang wanita muda Indonesia.

Kembali, seorang wanita Indonesia yang juga tak kalah cerdas, Abellia Anggi Wardani. Sosok yang baru-baru ini santer dibicarakan karena menjadi wanita muda yang berprestasi dengan memperoleh sedikitnya 12 beasiswa untuk studi di luar negeri. Wanita muda berusia 29 tahun ini berhasil menorehkan prestasi yang gemilang sampai ke kancah dunia.

doc. special

Abel kini tengah menjalankan tahun ketiganya dalam program doktoral di Departemen Kajian Budaya, Tilburg University, Belanda. Ia mengaku bahwa saat ini yang memberikannya kesempatan untuk dapat menempuh studi S3 berasal dari dalam negri. Ia berujar bahwa saat ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah lembaga dalam negri yang sedang membiayai proses studinya untuk mendapatkan gelar doktor. Abel membagikan pengalamannya dalam upaya memperoleh beasiswa tersebut. menurutnya, menjadi pribadi yang kuat dan berani serta mau untuk terus belajar dan berkembang adalah kunci utamanya. Walaupun dirinya tak menampik bahwa dalam perjalannya memperoleh beasiswa tersebut tidaklah mudah, Abel yang sempat menjadi dosen muda ini juga berpesan bahwa keberanian untuk mendaftar menjadi tahap awal untuk membuka jalan.

doc.spesial

Namun memang ia juga tak menampik kenyataan bahwa mendaftar beasiswa memanglah tidak semudah mengatakannya. Sebelum siap dan berani untuk mendaftarkannya, Abel juga menuturkan bahwa persiapan yang matang menjadi hal yang sangat mendasar. “Harus berusaha memantaskan diri, mempersiapkan sejak dini, dan mengasah kemampuan-kemampuan mutlak yang harus dimiliki untuk mendaftar beasiswa.” ujarnya. Memang segalanya tidak mudah, sangatlah tidak mudah dan  sarjana Sastra Perancis Universitas Indonesia ini pun mengakui bahwa hal tersebut tentu saja butuh perjuangan.  Namun, dengan semangat dan keinginan untuk terus berkembang. Bukan hal mustahil untuk memperoleh apa yang dicita-citakan.

Dua belas beasiswa yang diperoleh Abellia antara lain adalah :

1. PhD visiting fellowship at Center of South East Asian Studies

2. Sydney University, NISIS (Netherlands School of Islamic Studies) Sarajevo Spring School grant

3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

4. Frans Sda Foundation Research Fellowship

5. Orange Tulip Scholarship From Tilburg University

6. Beasiswa Unggulan Bourse du Government Francais

7. Kementrian Pendidikan Perancis

8. Travel Grant Kementrian Pendidikan Indonesia

9. Mayapada Bank Scholarship

10. Outstanding Student Competition Winner Scholarship

11. Beasiswa Supersemar

12. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Meira Anastasia : Cantik Itu dari Diri Sendiri

Sosok Meira Anastasia mungkin masih belum terlalu sering wara-wiri di dunia entertainment dan nampak di permukaan publik. Namun, siapa warganet Instagram tentunya wanita muda yang merasa terinspirasi oleh ibu dari Sky dan Snow ini.

Tak hanya sukses menjadi sosok yang paling berpengaruh dalam debut film Susah Sinyal yang merupakan proyek bersama sang suami. Meira juga merupakan sosok wanita keren yang sukses menjadi ibu dan menginspirasi banyak wanita Indonesia.

Meira yang kerap kali disapa dengan sebutan “MAMAK” oleh warganet ini merupakan sesosok ibu muda keren yang inspiratif. Bisa dibilang, Meira banyak mengajarkan pada para wanita khususnya para wanita yang aktif dan trendy untuk tidak terpengaruh oleh begitu banyak tren yang sedang bergejolak di bumi ini dan mengawali setiap defisini dari kecantikan adalah datang dari diri sendiri.

instagram : @meiraanastasia

Istri dari produser film dan komika, Ernest Prakarsa ini seperti mengajarkan arti jujur pada diri sendiri kepada seluruh wanita Indonesia. Selain itu, dalam setiap postingan Meira nampak ia selalu memberikan ulasan-ulasan bagaimana seorang wanita bisa menjadi diri sendiri dan mencintai diri sendiri sehingga membuat dirinya nampak mempesona dengan inner beauty yang dimilikinya serta menentang dengan keras tindakan “Body Shamming” yang nampaknya banyak dilakukan oleh orang-orang baik sadar maupun tidak. Bisa disimpulkan bahwa menurut Meira, body shamming juga merupakan tindakan bully yang bisa membuat seseorang kehilangan rasa cinta terhadap dirinya sendiri. Meira juga terlihat tak pernah berhenti membagikan aura positif lewat berbagai unggahannya di media sosial terutama melalui tagar pribadinya #SharingMamakMeira di akun Instagram. Meira nampak menggunakan media sosial dengan cerdas dan bijak, sehingga apa yang dibagikannya tidak hanya membuat warganet terkagum namun juga bisa saling bertukar ilmu kehidupan.

Salah satu postingan Meira yang menginspirasi para orangtua mengenai keluarga.

Dirinya kerap kali mengunggah postingan mengenai bagaimana wanita harus mencintai dirinya sendiri dan menganggap segala kondisi manusiawi yang ada pada tubuh atau fisik adalah hal yang wajar dan tak perlu terlalu dipusingkan. Mamak acap kali mengunggah postingan saat ia sedang melakukan home-workout atau berolahraga di rumah. Hal ini tentu saja akan lebih hemat biaya dan membuat para ibu jadi tidak perlu meninggalkan rumah mengingat saat ini dirinya pun sudah dikaruniai dua orang anak. Tak sampai di situ saja, yang tak kalah menginspirasi adalah sosok Meira yang mengajarkan cara parenting ala Keluarga Prakarsa. Bagaimana Meira dan Ernest membangun pendidikan karakter kepada anak-anaknya, dan pentingnya waktu untuk quality time tak hanya bersama anak-anak namun juga berdua bersama pasangan dan quality time untuk diri sendiri agar hidup menjadi lebih seimbang dan semakin berkualitas.

Sosok Meira tentu saja nampak sangat berbeda dari sosok public figure lainnya yang juga merupakan seorang istri dan ibu. Meira memberikan gambaran dari definisi cantik yang berbeda. Nah, Ladies, kamu juga bisa nih menjadikan sosok Mamak Meira jadi idola yang menginspirasi.

Tasya Kamila : Prestasi dan Keseimbangan Hidup

Millenial yang lahir di tahun 90-an tentunya mengenal sosok cantik nan mungil dan menggemaskan yang satu ini. Anak Gembala ini kini menjelma menjadi seorang gadis muda yang berprestasi dan inspiratif.

Tasya Kamila, yang telah merintis karir sejak usianya masih sangat belia kini sudah bertumbuh dewasa dan semakin membanggakan lewat berbagai prestasi yang tetap ditorehkannya. Lama tak muncul di layar kaca ataupun kembali berkecimpung di dunia entertainment, nyatanya Tasya tidak benar-benar berhenti berkarya. Tasya menjadi salah satu perempuan muda Indonesia yang menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan namun tetap sederhana.

 

Prestasi akademis

Tasya Kamila merupakan sosok entertainer yang tidak mengabaikan pentingnya pendidikan sebagai penopang kehidupan. Lama tak muncul di dunia entertainment, saat ini ia sibuk menyelesaikan pendidikan S2-nya di Amerika Serikat yang berhasil diperolehnya melalui beasiswa. Tak tanggung-tanggung, Tasya berkesempatan menempuh pendidikan di Columbia University dengan beasiswa penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Waw, kebayangkan betapa cerdasnya Tasya.

instagram : @tasyakamila

Kehidupan Sosial

Tak hanya membanggakan dalam hal prestasi akademis, mantan penyanyi cilik Indonesia ini juga memiliki prestasi dalam kehidupan sosialnya. Diketahui bahwa Tasya banyak menyibukan diri dengan kegiatan sosial dengan senantiasa terjun sebagai tenaga pengajar. Selain itu, Tasya pernah didapuk sebagai salah satu delegasi dari Indonesia dalam perhelatan ECOSOC Youth Forum yang diselenggarakan oleh lembaga PBB di New York, Amerika Serikat. Tasya terpilih melalui proses Perwakilan Tetap Republik Indonesia atau yang biasa disebut dengan PTRI.

instagram : @tasyakamila

Sebagai mahasiswa S2 yang berprestasi dan mendapatkan beasiswa penuh dari LPDP, Tasya Kamila tak hanya menorehkan prestasi di ranah Internasional. Ia diketahui pernah mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam beberapa proyek saat menempuh magang di Kementrian Energi dan Sumber Daya Alam. Pengalaman ini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi Tasya mengingat dirinya yang bercita-cita menjadi menteri setelah menyelesaikan studi S2 nya.

instagram : @tasyakamila

Melihat akun Instagram @tasyakamila nampak bahwa pelantun Libur Telah Tiba ini sangat mengagumkan dengan rentetan prestasi dan kehidupannya yang terlihat seimbang. Ia nampak bertumbuh sebagai wanita muda yang mandiri dan tidak perlu diragukan lagi bahwa aura positif dan menggemaskan tetap terpancar dari sosoknya yang penuh keceriaan. Tak hanya cerdas dan berprestasi dalam hal akademik, Tasya juga mampu menginspirasi banyak wanita muda lain untuk terus menawan dan memiliki keseimbangan hidup. Sukses terus ya, Tasya.

 

Kelap-Kelip Abaya Vivi Zubedi di New York Fashion Week

Vivi Zubedi, wanita asal Indonesia belakangan ini sedang ramai diperbincangkan. Wanita berhijab yang berprofesi sebagai seorang desainer ini berhasil membawa nama Indonesia di kancah mode dunia melalui gelaran pertunjukan mode New York Fashion Week 2018.

Dalam NYFW 2018 yang diselenggarakan di Downtown Manhattan pada Minggu (11/02) lalu itu, Vivi memamerkan 34 koleksinya yang dibawakan oleh 24 model profesional. Vivi berhasil mencuri perhatian penonton dan para penikmat mode dengan koleksi abayanya yang mewah dengan taburan kelap-kelip mutiara nan cantik.

Koleksi yang dipamerkan Vivi pada NYFW 2018 ini bertemakan ‘Urang Banua’ dengan dominansi dua kain tradisional asal Kalimantan, yakni Sasirangan dan Tenun Pagatan. Vivi mencoba mengkombinasikan kemewahan abaya dengan kekayaan khas Indonesia dalam pakaian-pakaian yang dibuatnya. Bagi Vivi, ini adalah caranya untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia pada dunia dan untuk membantu perekonomian para pengrajin kain tenun di Kalimantan.

Debut pertama Vivi Zubedi di New York Fashion Week 2018 ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan sekaligus prestasi yang sangat membanggakan selama perjalanan karirnya sebagai seorang desainer pakaian muslim sejak 2011 lalu. Para fashion blogger, pemerhati mode, fashionista, dan fashion stylist memuji keberanian Vivi yang mampu me-mix and match abaya dengan topi baseball yang sedang hits disana.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Didapuk Sebagai Menteri Terbaik Dunia

Sebagai salah satu wanita Indonesia yang sangat berpengaruh dan juga merupakan seorang ibu yang cerdas, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia menurut World Government Summit pada Minggu (11/2) tahun ini.

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, sebagai Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab sekaligus pula pemimpin Dubai.

Sebagai infromasi, setiap tahunnya predikat Menteri Terbaik merupakan sebuah penghargaan bertaraf global yang diberikan kepada satu orang menteri dari seluruh negara. Kabar membanggakan ini juga diunggah dalam situs media sosial Instagram milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Instagram : @kemenkeuri

Dalam unggahan tersebut, terpaparkan beberapa prestasi Ibu Sri Mulyani dalam bidang finansial dan keuangan Negara Republik Indonesia yang membanggakan dan membuatnya layak didapuk sebagai menteri terbaik dunia.

Menteri yang kerap disapa Ibu Ani ini menuturkan bahwa, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kinerja kolektif pemerintahan Presiden Joko Widodo yang khususnya pada bidang keuangan dan ekonomi. Melalui penghargaan ini, Ibu Ani menjadi menteri pertama Indonesia peraih penghargaan dari menteri-menteri di kawasan Asia.

Mau Mulai Usaha? Ini Inspirasi Bisnis yang Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil

Tidak dipungkiri lagi, memang semakin kesini segala kebutuhan hidup baik primer dan sekunder pun apa saja sudah mengalami kenaikan. Banyak sekali yang menjadi kebutuhan manusia namun pendapatan yang diperolehnya belum cukup atau bahkan kurang. Nah, apakah kamu merasakan hal ini?  kebutuhan kian banyak dari hari ke hari, hingga besar pendapatan yang kamu hasilkan saat ini mulai tidak memadai lagi?

Salah satu solusi positif yang bisa kamu tempuh untuk menunjang kebutuhan hidup utama kamu adalah menjalankan bisnis atau juga pekerjaan sampingan. Ketahui berbagai macam pilihan bisnis sampingan yang bisa kamu rintis dengan modal minimal apalagi didukung oleh kemudahan teknologi dan akses internet yang mampu mempermudah pekerjaan sampingan agar berjalan seiringan dengan pekerjaan utama.

 

  1.     Jasa titp beli atau personal shopper

Sedang jadi tren dan semakin terkemuka di pertengahan tahun 2017, bisnis jasa titip beli bisa kamu lakukan di sela-sela pekerjaan utama. Jasa titip beli bisa bermacam-macam, apakah barang seputar bayi, anak dan ibu, barang branded, fashion, sampai furniture. Jasa titip beli juga bisa jalankan saat musiman, misalnya saat ada obral barang bagus dengan harga miring, seperti pameran buku murah, dan lain sebagainya. Jasa titip beli ini bahkan bisa kamu lakukan sembari berjalan-jalan dan melakukan kegiatan lainnya di area pusat perbelanjaan. Jadi, tidak ada lagi pernyataan bahwa berbelanja itu merugikan atau hanya buang-buang uang, karena faktanya bisa jadi kamu bisniskan.

Modalnya minim bahkan nyaris tanpa modal. Yang penting kamu memiliki smartphone, akun media sosial seperti instagram dan menawarkan produk-produk menarik pada target pasar kamu.

Pekerjaan sampingan bermodal kecil ini, kamu bisa memberikan dan menunjukan harga secara transparan pada pelanggan untuk setiap barang yang kamu pasarkan. Selain itu kamu bisa memasang harga jasa titip ditetapkan dalam bentuk nominal misalnya mulai Rp 10.000 per item, bisa juga berdasarkan persentase harga barang, misalnya mulai 10%.

  1.     Reseller atau Dropshipper

Barang-barang yang dijual secara online tanpa toko fisik masih menjadi favorit masyarakat modern saat ini. Pasar produk fashion seperti tas atau aksesoris selalu terbuka, terlebih untuk pasar anak dan wanita. Nah, melihat peluang di sini, kamu bisa menjajal peruntungan bisnis sampingan sebagai seorang reseller atau dropshipper untuk produk-produk ini. Bila menjadi reseller, maka kamu perlu mengeluarkan modal untuk kulakan. Sedangkan dropshipper, kamu cukup membantu pemasaran produk dengan modal ponsel saja dan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran.

  1.     Penulis Freelance

Mencintai dunia penulisan bahkan didukung dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan yang sesuai. Kamu bisa menjalankan pekerjaan sampingan lain sebagai seorang pekerja freelance selain menjalankan pekerjaan utama kamu. Menjadi penulis freelance memang cukup fleksibel karena kamu hanya akan membutuhkan perangkat keras seperti laptop dan jaringan internet agar bisa mengumpulkan pekerjaan kamu. Beberapa anak muda Indonesia menjadikan pekerjaan sebagai pekerjaan sampingan dan dianggap menjanjikan, bahkan banyak sebagian dari mereka yang mencintai pekerjaan ini karena terasa “anak muda banget”.

  1.     Penerjemah Freelance

Sama seperti menjadi penulis freelance, pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan tanpa perlu menjalankan sistem office hour. Namun, menjadi seornag penerjemah memang diperlukan latar belakang tersendiri yang mumpuni dan memadai dari segi pendidikan bahasa dan bahkan bila kamu memiliki sertifikat resmi penerjemah, bayaran yang kamu peroleh bisa sangat cukup menjanjikan.

  1.     Fotografer Freelance

Pekerjaan sampingan ini bisa berangkat dari hobi. Saat ini memang sangat banyak menjamur event organizer atau wedding organizer yang dijalankan dan digawangi oleh insan-insan muda tanah air. Organisasi ini sering sekali meng-hire beberapa fotografer yang diajak bekerja secara freelance. Berangkat dari hobi, jadi tidak salah kan kalau bisa menghasilkan juga?

  1.     Menjual foto ke Internet

Sama seperti seorang fotografer freelance yang berangkat dari hobi, apabila kamu senang memotret dan hasil foto kamu termasuk bagus, mengapa tidak mencoba menjualnya ke internet sebagai usaha sampingan? Jual foto ke situs foto populer seperti istockphoto.com, shutterstock.com. Mereka bisa memberikan komisi untuk foto yang kamu jual mulai 15% sampai 30% per fotonya. Kamu juga bisa mencoba menjual foto ke situs lain seperti StockFresh,com atau Fotolia.com. Benar-benar tidak butuh modal besar, kamu hanya perlu memiliki kamera andalan dan kesayangan kamu dan skill fotografi. Selain itu kamu benar-benar bisa menjalankannya sebagai pekerjaan sampingan karena tidak membutuhkan banyak waktu.

Jangan lupa siapkan akun payment gateway internasioanal seperti Paypal untuk bisa melakukan transaksi jual beli foto ini.

  1.     Jasa Desain Grafis

Kamu seorang desainer grafis yang juga memiliki pekerjaan utama di sebuah kantor? Sah-sah saja apabila kamu ingin bergabung dalam sebuah agensi pemasaran yang melayani platform digital atau bekerja secara mandiri melayani pembuatan grafis untuk sebuah situs. Pekerjaan mendesain grafis tentu tidak hanya dilakukan dalam sebuah kantor jasa, namun juga bisa dilakukan secara digital. Kamu bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan, selain mendapat tambahan untuk urusan keuangan kamu juga bisa memperoleh lebih banyak lagi portofolio.

  1.     Jual kudapan ringan di kantor

Nah ini salah satu solusi untuk menambah pemasukan di kantor. Kantor merupakan tempat dimana orang-orang sibuk bekerja dan biasanya membutuhkan cemilan-cemilan atau makanan kecil karena tidak bisa meninggalkan meja kerja dengan alasan apapun. Maka manfaatkan peluang ini untuk menjajakan peruntungan menjual aneka makanan dan kudapan di kantor.